Apakah Anda aktif secara seksual dan memiliki kutil pada kemaluan? jika ya maka hal tersebut kemungkinan ciri ciri penyakit kutil kelamin, lalu apakah kutil kelamin itu? Dan bagaimanakah cara untuk mencegah agar tidak tertular penyakit kutil kelamin?

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) dimana hampir sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan akibat melakukan hubungan seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang telah terinfeksi kutil kelamin.

Dan dengan mengetahui penyebabnya seperti diatas maka Anda dapat dengan mudah untuk mencegah penyakit kutil kelamin, sehingga ada baiknya untuk menghindari berbagai jenis aktivitas seksual dengan banyak pasangan.

Lalu, Virus Apakah yang Menyebabkan Penyakit Kutil Kelamin?
Perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin disebabkan oleh adanya beberapa jenis human papillomavirus (HPV) adalah virus yang dilewati dari kulit ke kulit melalui hubungan seksual atau bentuk kontak kulit ke kulit lainnya dari alat kelamin yang telah terinfeksi kutil kelamin.

Sementara kebanyakan infeksi HPV bersifat jinak dan menyebabkan kutil pada area tubuh termasuk pada area tangan, kaki, dan alat kelamin, namun perlu Anda waspadai bahwa jenis HPV tertentu dapat membuat seseorang berisiko tinggi untuk terinfeksi jenis kanker tertentu. Penting untuk Anda catat bahwa jenis HPV yang menyebabkan kutil berbeda dengan kelompok HPV yang dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: Apakah Kutil Kelamin Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan?

Dan HPV dapat menginfeksi siapa saja yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan seks tanpa menggunakan kondom, akan tetapi sayangnya dalam kebanyakan kasus seseorang yang telah terinfeksi bersifat asimtomatik yang berarti mereka tidak menunjukkan gejala sehingga kemungkinan besar seseorang bisa menularkannya tanpa sengaja kepasangan seksualnya.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa HPV dapat ditularkan dari ibu ke bayi saat kelahiran sehingga hal tersebut dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin atau menyebabkan infeksi pada sistem pernafasan.

Apa Sajakah Ciri Ciri Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita?

Perlu Anda ketahui bahwa ciri ciri penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita biasanya terlihat seperti benjolan berwarna kulit atau ciri ciri penyakit kutil kelamin pada wanita bisa mengeluarkan cairan seperti keputihan yang muncul pada bagian vulva, Miss V, leher rahim, Mr P, skrotum, atau pada anus.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua ciri ciri penyakit kutil kelamin seperti timbulnya benjolan pada alat kelamin adalah kutil kelamin, karena terdapat infeksi lain dan kondisi kulit abnormal yang mungkin terlihat seperti kutil tapi penyebabnya bukan karena kutil kelamin.

Jadi untuk memastikan bahwa hal tersebut merupakan kutil kelamin atau bukan maka memerlukan pemeriksaan medis di Klinik Utama Gracia.

Lalu, Dimanakah Kutil Kelamin Akan Muncul?

A. Pada Wanita, Biasanya Kutil Kelamin Akan Muncul Di Bagian Ini:

- Di dalam Miss V atau anus

- Di luar Miss V atau anus, atau di kulit di sekitarnya

- Di leher rahim

B. Pada Pria, Biasanya Kutil Kelamin Akan Muncul Di Bagian Ini:

- Pada Mr P

- Pada Skrotum

- Di paha

- Di dalam atau di sekitar anus

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin juga bisa terjadi pada bagian bibir, mulut, lidah, tenggorokan yang umumnya disebabkan akibat melakukan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi dan biasanya bisa mengakibatkan gejala seperti:

- Meningkatnya kelembaban di daerah kelamin di dekat kutil

- Meningkatnya cairan keputihan

- Terasa gatal pada area kelamin

- Mengalami perdarahan pada Miss V selama atau setelah berhubungan seks

Lalu, Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis apakah Anda memiliki kutil kelamin atau tidak maka memerlukan bantuan medis, dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap area dimana Anda menduga adanya kutil kelamin.

Dan karena ciri ciri penyakit kutil kelamin bisa berada jauh di dalam tubuh wanita maka dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan pada panggul dengan menerapkan larutan asam ringan yang dapat membantu untuk membuat kutil kelamin lebih terlihat.

Seorang dokter juga dapat melakukan tes Pap smear yang melibatkan pengambilan swab di daerah untuk mendapatkan sel dari servik, kemudian sampel swab tersebut kemudian akan diuji keberadaan HPV.