Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Sebagian pria mengidam ngidamkan menikahi wanita yang masih perawan. Hal ini dapat terjadi karena keperawanan menjadi tolak ukur kesucian seorang wanita. Seorang wanita yang selaput daranya masih utuh dapat diartikan belum pernah melakukan hubungan seks dengan lawan jenis. Apakah semua tahu pria tahu letak selaput dara ? 

Membicarakan tentang keperawanan pasti akan selalu berhubungan dengan istilah selaput dara atau hymen. Hymen atau selaput dara terletak di antara dua lipatan vulva, dan yang harus diketahui adalah sebenarnya selaput dara tidak menutupi seutuhnya pada pembukaan vagina.

Letak Selaput Dara

Yang perlu untuk diketahui adalah selaput dara memiliki bentuk yang berbeda pada setiap wanita. Untuk mengetahui bentuk selaput dara wanita yang masih utuh Anda bisa baca selengkapnya klik disini!

Bagian Bagian Organ Kewanitaan

Organ reproduksi kewanitaan membentuk traktus genitalis. Traktus genitalis memiliki kaitan dengan traktus urinarius. Pada wanita, traktus genitalis memiliki kaitan erat dengan rongga peritoneum. Organ pada wanita yang berfungsi untuk pembentukan keturunan dibagi dalam dua kelompok, yaitu genitalia externa dan interna. Genitalia externa adalah organ reproduksi wanita yang berada di luar, genitalia interna adalah organ reproduksi wanita yang berada di dalam.

Genitalia Externa

Alat reproduksi kewanitaan yang bisa dilihat dari luar ketika wanita dalam keadaan litotomi. Genitalia externa terdiri dari semua organ yang didapatkan antara ramus inferior, os pubis dan perineum. Secara umum disebut Vulva, yaitu:

1. Mons Veneris / mons pubis

Mons Veneris biasa dikenal dengan istilah Tundun adalah sebuah bantalan lemak terletak di depan simfisis pubis. Setelah pubertas, Mons Veneris tertutup oleh rambut.

2. Labia Mayora

Sisi vulva yang terbentuk oleh dua lipatan tebal yang terdiri dari serabut saraf, jaringan otot polos, pembuluh darah kulit dan lemak. Labia Mayora terdiri atas dua permukaan yaitu:

  • Facies eksterna, seperti kulit biasa dan berambut
  • Facies interna, seperti selaput lendir dan di dalamnya terkandung kelenjar sebacea
3. Labia Minor

Merupakan lipatan kulit di antara kedua labium Minora. Posisinya membentang dari clitoris sampai orificium vagina. Terdapat banyak pembuluh darah, otot polos dan ujung serabut saraf pada bagian ini,

4. Clitoris

Di dalam clitoris banyak sekali terkandung urat-urat saraf sensoris, dan pembuluh-pembuluh darah. Memiliki ukuran kira-kira sebesar kacang hijau sampai cabai rawit dan ditutupi oleh Frenulum Clitoridis. Di dalam glans clitoris terdapat jaringan yang bisa berereksi, sehingga memiliki sifat yang amat sensitive karena memiliki serabut saraf.

5. Vestibulum (Serambi)

Sebuah rongga yang posisinya berada di samping lateral dan berbatasan dengan kedua labia minora. Di sebelah anterior dibatasi clitoris. Di sebelah dorsal dibatasi fourchet. Pada Vestibulum ada muara-muara vagina urethra dan ada pula 4 lubang kecil.

6. Glandula Vestibularis Majora

Ini merupakan salah satu kelenjar terpenting di daerah vulva dan vagina. Glandula Vestibularis Majora mengeluarkan secret Mucus terutama pada saat berhubungan seksual. Glandula Vestibularis Majora terletak di sebelah kanan dan kiri ostium vagina.

7. Hymen

Sebuah lapisan tipis dan menutupi sebagian besar dari vagina. Ada beberapa macam bentuk Hymen antara lain:

  • Hymen anullaris (lingkaran seperti cincin)
  • Hymen seminullaris (seperti bulan sabit)
  • Hymen cribriformis (seperti saringan tahu)
  • Hymen imperforata (tertutup / tidak berlubang).
8. Urethra

Sebuah saluran sempit yang terdapat pada pangkal kandung kemih yang memiliki fungsi untuk menyalurkan air kemih keluar. Lapisan urethra pada wanita terdiri:

  • Tunika muskularis (bagian luar).
  • Lapisan spongiosa.
  • Lapisan mukosa (bagian dalam).