Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Penyakit Sipilis adalah penyakit raja singa, merupakan salah satu penyakit kelamin berbahaya, penyebab sipilis adalah Bakteri Pirochaeta Pallida (Treponema Pallidum). Penularan sifilis paling banyak melalui hubungan seksual (kontak genital- seks vagina, anal-oral) dengan orang yang memiliki penyakit sifilis.

Selain itu, bisa menular melalui pajanan (peristiwa yang menimbulkan risiko penularan) cairan tubuh penderita, seperti berbagi penggunaan jarum suntik pada penggunaan narkoba, jarum pembuat tato maupun penindik telinga.

Wanita hamil yang terinfeksi dapat menularkan penyakit ini kepada bayi yang ada di dalam kandungan. Pada kasus ini biasanya disebut Kongenital Sifilis.

Bakteri penyebab sifilis memiliki sifat tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia, maka penyakit ini tidak bisa menular karena memakai toilet yang sama, berbagi peralatan makan maupun penggunaan tempat yang sama.

Gejala Sipilis

Gejala awal sifilis berlangsung tiga sampai empat minggu, kemudian ditandai dengan timbulnya benjolan di sekitar daerah alat kelamin, disertai dengan pusing, flu, nyeri pada tulang yang akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati. Timbul bercak kemerahan setelah 6 sampai 12 minggu setelah berhubungan seksual. Banyak sekali penderita yang tidak menyadari akan hal ini.

Setelah 2 sampai 3 tahun pertama, gejala sifilis tidak menunjukkan tanda bahwa penderita sedang terkena penyakit ini. Baru setelah 5 sampai 10 tahun penyakit ini akan menyerang jantung, pembuluh darah dan syaraf otak. Sedangkan untuk bayi dalam kandungan dapat tertular melalui ibunya yang mengidap sipilis, ketika lahir bayi dapat mengalami kerusakan kulit, limpa, hati dan keterbelakangan mental.

Penderita sifilis banyak yang tidak mendapatkan pengobatan dengan baik karena biasanya penderita tidak menyadari jika terkena penyakit ini. Proses infeksi yang utama adalah karena memiliki kontak langsung dengan luka terbuka yang telah terinfeksi sifilis.

Tahapan Penyakit Sipilis

Ada 4 tahapan utama penyakit sifilis, yaitu

1. Sifilis Primer,
  2. Sifilis Sekunder,
  3. Sifilis Laten dan
  4. Sifilis Tersier.

Setiap tingkat tahapan tersebut memiliki tanda tanda sipilis yang berbeda dan proses penyembuhan yang berbeda pula.

Jika Anda merasa terinfeksi penyakit sifilis, disarankan untuk mencari tahu informasi detail mengenai pengertian sipilis, cara mengobati sifilis, ciri ciri sipilis, gejala sipilis atau langsung datang ke klinik penyakit kelamin untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kelamin.

Anda bisa datang ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan untuk selanjutnya melakukan tahapan pengobatan.  Anda akan dipandu oleh staff medis dan dokter yang berpengalaman.

Dapatkan Layanan Ekstra & Nikmati Gratis Biaya Registrasi jika melakukan pendaftaran online.