Bukan hanya para wanita saja yang harus mewaspadai keberadaan kutil kelamin atau kutil kemaluan. Penyakit menular seksual ini memang sering sekali menyerang wanita. Namun bukan berarti pria bisa menyepelekan keberadaan penyakit ini. Para pria tetap harus waspada, dan juga mengetahui cara mengobati kutil di kemaluan pria agar dapat mengatasinya.

Adanya infeksi human papillomavirus atau HPV, diketahui banyak orang sebagai penyebab kanker serviks. Namun ada jenis HPV yang juga bisa menyebabkan munculnya kutil kemaluan. Bila pria mengalami infeksi HPV, maka akan muncul kutil pada bagian penis, skrotum, dan juga anus. Karena lokasinya itulah yang membuat penyakit ini sangat mudah menular melalui kontak seksual. Bila Anda merasakan adanya kutil pada area kelamin, sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual, untuk menghindari penularan pada pasangan dan juga mencegah kutil pecah yang bisa membuat infeksi semakin menyebar.

Bila Anda menemukan adanya ciri ciri kutil kemaluan, seperti adanya benjolan daging tumbuh di kelamin atau anus yang disertai gatal, nyeri dan juga terjadi pendarahan saat kutil tergesek, maka Anda harus mencoba cara cara mengobati kutil di kemaluan pria berikut ini. Namun sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan diagnosis dengan memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria

1. Krim, Gel, Ataupun Salep

Krim, gel atau salep ini adalah obat topikal yang digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian kutil. Cara ini terbilang sebagai penanganan awal bila kutil masih belum menyebar. Biasanya penggunaan obat topikal akan dilakukan satu kali dalam sehari, dengan waktu tiga hari dalam seminggu. Seperti misalnya, pemberian obat dilakukan pada hari senin, rabu, jumat, atau hari selasa, kamis dan sabtu. Penggunaan obat oles ini akan didiamkan selama 6 sampai 10 jam. Dan maksimal digunakan selama 16 minggu saja.

Pembelian obat ini harus selalu dengan resep dokter, dan jangan lupa untuk mengikuti anjuran dan petunjuk yang diberikan oleh dokter ataupun yang tertera pada kemasan obat. Selain itu, hindari membalut are kutil dengan perban ataupun balutan yang ketat, kecuali memang dianjurkan dokter.

1. Metode Cryotherapy

Mengobati kutil kelamin juga bisa dilakukan melalui metode cryotherapy. Prosedur ini harus dilakukan pada dokter yang sudah ahli. Cryotherapy akan dilakukan dengan pemberian nitrogen cair pada area kutil menggunakan aplikator bernama cryoprobe. Pemberian nitrogen cair pada kutil selama 10 sampai 20 detik ini ditujukan agar kutil dapat membeku dan akhirnya lepas sendiri. Prosedur yang juga disebut dengan pembekuan kutil ini kadang didahului dengan pemberian bius lokal bila kutil yang dimiliki pasien memiliki ukuran besar dan jumlahnya banyak.

1. Cairan Asam

Cairan asam tertentu akan diterapkan pada area kutil sampai mengering, yang dilakukan sekali dalam satu minggu. Cara pengobatan ini lebih efektif dilakukan pada kutil kemaluan yang berukuran kecil dan juga lembab. Biasanya penggunaan cara ini akan dilakukan pada pasien yang memiliki kutil di anus ataupun di vagina bagi wanita.

1. Operasi

Pemilihan prosedur akan dilakukan berdasar kondisi kutil kemaluan yang dialami oleh pasien. Prosedur yang tersedia mulai dari memotong kutil, mencukur menggunakan pisau (eksisi), memakai laser (laser kuretase), atau dengan membakar jaringan kutil dengan elektrocauter.

Keempat cara mengobati kutil di kemaluan pria di atas bisa Anda lakukan dengan memeriksakan kondisi penyakit yang Anda alami terlebih dulu. Jangan sembarangan menggunakan obat atau menjalani prosedur sebelum Anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri.

Konsultasikan keluhan kutil kelamin atau kutil kemaluan yang Anda alami pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting. Anda juga bisa langsung datang ke Klinik Utama Gracia untuk memeriksakan diri.