Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Mungkin kebanyakan pria akan merasa penasaran tentang dimana letak selaput dara wanita dan walaupun hal tersebut sangat awam untuk di bahas, namun tak ada salahnya untuk membaca artikel ini sampai tuntas karena artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Pada umumnya selaput dara wanita dinilai menjadi sebuah lambang keperawanan wanita, sehingga banyak wanita yang akan selalu menjaga keperawanannya sampai menikah kelak, bahkan banyak orang yang menganggap keperawanan merupakan sebuah simbol kesucian pada wanita.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pada beberapa wanita mungkin terlahir tanpa memiliki selaput dara dan faktanya selaput dara memiliki banyak jenis namun umumnya kebanyakan wanita terlahir memiliki selaput dara bentuk annular (setengah bulan) dimana selaput dara ini memungkinkan darah menstruasi untuk dapat mengalir keluar dari Miss V.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak semua wanita memiliki selaput dara, karena beberapa wanita dilahirkan tidak memilik selaput dara dan tentunya hal tersebut yang menyebabkan tidak semua wanita mengalami perdarahan saat pertama kali berhubungan seksual, lalu dimanakah letak selaput dara wanita?

Bikin Penasaran, Ternyata Disinilah Letak Selaput Dara Wanita


Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa selaput dara adalah selaput yang sangat tipis dan merentang di organ intim wanita, selain itu biasanya selaput dara dapat menutupi sebagian ataupun seluruh mulut pada organ intim wanita, lalu dimanakah letak selaput dara wanita?

Pastinya banyak pria yang ingin mengetahui letak selaput dara wanita dan ternyata letak selaput dara wanita berada di diantara dua lipatan vulva yaitu bagian organ seksual eksternal wanita yang merupakan area yang mengelilingi lubang kencing dan Miss V.

Baca Juga: Inilah Bentuk Selaput Dara yang Masih Utuh dan yang Sudah Robek

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa letak selaput dara ini sebenarnya tidak benar-benar menutupi pembukaan pada Miss V, buktinya wanita masih bisa mengeluarkan darah menstruasi
Dan ternyata selaput dara wanita tumbuh saat wanita masih dalam masa kehamilan yaitu sekitar 3 sampai 4 bulan dan pada saat itu selaput dara pada janin wanita mulai terbentuk dan selaput dara akan tetap utuh sampai rusak ataupun robek oleh hubungan seksual ataupun bisa robek karena hal lainnya.

Jenis-Jenis Selaput Dara Pada Wanita



- Selaput Dara Annular
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa selaput dara annular merupakan jenis selaput dara yang paling banyak ditemukan pada wanita dan bisa dikatakan bahwa selaput dara ini merupakan selaput dara yang normal dan sempurna. Lalu, mengapa disebut dengan jenis “annular” karena bentuknya seperti setengah bulan ataupun seperti cincin.

Baca Juga: Inilah Cara Mengembalikan Keperawanan Wanita

- Selaput Dara Imperforata
Jenis selaput dara selanjutnya adalah jenis imperforata adalah membran tipis yang benar-benar menutupi pembukaan pada Miss V sehingga mungkin darah menstruasi tidak dapat mengalir keluar dan kondisi ini biasanya tidak terdiagnosis sampai seorang gadis memasuki masa pubertas dan mengalami menstruasi pertamanya.

Tentu saja hal ini biasanya menyebabkan darah untuk kembali ke dalam Miss V yang sering berkembang menjadi sebuah massa perut atau nyeri punggung dan pada beberapa remaja wanita juga mungkin memiliki gejala seperti rasa sakit saat buang air besar dan kesulitan untuk buang air kecil.

Namun, terdapat perawatan untuk selaput dara imperforata yaitu dengan menjalankan operasi kecil untuk membuang jaringan ekstra hymen dan membuat lubang Miss V sehingga nantinya akan berukuran normal sehingga darah menstruasi dapat mengalir keluar dari Miss V.



- Selaput Dara Microperforate
Selaput dara microperforate adalah membran tipis yang hampir sepenuhnya menutupi lubang Miss V, akan tetapi wanita masih bisa mengeluarkan darah haid akan tapi pembukaannya sangat kecil, selain itu mungkin juga wanita yang masih perawan tidak bisa untuk menggunakan tampon.

Dan jika misalkan seorang wanita memaksakan menggunakan tampon ke dalam Miss V maka kemungkinan besar wanita tersebut tidak dapat melepas tampon ketika menjadi penuh dengan darah sehingga bisa sangat berbahaya.

Namun, terdapat perawatan untuk selaput dara microperforate ini yaitu dengan melakukan operasi kecil yang berfungsi untuk membuang jaringan ekstra hymen sehingga akan membuat pembukaan ukuran normal yang berfungsi untuk darah menstruasi agar mengalir keluar.

- Selaput Dara Septate
Jenis selaput dara yang terakhir adalah selaput dara septate adalah saat selaput dara yang terbagi menjadi dua bukaan di atas vagina. Sehingga kondisi ini juga tidak menghentikan aliran darah haid, namun bisa menghalangi penggunaan tampon pada wanita yang masih perawan.

Namun, jika seorang wanita tidak memilih untuk menggunakan tampon maka kondisi ini biasanya tidak menimbulkan masalah sebelum kehilangan keperawanannya, namun bisa menimbulkan masalah saat melakukan hubungan seksual pertama kali, namun sangat mudah diatasi dengan melakukan operasi kecil.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai letak selaput dara wanita dan jika misalkan Anda ingin memperbaiki selaput dara maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.