Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Pengertian Penyakit Menular Seksual adalah Penyakit Yang Ditularkan Melalui Hubungan Seksual. Yang termasuk PMS antara lain sipilis, gonorhea, herpes, kutil kelamin, HIV/AIDS. Di antara penyakit tersebut yang paling berbahaya HIV/AIDS. Penderita PMS umumnya tidak mengetahui jika dirinya telah terinfeksi karena gejala yang datangnya secara lambat/menahun.

Gonorhea / Kencing Nanah

Merupakan penyakit seksual menular disebabkan oleh bakteri Gonococcus. Gejala muncul antara 2 hingga 10 hari setelah berhubungan seksual dengan orang yang memiliki penyakit ini. Gejala pada perempuan biasanya keluar cairan kental berwarna kekuningan, nyeri perut bagian bawah, serta dapat muncul tanpa gejala. Pada pria, gejala ditandai dengan keluar nanah dari kemaluan dan sakit saat kencing.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Gonorhea


Sipilis / Raja Singa

Merupakan penyakit seksual menular disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Gejala muncul 2-6 minggu (terkadang sampai 3 bulan) setelah terjadi hubungan seksual dengan penderita. Penularan melalui kontak seksual, kontak langsung dengan lesi (luka) serta penularan dari ibu hamil kepada anak yang dikandungnya.

Ada beberapa fase gejala penyakit sipilis antara lain:

  • Gejala Primer: Tampak luka tunggal yang dapat hilang sendiri atau tanpa gejala.
  • Gejala Sekunder: Bintil/bercak merah di tubuh yang hilang sendiri atau tanpa gejala.
  • Gejala Tersier: Kelainan jantung, kulit, pembuluh darah dan gangguan saraf.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Sipilis


Kutil Kelamin / Jengger Ayam

Merupakan penyakit seksual menular yang disebabkan oleh Virus Huma Papillomavirus atau biasa disebut Virus HPV. Gejala muncul setelah 2-3 bulan setelah terinfeksi. Kutil terlihat sangat kecil seperti mata ikan, muncul di luar alat kelamin/anus maupun di dalam vagina. Jika tidak terdeteksi atau tidak segera untuk diobati, semakin lama kutil akan membesar seperti bunga kol/jegger ayam. Kutil tidak terasa sakit, hanya kadang-kadang terasa gatal. Penyakit ini bersifat kambuhan, akan timbul lalu hilang seumur hidup. Efek yang paling buruk jika terkena penyakit ini adalah resiko terkena kanker leher rahim dan kanker penis.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Kutil Kelamin


HERPES

Herpes merupakan penyakit seksual menular disebabkan oleh virus famili hepertoviridea. Gejala ditandai dengan gelembung kemerahan yang berair. Herpes dibagi menjadi 2 yaitu herpes simpleks dan herpes zoster.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Herpes


HIV/AIDS

Terinfeksi HIV biasanya tidak disertai dengan gejala awal, tetapi seseorang yang terinfeksi HIV dapat dengan mudah menularkan kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah HIV ada di dalam tubuh seseorang adalah melalui Tes HIV. Infeksi HIV menyebabkan penurunan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi penyakit.

Penularan virus HIV/AIDS dapat melalui beberapa cara, antara lain:

  • Melalui darah (transfusi darah, terkena darah HIV+ pada kulit yang terluka, jarum suntik dll).
  • Melalui cairan semen, air mani.
    Seorang pria berhubungan seksual dengan pasangannya tanpa menggunakan pengaman/kondom atau pengaman lainnya, oral sek dll.
  • Melalui cairan vagina pada wanita.
    Wanita yang berhubungan seksual tanpa pengaman, pinjam-meminjam alat bantu seks, oral seks dll.
  • Melalui air susu ibu (ASI) dari ibu terinfeksi HIV kepada bayinya.

Adapun beberapa cairan tubuh yang tidak mengandung virus HIV pada penderita antara lain air liur/ludah, kotoran/tinja, air mata, air keringat, serta urine.

Penyakit Seksual Menular adalah salah satu penyakit berbahaya. Hampir semua tersebut di atas memiliki dampak buruk terhadap diri Anda. Lebih baik untuk melakukan pencegahan sebelum terinfeksi penyakit seksual menular. Jika Anda merasa telah memiliki kontak langsung dengan penderita, dan merasa memiliki tanda-tanda terinfeksi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara medis. Semoga pengertian dan ulasan di atas dapat menjadi bahan referensi kesehatan Anda.