Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Orkitis Adalah suatu kondisi peradangan yang terjadi pada testis atau buah zakar pria. Biasanya penyakit ini menyerang salah satu atau kedua organ testis tersebut. Munculnya penyakit ini diduga karena adanya infeksi bakteri atau virus yang terjadi pada organ testis pria. Umumnya, kondisi peradangan pada testis pria ini disebabkan oleh virus mumps atau yang biasa dikenal dengan virus gondongan.
Penyakit ini merupakan penyakit yang hanya di derita pada seorang pria. Penyakit ini jarang dijumpai pada balita atau anak-anak. Umumnya, pria yang terkena penyakit ini biasanya mereka yang sudah dalam masa atau di atas masa pubertas.

Walaupun tidak signifikan, penderita penyakit ini sendiri mengalami peningkatan dari masa ke masa. Hal tersebut tentunya dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari faktor gaya hidup yang kurang baik serta faktor penularan yang terjadi dari penderita. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular dikarenakan penyebab terjadi nya penyakit ini adalah karena adanya virus.

Di Indonesia memang belum dapat dipastikan berapa banyaknya jumlah penderita penyakit ini. Namun paling tidak, semua pria dapat lebih berwaspada terhadap penyakit ini.

Gejala

Gejala penyakit ini biasanya muncul secara tiba-tiba. Gejala orchitis adalah sebagai berikut;
  • Rasa nyeri yang dirasakan saat buang air kecil.
  • Rasa nyeri pada sekitar area testis.
  • Terjadi pembengkakan pada salah satu atau bisa juga pada kedua organ testis pria. Dan akan terasa sakit bila tersentuh.
  • Kemungkinan tubuh akan mengalami demam.
  • Terjadi pembesaran bentuk pada testis merupak suatu gejala utama. Jika anda merasakan testis yang membesar, kemungkinan itu merupakan tanda atau gejala penyakit ini.

Penyebab

Penyebab paling umum penyakit orchitis adalah virus mumps. Berbagai virus dan bakteri dapat menjadi penyebab penyakit ini. Penyebab penyakit ini dibedakan menjadi 3, yaitu idiopatik, bakteri serta virus.Idiopatik merupakan penyebab penyakit orchitis yang belum diketahui dengan pasti. Virus mumps merupakan penyebab penyakit orchitis karena virus. Lalu penyebab orchitis pada bakteri adalah escherichia coli, staphylococcus, dan streptococcus.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit orchitis dengan penularan non-seksual;
  • Memiliki usia lebih dari 45 tahun
  • Memiliki riwayat penyakit infeksi saluran kemih
  • Penggunaan kateter dalam waktu yang cukup lama
  • Kondisi dari lahir dengan saluran kemih yang tidak normal
Penyebab penyakit epididimis juga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit orchitis. Bakteri penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapa menyebabkan penyakit orchitis.

Beberapa faktor penyebab yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual;
  • Melakukan aktivitas seksual yang tidak aman
  • Mempunyai riwayat penyakit menular seksual
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Melakukan hubungan seksual dengan pengidap penyakit menular seksual

Demikianlah sedekit ulasan mengenai penyakit orchitis. Langkah yang tepat apabila anda merasa memiliki gejala penyakit orkitis adalah segera untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Hal tersebut perlu dilakukan untuk pengecekan serta penanganan yang tepat dan lebih baik.