Apakah HPV Itu? HPV Adalah Penyebab Penyakit Kutil Kelamin

Pastinya kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar HPV, lalu apakah HVP itu? ya HPV adalah virus yang menyebabkan kutil kelamin dan kepanjangan dari HPV adalah (Human Papilloma Virus) yang dapat menyebabkan pertumbuhan kutil di bagian tubuh termasuk pada kutil kelamin.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa diluar sana terdapat banyak sekali jenis HPV, dan jenis HPV yang menyebabkan kutil pada area kelamin tidak sama dengan penyebab kutil yang terjadi pada bagian tangan, kaki maupun bagian tubuh yang lainnya.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa infeksi HPV pada umumya tumbuh di mukosa yaitu lapisan kulit dalam yang umumnya tertutup dan membran kulit dan beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks.

HPV adalah infeksi menular seksual paling umum yang paling sering terjadi pada pria dan wanita yang aktif secara seksual dan pada orang-orang yang aktif secara seksual dan sering bergonta-ganti pasangan seks kemungkinan besar bisa terinfeksi HPV di beberapa titik dalam hidup.

Dan beberapa HPV adalah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker serviks atau bisa menyebabkan displasia serviks, sehingga tentunya hal tersebut perlu Anda waspadai.

Lalu, Bagaimanakah Penyebaran Infeksi HPV?

Infeksi HPV adalah virus yang terjadi saat infeksi masuk kedalam tubuh biasanya melalui luka, abrasi tubuh, atau robekan kecil di kulit, utamanya virus ini disebarkan dari kulit ke kulit yang HPV adalah disebabkan oleh berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV.

Bahkan pada beberapa infeksi HPV adalah bisa menyebabkan lesi pada pernafasan atau bagian mulut yang diakibatkan oleh adanya seks oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi HPV.

Sedangkan jika wanita hamil yang terinfeksi HPV maka seorang wanita yang terkena penyakit HPV dengan kutil kelamin, maka akan berpotensi menularkannya kebayi, dan jika kutil kelamin membesar maka kemungkinan besar akan mengganggu jalan lahir maka akan menyulitkan proses persalinan akan tetapi hal tersebut sangat jarang terjadi.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Infeksi HPV?

Biasanya gejala munculnya kutil kelamin pada awal, namun gejala ini tidak begitu terlihat saat terserang infeksi HPV karena tubuh seseorang secara alami akan menciptakan system kekebalan tubuh sebelum terjadi pertumbuhan kutil kelamin akan tetapi seseorang yang terinfeksi HPV masih bisa sangat menular.

Baca Juga: Waspada Inilah Gejala Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Pria dan Wanita

Selain itu biasanya kemunculan kutil kelamin sangat berbeda-beda tergantung dari penyebab virus tersebut dan gejala infeksi HPV adalah:

Gejala yang timbul pada kutil kelamin biasanya seperti timbulnya benjolan seperti kembang kol yang tampak datar, dan pada wanita kutil kelamin bisa muncul pada beberapa bagian seperti: pada vulva, Miss V, anus, maupun pada serviks.

Sedangkan kutil kelamin pada pria akan muncul di beberapa bagian seperti: pada Mr P, skrotum atau muncul di sekitar anus dan selain itu biasanya ukuran kutil akan berukuran kecil sampai berukuran besar dan bisa banyak maupun sedikit, serta pertumbuhan kutil kelamin bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena terkadang menimbulkan rasa gatal-gatal pada area yang terinfeksi.

Siapa Sajakah yang Berpotensi Untuk Terinfeksi HPV?

- Seseorang yang Memiliki Banyak Pasangan Seksual
Karena semakin banyak pasangan seksual yang Anda miliki, maka semakin besar pula risiko Anda untuk terserang virus HPV, selain itu jika pasangan Anda memiliki banyak pasangan seks maka akan sangat berisiko dan dalam kasus tertentu penggunaan kondom tidak 100% efektif untuk mencegah kutil kelamin.

- Seseorang yang Mengalami Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah
Tahukah Anda bahwa seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka kemungkinan besar akan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit dan salah satunya jika mereka aktif secara seksual maka bisa sangat mudah untuk terserang virus HPV, karena sistem kekebalan tubuh yang dihasilkan secara alami dari dalam tubuh tidak mampu memusnahkan virus HPV.

- Menyentuh Secara Langsung
Walaupun sangat jarang seseorang terinfeksi HPV dengan cara menyentuhnya secara langsung akan tetapi untuk mencegahnya maka Anda sangat disarankan untuk tidak menyentuh luka HPV dari pasangan Anda secara langsung karena kemungkinan tanpa adanya perlindungan khusus dan menyentuh langsung Anda mungkin saja bisa terinfeksi HPV.

Komplikasi Apa Sajakah yang Bisa Diakibatkan Oleh Kutil Kelamin?

- Menyebabkan Lesi Pernafasan Bagian Atas dan Mulut
Tahukah Anda bahwa beberapa infeksi HPV adalah dapat menyebabkan lesi pada lidah, amandel, langit-langit mulut, atau pada bagian laring dan hidung yang umumnya disebabkan oleh adanya aktivitas oral seks dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

- Biasa Menyebabkan Kanker
Tahukah Anda bahwa beberapa jenis Virus HPV tertentu dapat menyebabkan kanker serviks? Dan jenis HPV ini mungkin sangat berkontribusi pada kanker alat kelamin, anus, mulut dan saluran pernafasan bagian atas.

Bagaimanakah Caranya Agar Tidak Terinfeksi Kutil Kelamin?
Anda dapat mengurangi risiko terkena kutil kelamin dan lesi genital lainnya dengan berbagai macam cara diantaranya adalah sebagai berikut:

- Tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan

- Berada dalam hubungan seksual yang monogami atau satu pasangan saja

- Mengurangi jumlah pasangan seks

- Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks akan tetapi kondom tidak 100% efektif untuk mencegah kutil kelamin

- Selain pencegahan diatas anda juga dapat melakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan, dan tidak menggunakan seks toys secara bergantian.

Bagaimanakah Kutil Kelamin Disembuhkan?
Setelah Anda terdiagnosis positif terkena virus HPV dan terdapat kutil, maka umumnya jenis pengobatannya terbagi menjadi dua cara, yaitu dengan pengobatan dan pembedahan yang akan dilakukan oleh dokter spesialis penyakit kelamin.

Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan menduga mengalami kutil kelamin maka sudah saatnya untuk menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis penyakit kelamin yang dapat mengatasi permasalahan Anda.

Selain itu Anda tak perlu repot-repot untuk mengantre karena di Klinik Utama Gracia sudah menggunakan sistem reservasi online yang mempermudahkan Anda untuk berkonsultasi secara online dimanapun dan kapanpun dengan mengklik tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.