Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit raja singa? Penyakit raja singa merupakan sebutan lain dari penyakit sipilis yang merupakan salah satu dari penyakit menular seksual. Penyakit ini sangat sulit untuk dideteksi, sebab tidak ada tanda atau gejala apapun yang menyertainya. Penyakit ini pada umumnya lebih banyak menyerang para pria dibandingkan wanita. Nah, berikut ini adalah beberapa gejala penyakit sipilis serta beberapa hal mengenai penyakit sipilis pada pria yang perlu Anda ketahui.

 

Pada umumnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara gejala penyakit sipilis yang terjadi kepada pria dengan gejala sipilis pada wanita. Hal ini terjadi karena gejala yang dialami hampir sama sehingga tidak menimbulkan perbedaan yang berarti pada setiap tahapan sipilis.

Berdasarkan laporan mengenai kasus sipilis, penyakit sipilis lebih banyak menginfeksi pria yang telah berusia 35 hingga 39 tahun, sedangkan pada wanita, penyakit ini lebih banyak menginfeksi wanita yang telah berusia 20 hingga 24 tahun.

Penyebab Sipilis

Penyebab utama dari penyakit sipilis adalah bakteri spiroset Treponema pallidum. Bakteri ini biasanya akan menular melalui hubungan seksual, serta dapat ditularkan melalui ibu hamil kepada janin yang sedang dalam kandungan, baik selama masa kehamilan atau ketika telah melahirkan. Kondisi ini dalam dunia medis disebut dengan sipilis kongenital.

Selain menular melalui hubungan seksual, ternyata penyakit sipilis dapat menularkan penyakitnya melalui cairan tubuh penderita, seperti darah dan lainnya. Namun, sipilis pada umumnya terjadi akibat kontak langsung dengan penderita melalui hubungan seksual, seperti oral, anal, maupun seks vagina.

Selain beberapa hal tersebut, salah satu penyebab utama penularan bakteri Treponema pallidum adalah berbagi jarum suntik dengan penderita, seperti berbagi jarum suntik untuk menggunakan narkoba, mentato bagian tubuh, serta melakukan tindik pada telinga.

Gejala Sipilis

Gejala penyakit sipilis pada umumnya terbagi menjadi 4 fase atau tahapan. 4 fase tahapan ini perlu Anda perhatikan sebab akan berkaitan dengan langkah awal penanganan penyakit ini. 4 fase tahapan umum gejala sipilis antara lain yaitu:

  • Fase primer

Ini merupakan fase awal penyakit sipilis, fase ini ditandai dengan munculnya beberapa luka berbentuk bulat atau luka tunggal. Luka ini biasanya akan terjadi selama 1 hingga 4 minggu lamanya atau bahkan lebih. Namun, pada umumnya terjadi selama 3 minggu (21 hari). Luka ini dapat diobati dan disembuhkan apabila Anda segera melaporkan kondisi dan gejala yang Anda alami ke dokter. Akan tetapi, jika Anda biarkan, maka penyakit ini akan masuk ke dalam tahap berikutnya, yaitu fase sekunder.

 

  • Fase sekunder

Pada fase ini biasanya akan muncul ruam kemerahan pada kulit atau selaput lendir. Ruam ini biasanya terjadi pada bagian bawah telapak kaki dan telapak tangan. Selain ruam, pada tahap ini biasanya akan terjadi penurunan berat badan, rontoknya rambut kepala, sakit kepala, nyeri otot, demam, terjadinya pembengkakan serta sakit tenggorokan.

Gejala pada tahap ini biasanya akan hilang dengan sendirinya walaupun tidak diberikan pengobatan. Namun, jika dibiarkan maka sipilis akan masuk ke dalam tahap selanjutnya, yaitu tahap laten.

 

  • Fase laten

Dalam tahap ini, penyakit sipilis akan berdiam diri di dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun, serta gejala yang ditimbulkannya akan sangat sulit terdeteksi. Selama berada di tahap ini, gejala yang mungkin ditimbulkan merupakan gejala kambuhan, dimana jika tidak segera diobati, maka penderita akan terancam memasuki fase tersier yaitu fase yang paling parah.

 

  • Fase tersier

Fase ini adalah fase terparah dari fase-fase sebelumnya. Dalam tahap ini, penyakit sipilis akan merusak organ tubuh penderita, termasuk organ yang berada di dalam tubuh, seperti saraf otak, pembuluh darah, mata, jantung, sendi, hati dan tulang. Jika Anda mengalami fase ini, maka penderita akan mengalami berbagai macam kelumpuhan, tubuh mengalami mati rasa, kebutaan, lemahnya gerakan otot serta berbagai akibat lainnya hingga menyebabkan kematian.

Selain gejala umum di atas, terdapat beberapa gejala khusus yang terjadi pada pria, berikut ini adalah beberapa gejala penyakit sipilis pada pria yang perlu Anda ketahui.

Gejala penyakit sipilis pada pria

  • Munculnya rasa nyeri saat berhubungan seksual
  • Timbulnya rasa nyeri ketika buang air kecil
  • Keluarnya kotoran atau cairan dari penis
  • Munculnya luka pada kerongkongan
  • Munculnya nyeri pada anus
  • Timbulnya luka memerah tanpa disertai rasa sakit pada bagian penis, lidah, anus atau kerongkongan
  • Timbulnya bitnik merah pada kulit, terutama pada kulit di bagian telapak tangan dan telapak kaki
  • Urine berwarna gelap dan feses berwarna terang
  • Mata dan kulit mempunyai warna kekuningan
  • Timbulnya luka lepuh hingga menjadi koreng pada bagian kemaluan
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar limpa
  • Timbulnya rasa nyeri, demam, dan sakit pada seluruh tubuh
  • Timbulnya rasa lelah yang sangat dibandingkan sebelumnya, munculnya keringat di malam hari, serta berat badan yang terus mengalami penurunan.

Itulah beberapa gejala penyakit sipilis pada pria yang pada umumnya terjadi. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai penyakit sipilis pada pria, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini