selaput dara robek

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Apakah kamu sudah tahu bentuk selaput dara yang masih utuh dan robek? Selaput dara dikenal juga sebagai himen. Secara historis beberapa orang, keutuhan hymen dianggap sebagai penanda apakah seorang wanita masih perawan.  Istilah “Hymen” diambil dari nama dewa, yaitu “Dewa Perkawinan” jaman Yunani kuno.

Pada beberapa tempat dan budaya tertentu, keperawanan seorang wanita masih dianggap sebagai nilai yang sangat penting sebagai lambang kesucian seorang wanita. Hilang kesuciannya dapat mengakibatkan pengucilan sampai kematian seorang wanita.

Seperti yang terjadi pada suku terpencil Australia, terdapat budaya untuk merobek hymen calon pengantin wanita 1 minggu sebelum pernikahan oleh wanita yang dituakan. Apabila ditemukan himen telah robek, maka wanita tersebut bisa menjadi bahan gunjingan, mendapatkan hukuman bahkan kematian.


Menurut medis, hymen dapat robek akibat trauma/luka karena aktifitas hubungan seksual pertama kali. Selain itu, sobeknya hymen dapat juga disebabkan akibat melakukan aktivitas masturbasi atau akibat dari pemasangan tampon pada vagina untuk menampung darah karena haid, terjadi regangan yang berlebihan karena melakukan olah raga, senam, jatuh terkena gagang sepeda, maupun ketika melakukan pacuan kuda atau bisa juga sobek tanpa disebabkan oleh apapun.

Selaput Dara Yang Masih Utuh

Hymen berbentuk lapisan tipis seperti selaput lendir mengelilingi atau menutupi liang vagina bagian luar. Hymen adalah bagian dari alat kelamin luar (vulva). Sampai saat ini fungsi medis hymen belum diketahui secara pasti. Kemungkinan hymen pada bayi berfungsi untuk melindungi dari kotoran dan bakteri yang akan masuk. Selaput dara terletak sangat dekat dengan muara vagina dan dilindungi /ditutupi labia minora dari luar.

Pada bayi baru dilahirkan, ketika bayi berada di bawah pengaruh dari hormon sang ibu, hymen pada bayi memiliki bentuk tebal, warna merah muda pucat, menonjol dan berlipat. Sering terjadi belum terbentuk lubang pada selaput tersebut. Setelah 2 sampai 4 tahun, bayi yang telah beranjak besar mulai menghasilkan hormon estrogen dan hal ini merangsang terbukanya saluran himen dan cenderung dengan bentuk bulat cincin (anular).

Diameter pembukaan himen pada wanita kira-kira 1 mm untuk setiap tahun. Diameter pembukaan saluran ini berbeda-beda pada setiap wanita tergantung dengan pengaruh hormon yang dihasilkan oleh tubuhnya. Fungsi lubang hymen adalah mengalirkan darah haid. Sewaktu anak perempuan masuk usia sekolah, pengaruh dari hormonal berhenti dan membuat hymen menjadi tipis, halus, lembut, elastis, hampir tembus pandang dan akan sangat sensitif ketika terdapat sentuhan.

Lubang hymen wanita bervariasi diameternya, biasanya hanya dapat dilewati jari kelingking dengan tanpa merusak hymen. Pada wanita yang sudah pernah melahirkan, pervaginam himen akan rusak dan hanya tertinggal sisanya saja (Karunkula Mitriformis).

Jadi, jangan dibayangkan hymen itu seperti dinding menutupi total lubang pada vagina. Melainkan seperti selaput berbentuk tipis dan terdapat lubang pada dindingnya.

Hymen yang sobek pertama kali biasanya ditandai dengan sedikit darah dan rasa nyeri. Kadang-kadang juga mengeluarkan banyak darah jika sobekan yang terjadi lebar. Hal ini normal terjadi dan akan segera hilang. Dan satu hal yang perlu untuk diketahui, bahwa bagi wanita yang memiliki hymen elastis sering sekali tidak terjadi perdarahan. Oleh kare itu, sucinya wanita tidak hanya ditandai dengan keluarnya darah ketika melakukan hubungan intim pertama kali.


Dapatkan Terjadi Kehamilan Tanpa Robekan Selaput Dara?

selaput dara robek

Perlu untuk diketahui bahwa sebuah kehamilan dapat terjadi tanpa terjadi robekan hymen atau tanpa terjadi adanya penetrasi. Ketika wanita sedang dalam masa subur, wanita akan mengeluarkan banyak cairan lendir yang encer yang membuat sperma bisa bergerak untuk masuk ke dalam rahim dengan mudah. Hal ini dapat diartikan bahwa walaupun masih dilapisi dengan celana, sperma masih dapat untuk menembus. Atau pada saat terjadi kontak langsung penis dengan bibir vagina, sperma masih dapat bergerak untuk masuk karena ada cairan lendir yang dikeluarkan oleh wanita.


Variasi Bentuk Selaput Dara

Selaput Dara Yang Masih Utuh
  • Hymen Tipe Anular: ini merupakan bentuk hymen yang paling sempurna. Disebut tipe anular karena memiliki bentuk bulat penuh seperti cincin dan ini merupakan bentuk yang paling sering ditemukan.
  • Himen Tipe Septum: Tipe ini terjadi karena selaput membentuk septum seperti jembatan pada muara vagina karena adanya pembuatan lubang tidak sempurna.
  • Himen Tipe Bulan Sabit. Tipe ini memiliki bentuk seperti cincin tetapi bulatan tidak sempurna.
  • Tipe yang jarang ditemukan dimana berbentuk bibir vulva. Terjadi gangguan saat pembentukan lubang.
  • Hymen Tipe Fimbia, tipe ini ditandai dengan pola tidak teratur (ireguler) pada dindingnya.
  • Himen Tipe Dentikuler, tipe ini ditandai dengan pola seperti gigi di sekeliling lubang himen.
  • Himen Tipe Subseptus. Ini merupakan salah satu tipe himen yang sangat jarang ditemukan. Bentuknya seperti septum akan tetapi tidak penuh.