Tahukah Anda mengenai penyakit sipilis? Penyakit sipilis atau sebagian masyarakat menyebutnya penyakit raja singa adalah salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya, sebab dapat menyebabkan kematian penderitanya. Berdasarkan penelitian, para pria lebih banyak terserang penyakit ini dibanding para wanita. Lalu sebenarnya bagaimana ciri-ciri penyakit sipilis pada pria?

Secara umum, tidak ada perbedaan mencolok antara ciri-ciri penyakit sipilis pada pria maupun wanita. Hal ini dikarenakan gejala yang terjadi kepada pria dan wanita hampir sama tanpa adanya perbedaan yang mencolok sama sekali di setiap tahapannya.

Berbagai laporan dari beberapa kasus sipilis yang terjadi menyatakan bahwa sipilis terjadi kebanyakan kepada para pria yang telah berusia 35 hingga 39 tahun, sedangkan pada wanita, akan dialami ketika wanita telah berusia 20 hingga 24 tahun.

Penyebab terjadinya sipilis

Sebelum Anda mengetahui ciri-ciri penyakit sipilis pada pria, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu penyebab terjadinya sipilis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, penyakit sipilis terjadi karena bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini merupakan bakteri yang berbahaya dan biasanya menular melalui hubungan seksual. Selain itu, bakteri ini ternyata dapat tertular kepada bayi yang sedang berada di dalam kandungan yang ditularkan melalui ibunya. Kondisi ini sering disebut sebagai sipilis kongenital.

Bakteri Treponema pallidum selain menular melalui hubungan seksual, ternyata dapat menular melalui cairan tubuh, seperti darah dan lainnya. Akan tetapi, pada umumnya terjadi karena adanya kontak langsung dengan si penderita, seperti seks anal, oral ataupun vagina.

Selain beberapa hal di atas, ternyata salah satu penyebab utama terjadinya sipilis adalah berbagi jarum suntik dengan penderita, seperti menggunakan narkoba, mentato serta melakukan tindik telinga dengan menggunakan jarum yang sama dengan yang penderita gunakan.

Ciri-ciri penyakit sipilis pada pria

Secara umun, ciri-ciri atau gejala sipilis terjadi dalam 4 fase. Pada 4 fase ini sipilis perlu diperhatikan secara lebih sebab akan berdampak pada penanganannya. Adapun 4 fase umum ciri-ciri atau gejala sipilis antara lain yaitu:

• Fase premier

Fase ini adalah fase awal terjadinya penyakit sipilis. Pada fase ini, terjadinya penyakit sipilis ditandai dengan munculnya beberapa luka yang berbentuk bulat atau dapat juga terjadi luka tunggal. Luka ini biasanya dialami selama 1 hingga 4 minggu atau bahkan lebih. Akan tetapi, berdasarkan kasus sipilis yang terjadi, luka akan terjadi selama 21 hari (3 minggu). Ketika memasuki fase ini, luka dapat diobati dan disembuhkan. Namun, jika dibiarkan, maka sipilis akan naik ke fase berikutnya.

• Fase sekunder

Setelah melewati fase premier dan tidak dilakukannya pengobatan yang tepat, maka penderita akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu tahap sekunder. Di tahap ini, penderita akan mengalami kondisi munculnya ruam kemerahan pada bagian kulit atau selaput lendir. Pada umumnya ruam akan terjadi pada bagian bawah telapak tangan dan telapak kaki. Selain itu, di tahap ini penderita akan mengalami penurunan berat badan, sakit kepala, demam, nyeri otot, rontoknya rambut kepala, serta terjadinya sakit tenggorokan dan terjadinya pembengkakan.

Pada tahap ini berbagai gejala akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak dilakukan pengobatan. Namun, penyakit sipilis akan masuk ke tahap yang lebih serius, yaitu tahap laten.

• Fase laten

Dalam fase ini, sipilis akan berada di dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun tanpa Anda sadari. Hal ini terjadi akibat gejala yang terjadi merupakan gejala kambuhan dan tidak dapat dideteksi. Jika hal ini dibiarkan, maka sipilis akan berkembang ke tahap berbahaya, yaitu tahap tersier.

• Fase tersier

Tahap ini merupakan tahapan paling berbahaya diantara tahap berikutnya, sebab di dalam tahap ini, penderita akan mengalami gangguan pada beberapa organ dalam tubuh seperti, terjadinya kerusakan saraf otak, rusaknya pembuluh darah, mata, hati, sendi, tulang dan jantung Anda. Apabila Anda mengalami fase ini, maka akan mengakibatkan terjadinya kelumpuhan, mati rasa pada seluruh bagian tubuh, terjadinya kebutaan, serta otot-otot yang mengalami pelemahan hingga terjadinya kematian.

Itulah beberapa fase umum penyakit sipilis yang terjadi. Adapun ciri-ciri penyakit sipilis pada pria, antara lain yaitu:

• Timbulnya rasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual
  • Munculnya rasa nyeri saat buang air kecil
  • Penis mengeluarkan kotoran atau cairan
  • Kerongkongan mengalami luka
  • Nyeri pada bagian anus
  • Bagian penis, lidah, anus dan kerongkongan mengalami luka memerah tanpa adanya rasa sakit
  • Munculnya bintik merah pada kulit yang berada di bagian telapak tangan dan telapak kaki
  • Warna feses yang terang dan urine yang berwarna gelap
  • Kulit dan mata berwarna kekuningan
  • Munculnya luka lepuh pada bagian kemaluan hingga menyebabkan koreng
  • Kelenjar limpa terjadi pembengkakan
  • Seluruh tubuh mengalami deman, nyeri dan sakit
  • Munculnya rasa lelah yang amat sangat, berkeringat di malam hari, serta tubuh yang mengalami penurunan berat badan.

Itulah ciri-ciri penyakit sipilis pada pria yang sering terjadi. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai ciri-ciri penyakit sipilis pada pria lainnya, Anda dapat langsung berkonsultasi online dengan staff medis kami dengan cara mengklik tombol konsultasi di bawah ini