Penyakit jengger ayam pada kelamin wanita dan pria atau lebih sering disebut sebagai kutil kelamin merupakan salah satu sejenis penyakit menular seksual yang sering diderita oleh setiap orang, khususnya wanita.

Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, 1 dari 5 wanita yang sering melakukan hubungan seks bebas memiliki risiko tinggi terinfeksi penyakit ini dan perlu Anda ketahui bawa Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus) tipe 6 dan tipe 11.

Perlu diketahui pula bahwa risiko terserang kanker serviks pada wanita dapat cepat terjadi jika virus HPV tidak segera mendapatkan langkah penanganan yang serius.

Lalu, Bagaimanakah Caranya Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Menulari Seseorang?

Virus HPV biasanya dapat menulari seseorang melalui kontak fisik saat berhubungan seks dengan pasangan yang telah terinfeksi virus HPV atau infeksi menular seksual lainnya. Dan pada umumnya kutil kelamin memiliki bentuk yang kecil seperti kembang kol dan tekstur yang lembut jika di sentuh.

Selain itu Anda patut mewaspadai penyebaran infeksi kutil kelamin ke area intim lain seperti anus dan area internal vagina. Dan perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang untuk terinfeksi kutil kelamin, diantaranya:

- Sering melakukan hubungan seks tanpa alat pengaman atau kondom.

- Sering berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seks.

- Mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Apa Sajakah Gejala Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Maupun Pria?

Infeksi yang disebabkan oleh adanya virus HPV biasanya tidak menimbulkan gejala yang signifikan atau dalam kata lain tidak memberikan tanda-tanda gejala yang jelas bagi penderitanya dan hal ini disebabkan karena masa inkubasi virus HPV yang sangat lama, bisa memakan waktu sekitar 2-4 minggu.

Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan klinis dari dokter spesialis kelamin untuk mengetahui gejala yang pasti dari infeksi virus HPV dan berikut di bawah ini merupakan tanda-tanda dan gejala yang dapat timbul dari infeksi virus HPV adalah:

- Munculnya sekelompok benjolan kecil atau kutil di daerah kewanitaan.

- Rasa gatal yang terus-menerus timbul di area kelamin.

- Warna permukaan kulit vagina yang memerah.

- Merasakan sensasi terbakar ketika buang air kecil.

- Rasa nyeri saat menstruasi dan berhubungan seks.

Bagaimanakah Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita dan Pria Didiagnosis?

Anda dianjurkan untuk mendapatkan perawatan khusus jika mengalami gejala seperti di atas atau gejala infeksi menular seksual lainnya, karena kemungkinan besar virus HPV dapat mengakibatkan Anda terserang komplikasi penyakit kelamin lainnya.

Selain itu ketika Anda melakukan kunjungan medis ke klinik spesialis kesehatan kulit dan kelamin (andrologi dan ginekologi), maka Anda akan mendapatkan layanan konseling dari dokter spesialis.
Dalam sesi konsultasi, dokter spesialis akan menanyakan kepada Anda mengenai riwayat medis, riwayat kehidupan seks dan aktivitas yang Anda lakukan beberapa waktu belakangan dan sesi konsultasi dengan dokter spesialis bertujuan untuk bertukar informasi mengenai kemungkinan penyakit yang Anda alami.

Setelah menjalani sesi konsultasi, Anda akan langsung mendapatkan tes pemeriksaan awal atau diagnosa untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala yang timbul dari infeksi yang Anda derita.
Beberapa tes pemeriksaan seperti tes Pap Smear dan Acidic Test mungkin akan diterapkan oleh dokter spesialis dengan mempertimbangkan informasi yang didapatkan dari sesi konsultasi.

Hasil diagnosa penyakit jengger ayam pada kelamin wanita biasanya akan dianalisa oleh dokter spesialis di laboratorium khusus. Hal ini bertujuan untuk menentukan langkah penanganan yang tepat bagi infeksi yang Anda derita.

Pada intinya dokter spesialis akan memberikan rekomendasi pengobatan obat krim oles dan obat oral untuk Anda jika tingkatan infeksi masih memiliki risiko yang rendah. Sedangkan metode pembedahan akan diterapkan jika tingkatan infeksi sudah memiliki risiko yang sangat tinggi.

Bagaimanakah Caranya Agar Tak Tertular Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Maupun Pria?

Bagi Anda para wanita dan pria yang sangat aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks maka sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan dan memulai kehidupan seks yang lebih sehat.

Kedua hal tersebut adalah langkah yang tepat untuk mencegah Anda dari penularan infeksi menular seksual yang mengkhawatirkan dan membahayakan.
Vaksinasi juga dapat Anda manfaatkan untuk mencegah tubuh Anda terpapar dari virus yang mematikan. Mulai dari sekarang, carilah banyak informasi medis mengenai penyakit menular seksual agar Anda dapat mengenali setiap langkah pencegahan dan penanganan terhadap permasalahan di daerah kewanitaan.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai penyakit jengger ayam pada kelamin wanita dan pria dan jika misalkan Anda merasa memilikinya maka segeralah sembuhkan di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.