penyebab kutil kelamin

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Penyebab Kutil Kelamin - Penyakit kutil kelamin juga dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Kutil kelamin dapat menyebabkan tumbuhnya kutil pada area kelamin. Kutil kelamin yang tumbuh tersebut dapat berjumlah banyak, dan juga sedikit, tergantung sejauh mana infeksi tersebut menyebar. Ktuil ini akan menyebabkan rasa gatal dan juga tidak enak untuk dilihat tentunya.

Penyakit kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi atau penyakit menular seksual yang berbahaya. Sekitar 40 jenis penyakit ini ditularkan lewat kontak seksual. Dan sekitar 90% kasus kutil kelamin disebabkan oleh HHPV tipe 6 dan juga 11. Setelah masuk ke dalam tubuh, virus HPV akan berdiam di dalam sel dan berkembang. Setelah itu, virus akan keluar dari sel inang dan akan menyerang sel-sel lain.

Baca juga: Gonore Adalah

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada bagian tubuh akan mencapai bagian atas pada tubuh. Berikut ini merupakan beberapa penyebab pada penyakit kutil kelamin yang diketahui sebagai berikut;

Infeksi
Penyebab pada penyakit kutil kelamin dapat terjadi dan penyebab awalnya karena adanya virus. Virus yang dapat menjadi penyebab pada penyakit kutil kelamin adalah virus yang sama pada penyakit kelamin menular lainnya, yaitu HPV (Human Papilomavirus). Jika virus ini masuk ke dalam tubuh makan dapat membuat infeksi pada beberapa bagian organ tubuh dan juga dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin serta kanker serviks.

Seks Bebas
Seks bebas juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya berbagai penyakit menular seksual. Umumnya penularan pada penyakit kutil kelamin juga dapat disebabkan oleh seks bebas. Seks bebas merupakan aktivitas hubungan seksual yang mana lebih dari satu pasangan seks atau sering berganti pasangan seksual. Seks bebas juga identik dengan seks yang tidak sehat.

Tidak menggunakan pengaman saat aktivitas seksual
Tentunya anda harus mengetahui kondisi kesehatan pasangan seksual anda. Jangan sampai anda melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit kelamin atau penyakit menular seksual. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan tubuhnya kutil kelamin atau tertularnya kutil kelamin. Penggunaan pengaman atau kondom saat melakukan aktivitas seksual merupakan salah satu langkah penting menghindari penularan penyakit menular seksual.

Kurangnya kebersihan
Tidak menjaga atau kurangnya menjaga kebersihan pada organ kelamin dapat berakibat berbahaya. Karena dengan kurangnya menjaga kebersihan pada organ kelamin maka bakteri serta virus dapat tumbuh dan berkembang sehingga menimbulkan berbagai penyakit.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab kutil kelamin yang dapat menyerang organ tubuh. Rutin memeriksa kesehatan merupakan langkah yang baik untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat dan prima. Klik gambar dibawah ini untuk konsultasi medis.