Cara menghilangkan kutil kelamin perlu diketahui oleh setiap orang. Penyakit menular seksual satu ini memang seringkali membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Pada penderita kutil kelamin, maka akan merasakan ciri-ciri seperti munculnya daging atau kutil yang ukurannya kecil, tumbuh secara berkelompok pada area kelamin ataupun anus, disertai nyeri, bengkak, dan gatal, dan bisa terjadi pendarahan ketika kutil tergesek.

Kemunculan kutil kelamin yang terjadi pada pria dan wanita disebabkan oleh infeksi human papillomavirus. Virus ini memang terkenal sebagai penyebab kanker serviks pada wanita. Namun ada jenis virus ini yang juga bisa menyebabkan seseorang yang terinfeksi mengalami kutil kelamin. Biasanya penyakit kelamin ini terjadi pada mereka yang sudah aktif secara seksual. Dan akan lebih tinggi kemungkinan mengalami penyakit ini bila melakukan hubungan seksual yang berisiko, seperti berganti-ganti pasangan seks, ataupun berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom.

Karena membuat penderitanya tidak nyaman, maka diperlukan beberapa cara menghilangkan kutil kelamin berikut ini.

1. Pengobatan Awal

Sebelum melakukan pengobatan, pasien akan terlebih dulu membutuhkan pemeriksaan untuk memastikan diagnosis. Pemeriksaan cukup dilakukan dengan pemeriksaan fisik biasa bila kutil tumbuh pada permukaan kulit kelamin. Namun bila kutil tumbuh di dalam area kelamin atau anus, akan dilakukan pemeriksaan lain untuk mengetahui keberadaan kutil kelamin tersebut.

Setelah diagnosis sudah dipastikan, maka pengobatan awal akan dilakukan dengan pemberian obat topikal. Obat ini akan berupa salep, krim, gel, ataupun cairan yang akan membantu menghentikan pertumbuhan sel kutil dan juga untuk merangsang kekebalan tubuh agar dapat melawan infeksi virus.

Walaupun obat ini adalah sejenis obat kutil, namun bukan berarti Anda dapat menggunakan obat kutil yang dijual bebas tanpa resep dokter. Anda tidak bisa menyamakan pengobatan kutil biasa dengan kutil kelamin. Untuk itu, lakukan cara menghilangkan kutil kelamin yang sesuai dengan kondisi permasalahan yang Anda alami.

1. Pengobatan Lanjutan

Bila pengobatan sebelumnya juga tidak memberikan perubahan pada kondisi kutil yang Anda alami, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan lanjutan yang disebut dengan prosedur ablasi. Prosedur ini juga akan dilakukan pada pasien yang memiliki kutil yang tumbuh menyebar, ataupun pasien yang merupakan wanita hamil.

Prosedur ablasi sendiri terdiri dari beberapa metode atau teknik, yaitu:

• Eksisi. Bila kondisi kutil masih dalam skala kecil, maka prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan atau membuang kutil dengan memotong. Sebelumnya dokter akan memberikan pasien bius lokal.
  • Bedah listrik. Metode ini biasanya dikombinasikan dengan eksisi. Setelah kutil dipotong dengan metode eksisi, maka sisa jaringan kutil akan dibakar dengan kawat yang dialiri listrik. Bedah listrik ini juga biasanya dilakukan jika pasien memiliki kutil yang tumbuh di vulva ataupun anus.
  • Cryotherapy. Nitrogen cair akan diterapkan pada kutil yang bertujuan untuk membekukan kutil sampai kutil tersebut terlepas sendiri. Metode ini juga biasanya disarankan untuk pasien yang memiliki kutil di penis ataupun vulva.
  • Bedah laser. Penanganan terakhir ini dilakukan bila cara menghilangkan kutil kelamin lain tidak juga bisa mengatasi permasalahan yang Anda alami. Dengan bedah laser, kutil akan dibakar hingga menghilang. Biasanya penanganan ini juga dilakukan untuk pasien yang memiliki kutil berukuran besar atau sulit dijangkau.

Jangan menentukan sendiri cara mana yang akan Anda lakukan untuk menghilangkan kutil kelamin yang Anda alami, karena penanganan ini harus didahului pemeriksaan dan diagnosis dokter. Konsultasikan kondisi yang Anda alami pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting.