Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Phimosis adalah ketidakmampuan seorang pria memiliki untuk mengekspos kepala penis (glans). Berbicara dalam istilah awam, itu adalah ketika seorang pria tidak dapat menarik kembali dan menutupi kepala penis. Masalahnya bisa bawaan atau diperoleh.

Klasifikasi Phimosis

1. Grade I: tingkat yang lebih maju dari phimosis di mana ada kemungkinan melihat kepala penis dan meatus uretra.
  2. Grade II: bila ada kemungkinan melihat hanya sepotong kecil dari kepala penis dan meatus uretra, dan dapat menyajikan cincin stenosis
  3. Grade III: setelah paparan dari glans, ada cincin yang membuat kompresi pada daerah penis ini.

Bagaimana Phimosis pada anak-anak?

Ini adalah normal, karena bayi yang baru lahir memiliki kulup panjang, sering dengan pembukaan sempit, yang melekat pada glans. Umumnya, itu tidak konsekuensi mengganggu dan akan menghilang secara spontan.

Phimosis hanya ada pada pria yang penisnya hanya sebagian disunat atau tidak disunat. Phimosis terjadi secara alami pada bayi dan anak-anak. Pada infeksi lokal (balanitis). Peradangan ini dapat menyebabkan retraksi jaringan kulup, sehingga sempit. Diabetes meningkatkan risiko infeksi dari semua jenis, termasuk balanitis. Kurangnya kebersihan lokal juga dapat menjadi sumber infeksi.

Penyebab Phimosis

Penyebab utama adalah ruam dan luka yang memendek pada kulit, meninggalkan cincin kulup yang sempit. Kurangnya kebersihan penis yang tepat mungkin bertanggung jawab atas kejadian infeksi atau radang yang mempersempit pembukaan kulup.

Gejala Phimosis

Gejala utama adalah:

• Kesulitan buang air, dengan rasa sakit dan terbakar
  • Nyeri saat ereksi
  • Sekresi dalam penis, bau
  • Kesulitan dalam mengendalikan dorongan untuk buang air kecil pada malam hari
  • Perdarahan.

Penting untuk diingat bahwa Phimosis tidak mencegah pertumbuhan normal dan perkembangan penis, tetapi harus ditangani untuk menghindari komplikasi. Phimosis adalah kondisi fisiologis normal pada bayi baru lahir. Adhesi dari preputium ke glans adalah wajar, karena keduanya memiliki perkembangan embriologis yang sama. Namun, ketidakmampuan pria untuk mengekspos 'kepala' penis menarik kulit bertahan untuk waktu yang lama, yang dapat menyebabkan peradangan, infeksi dan rasa sakit.

Komplikasi dari phimosis ketika tidak diobati, phimosis dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih berulang, infeksi penis, meningkatkan kemungkinan infeksi penyakit menular seksual, rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim dan meningkatkan risiko kanker penis.

Pengobatan Phimosis

Pengobatan untuk Phimosis mungkin melibatkan pelumas kulup dan ujung penis dan kemudian dengan menarik kulup ke depan. Jika ini tidak efektif, sayatan kecil untuk meredakan ketegangan dapat dilakukan. Sebuah sunat darurat (operasi pengangkatan seluruh atau sebagian dari kulup) mungkin disarankan. Hal ini rutin dilakukan oleh beberapa agama, Indikasi operasi ini adalah bertujuan untuk mencegah kanker, penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih dan balanoposthitis.