Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Operasi keperawanan mungkin dianggap asing dikalangan masyarakat, padahal banyak wanita yang mungkin telah kehilangan keperawannya akibat kesengajaan atau kejahatan seksual.

Keperawanan juga dianggap sebagai barang suci yang dimiliki setiap wanita yang belum menikah ataupun sudah menikah, dan banyak dari mereka yang sangat mempertahankannya, untuk mengembalikannya mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan salah satunya operasi pembuluh dara.

Apakah Operasi Keperawanan Itu?

Operasi keperawanan ataupun operasi selaput dara adalah salah satu tindakan medis atau pembedahan yang bertujuan untuk mengembalikan selaput darah yang telah robek dengen melakukan penjahitan pada area selaput dara dan operasi ini juga sering disebut sebagai operasi plastik.

Banyak alasan yang dilakukan para wanita untuk melakukan operasi selaput dara, dan banyak dari mereka yang mungkin sudah kehilangan keperawanannya, kebanyakan dari mereka juga menginginkan keluarnya darah saat pertama kali melakukan hubungan seksual terhadap suami atau pasangan mereka.

Baca Juga: Ternyata Begini Bentuk Selaput Dara yang Masih Utuh

Sebab dengan mengeluarkan darah pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual dianggap masih gadis atau perawan yang diidamkan oleh semua pria atau pasangan mereka dan cara apa saja mungkin akan dilakukan untuk mengembalikan keperawanan mereka.

 

Mengapa Wanita Ingin Melakukan Operasi Selaput Dara?

Kebanyakan wanita yang sudah tidak perawan menginginkan kembali keperawanannya dan tujuan dari operasi keperawanan adalah untuk mengembalikan selaput dara yang telah robek akibat hubungan seksual ataupun karena cidera.

Banyak faktor yang membuat selaput dara robek kebanyakan adalah penetrasi seksual dan tipisnya selaput dara, namun ada hal lain yang juga membuat selaput dara robek seperti karena, cidera saat berolah raga, masturbasi, bahkan penggunaan tampon.

Namun ada beberapa wanita yang melakukan penetrasi seksual yang tidak mengalami kerobekan selaput dara karena umumnya terdapat banyak jenis selaput dara wanita.
Selain itu untuk wanita yang ingin memutuskan untuk melakukan operasi selaput dara sangat disarankan untuk melakukannya 3-4 minggu sebelum menikah agar proses penyembuhan berjalan maksimal.

Mengintip Proses Operasi Keperawanan Pada Wanita

Operasi selaput dara biasanya menggunakan bius lokal yang dikombinasikan dengan penenang dosis ringan, namun ada pula yang diharuskaan menggunakan bius total dan ada 3 cara yang digunakan untuk melakukan operasi selaput dara, diantaranya adalah:

- Menjahitnya bersama kulit robek yang membentuk lapisan sekunder dari selaput dara untuk membuat selaput dara terlihat utuh.

- Menempatkan membran tanpa pembuluh darah sebagai selaput darah palsu, dengan penempatan gelatin yang mengandung cairan yang menyerupai darah.

- Menempatkan lipatan yang diambil dari lapisan vagina bagian dalam untuk membuat selaput darah baru agar selaput darah terlihat utuh atau menyerupai selaput darah asli.

Lalu, Komplikasi Apa Sajakah yang Bisa Timbul Saat Melakukan Operasi Selaput Darah?


- Infeksi
Infreksi sering terjadi paska pembedahan hal ini dipicu dari kurang pemahaman tentang perawatan pasca operasi dan tidak menjaga kebersihan area vagina, salah satu pencegahannya biasanya diberika resep antibiotik oleh dokter dan pasein diminta dapat menjaga kebersihan pada area vagina.

Baca Juga: Bikin Penasaran Ternyata Disinilah Letak Selaput Dara Wanita

- Timbul Perdarahan
Perdarahan dalam jumlah wajar masih dianggap normal karena merupakan komplikasi dari paska pembedahan, dan dengan mengurangi aktifitas fisik bisa meminimalisir perdarahan karena mengurangi gesekan pada area vagina.

- Perubahan Struktur
Perubahan struktur biasanya terjadi pasca operasi keperawanan hal ini akibat dari proses pembedahan yang merubah sebagian struktur dari vagina. Hal ini akan membuat sakit pada saat pertama kali penetreasi seksual, namun akan hilang seiring dengan berjalannya waktu



Demikian penjelasan mengenai operasi keperawanan dan jika ingin informasi mengenai biaya operasi selaput dara Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol chat online diatas atau Anda bisa datang langsung Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.