Human Papillomavirus Adalah Penyebab Kutil Kelamin

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar Human Papillomavirus, Human Papillomavirus adalah virus yang sangat umum terjadi dan terdapat banyak jenis Human Papillomavirus.

Dan perlu Anda ketahui bahwa sekitar 60 dari 100 jenis Human Papillomavirus adalah bisa menyebabkan kutil pada area seperti tangan atau kaki dan sekitar 40 lainnya masuk ke tubuh selama kontak seksual, selain itu mereka ditarik ke selaput lendir tubuh, seperti lapisan lembab di sekitar anus dan pada alat kelamin yang nantinya menyebabkan kutil kelamin.

Selain itu kebanyakan orang yang terinfeksi Human Papillomavirus adalah HPV tidak memiliki gejala apapun, dan infeksi bisa hilang dengan sendirinya dan ternyata pada beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks atau kanker dari anus atau pada Mr P.

Baca juga: Mengerikan, Ini Bahayanya Jika HPV Tidak Segera Diobati!!

Dan tahukah Anda bahwa istilah "Papilloma" mengacu pada jenis kutil yang dihasilkan dari beberapa jenis HPV, dan biasanya Human Papillomavirus adalah hidup di sel datar yang disebut sel epitel dan sel ini sangat mudah ditemukan pada permukaan kulit.

Human Papillomavirus adalah juga ternyata dapat ditemukan pada permukaan Miss V, anus, vulva, leher rahim dan kepala Mr P, bahkan HPV juga bisa ditemukan di dalam mulut dan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memiliki HPV?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa seseorang yang memiliki HPV mungkin tidak mengetahuinya bahwa ia sudah terinfeksi Human Papillomavirus adalah karena kebanyakan orang tidak memiliki gejala dan beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin.

Sedangkan beberapa jenis HPV lainnya bisa menyebabkan kanker dari serviks dan organ lainnya, dan beberapa jenis HPV bisa menyebabkan kutil umum yang dapat Anda temukan di area tubuh lainnya seperti pada tangan atau pada kaki Anda.

Jadi pada intinya jika Anda memiliki kutil kelamin maka itu pertanda Anda memiliki HPV dan biasanya pertumbuhan kutil kelamin tidak semua terlihat dan berkisar dari ukuran kecil sampai besar, berbentuk seperti kembang kol, dan kutil tersebut mungkin bisa tumbuh di anus, leher rahim, skrotum, selangkangan, paha, atau pada Mr P.

Kutil kelamin bisa muncul beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda berhubungan seks (vaginal, anal, atau oral) dengan seseorang yang sudah terinfeksi virus HPV.

Dan ternyata beberapa jenis infeksi HPV pada kelamin juga dikaitkan dengan kanker, termasuk kanker serviks dan kanker vulva, anus, oropharynx (bagian tengah tenggorokan, di belakang mulut), atau pada Mr P. Jadi Jika Anda terinfeksi salah satu jenis virus ini, mungkin saja Anda memiliki perubahan prekanker dalam sel di jaringan tanpa gejala apapun juga

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah HPV?
Perlu Anda ketahui bahwa seseoang bisa terinfeksi HPV melalui berbagai macam aktivitas seks, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV.

Dan ternyata HPV adalah dapat menginfeksi kulit yang biasanya tidak tertutup oleh kondom, jadi dengan menggunakan kondom tidak akan sepenuhnya melindungi Anda dari HPV, selain itu seseorang tidak bisa mendapatkan HPV dari tempat duduk toilet, kolam renang, atau dari darah orang yang terinfeksi.

Jadi pada intinya satu-satunya cara untuk menghindari semua risiko terinfeksi HPV jenis apapun adalah tidak pernah aktif secara seksual (tidak melalukan seks vaginal, anal, atau oral) kecuali dengan pasangan Anda yang sah.

Dan untuk menurunkan risiko Anda terinfeksi Human Papillomavirus adalah maka Anda juga bisa membatasi jumlah pasangan seks yang Anda miliki. Anda juga dapat memilih mitra yang telah memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pasangan seks dan penting juga untuk menanyakan riwayat seksual kepada pasangan seks Anda sebelum melakukan hubungan seks.

Lalu, Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?

Untuk mendiagnosa apakah seseorang memiliki kutil kelamin atau tidak maka membutuhkan bantuan dari dokter dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana Anda menduga adanya kutil kelamin.

Karena umumnya kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, maka dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan panggul dan biasanya dokter akan menerapkan larutan asam ringan yang berfungsi untuk membantu membuat kutil kelamin lebih terlihat.

Dokter juga dapat melakukan tes Pap smear, yang melibatkan pengambilan swab di daerah tertentu untuk mendapatkan sel dari serviks Anda, kemudian sampel tersebut bisa diuji keberadaan HPV.

Beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal pada saat tes Pap smear yang mengindikasikan adanya perubahan prakanker. Jadi jika dokter mendeteksi adanya kelainan saat melakukan tes Pap smear maka Anda mungkin memerlukan pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan.

Dokter juga akan mungkin akan bertanya tentang kesehatan dan riwayat seksual Anda dan pertanyaa ini termasuk gejala yang pernah Anda alami dan setiap kali Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, termasuk seks oral.

Jika Anda khawatir Anda mungkin telah terinfeksi bentuk HPV yang diketahui menyebabkan kanker serviks, maka dokter Anda dapat melakukan tes DNA yang nantinya tes DNA dapat menentukan jenis HPV yang Anda miliki sehingga akan mempermudah dokter untuk mendiagnosis dan menggobati Anda.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai Human Papillomavirus adalah dan jika Anda aktif secara seksual dan memiliki kutil kelamin maka Anda dapat berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa mengobatinya langsung dengan mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.