Tahukah Anda bahwa pertumbuhan kutil tidak hanya terjadi di tangan maupun kaki? tetapi kutil bisa tumbuh di kelamin yang disebut penyakit kutil kelamin, lalu apakah kutil pada area kelamin berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa kutil kelamin (Genitial Warts) adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dan biasanya muncul pada alat kelamin.

Selain itu penyakit kutil kelamin bisa muncul di berbagai tempat seperti pada area kelamin, dubur, selaput lendir rektum, leher rahim, maupun pada Miss V dan penyakit ini sangatlah menular terutama melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal dan oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Lalu, Virus Apakah yang Bisa Menyebabkan Penyakit Kutil Kelamin?
Perlu Anda ketahui bahwa virus yang menyebabkan kutil kelamin adalah strain ataupun jenis dari human papillomavirus (HPV) tertentu dan biasanya virus ini jinak (non-kanker), tetapi banyak jenis HPV bisa berpotensi untuk mengembangkan kanker ganas.

Bahkan telah diperkirakan bahwa ada sampai 65 % orang yang memiliki hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin akan berpotensi terinfeksi dan menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Sehingga penyakit ini dapat membuat pria dan wanita yang aktif secara seksual rentan terhadap komplikasi HPV dan faktanya sekitar 360.000 orang mengembangkan kutil kelamin setiap tahunnya, sehingga perlindungan dan pengobatan sangat penting dalam mencegah infeksi ini.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Penyakit Kutil Kelamin?
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kutil kelamin ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan kutil kelamin tidak selalu terlihat oleh mata manusia.

Karena mungkin kutil bisa berukuran sangat kecil dan warna kulitnya sedikit lebih gelap, selain itu bagian atas pertumbuhan kutil mungkin menyerupai kembang kol dan mungkin saat disentuh terasa halus atau sedikit dan seseorang yang sudah terinfeksi mungkin memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengan Mudah

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan kutil kelamin pada pria bisa muncul pada bagian Mr P, skrotum, paha, di dalam atau di sekitar anus, sedangkan kutil kelamin pada wanita bisa muncul di bagian dalam Miss V atau anus, leher rahim dan ternyata kutil kelamin juga bisa muncul di bibir, mulut , lidah, atau tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Apakah Penyakit Kutil Kelamin Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan?

Tahukah Anda bahwa 30 jenis HPV ternyata dikaitkan dengan pertumbuhan kanker pada kelamin sehingga mungkin juga dapat menyebabkan kanker anus atau kanker pada Mr P, akan tetapi kedua jenis kanker ini sangat jarang terjadi.

Selain itu kutil kelamin juga dapat menyebabkan kanker pada dubur, bahkan pria gay berisiko untuk mengalaminya 17 kali lebih tinggi dan biseksual yang aktif secara seksual daripada pria yang berhubungan seks hanya dengan wanita juga dapat berisiko mengalaminya dan seseorang pria yang memiliki HIV (human immunodeficiency virus) juga berisiko tinggi terkena kanker ini.

Dan jika kutil kelamin dibiarkan tanpa diobati maka kemungkinan besar gejala kutil kelamin bisa bertambah banyak dan bertambah parah, bahkan mengganggu Anda dan terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Jika pertumbuhan kutil kelamin terdapat di liang Miss V atau liang dubur maka tentu saja dapat mempengaruhi seseorang kesulitan untuk buang air besar dan tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman pada Miss V.

Tak sampai disitu saja karena dikhawatirkan HPV dapat menyebabkan seseorang menjadi rentan terhadap kanker serviks, atau kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus dengan jenis yang sama dengan kutil kelamin, akan tetapi hal ini tidak berarti bahwa dengan adanya kutil kelamin maka Anda akan terkena kanker serviks.

Lalu, Bagaimana Penyakit Kutil Kelamin Didiagnosis?

Untuk mendiagnosa apakah seseorang terinfeksi kutil kelamin atau tidak maka membutuhkan bantuan dari dokter dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana Anda menduga adanya kutil kelamin.

Selain itu karena penyakit kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh wanita, maka dokter perlu melakukan pemeriksaan panggul dengan bantuan larutan asam ringan dan hal tersebut membantu untuk membuat kutil kelamin lebih terlihat.

Seorang dokter juga dapat melakukan tes Pap smear yang melibatkan pengambilan swab di daerah kutil kelamin untuk mendapatkan sel dari serviks Anda, kemudian sampel swab tersebut nantinya akan diuji dengan keberadaan HPV.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa beberapa jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal saat melakukan tes Pap smear yang mengindikasikan bahwa adanya perubahan prakanker dan jika dokter mendeteksi kelainan ini maka Anda perlu melakukan pemeriksaan yang lebih sering untuk memantau setiap perubahan.

Dokter juga mungkin akan bertanya tentang kesehatan dan riwayat seksual Anda dan ini termasuk gejala yang pernah Anda alami dan setiap kali Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, termasuk seks oral.

Jika Anda khawatir Anda mungkin telah terjangkit bentuk HPV yang diketahui menyebabkan kanker serviks, maka dokter dapat melakukan tes DNA dan dengan tes DNA maka dapat menentukan jenis HPV yang Anda miliki.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit kutil kelamin dan jika misalkan Anda merasa telah memilikinya maka sudah saatnya untuk mengkonsultasikan dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan yang paling tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.