Karena banyaknya kasus sipilis yang ditemui pada pria, maka para pria harus mewaspadai ciri ciri penyakit sipilis pada pria. Sebenarnya ciri ciri penyakit sipilis pada pria tidak berbeda dengan yang dialami wanita. Ciri-ciri ini akan terjadi sesuai dengan fase yang sedang dilalui oleh penyakit menular seksual ini.

Bila menemukan adanya ciri-ciri yang akan disebutkan nanti, sebaiknya segera lakukan diagnosis yang tepat dengan memeriksakan diri ke dokter. Setelah mendapatkan diagnosis, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan fase yang terjadi. Jika pengobatan segera dilakukan, maka dapat menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi berbahaya karena penyakit menular seksual satu ini.

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Pria

1. Fase Primer

Sipilis yang masih berada pada fase awal ini akan menyebabkan munculnya gejala seperti luka yang tidak sakit pada area bakteri menginfeksi tubuh untuk pertama kalinya dan terjadi setelah 3 minggu infeksi bakteri. Luka ini umumnya akan sembuh sendiri walaupun tidak dilakukan pengobatan apapun. Namun sipilis masih bisa menular pada orang lain.

1. Fase Sekunder

Fase sekunder dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum ini ditandai dengan munculnya ruam yang terjadi 2 hingga 12 minggu setelah luka muncul. Ruam bisa terlihat pada telapak tangan dan kaki, namun sering dianggap permasalahan kulit biasa saja.

Selain ruam, pada fase ini, penderita juga akan mengalami munculnya luka terbuka pada selaput lendir. Luka ini umumnya berisi nanah, dan juga disertai munculnya kutil kelamin. Ruam pada fase sekunder akan menghilang setelah 2 bulan, namun sipilis kemungkinan masih bisa ditularkan pada orang lain. Penderita sipilis pada fase ini juga umumnya akan mengalami penurunan berat badan, kerontokan rambut, dan kelenjar limfa yang membengkak.

1. Fase Laten

Fase laten adalah dimana penyakit sipilis sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga tidak diketahui apakah penyakit ini sudah sembuh atau belum. Untuk memastikannya, dokter akan menyarankan Anda melakukan tes darah, untuk melihat kemungkinan adanya bakteri yang masih menginfeksi tubuh. Walaupun tidak ada gejala yang terjadi pada fase ini, namun pengobatan harus tetap dilakukan, agar sipilis tidak menjadi lebih berbahaya.

1. Fase Tersier

Fase ini terbilang fase yang berbahaya bagi penderita karena bisa menimbulkan permasalahan baru seperti terjadi kerusakan organ lainnya. Bila sudah terjadi kerusakan organ, pengobatan pun akan jauh lebih sulit dan lebih lama. Selain itu pengobatan juga tidak akan bisa membantu untuk mengatasi kerusakan yang sudah terjadi. Bila terjadi banyak kerusakan organ, maka bisa terjadi komplikasi yang dapat membahayakan jiwa penderita, yang bisa menyebabkan terjadinya kematian.

Ciri ciri penyakit sipilis pada pria di atas harus Anda perhatikan keberadaannya. Bila salah satunya merasa pernah Anda alami, sebaiknya periksakan kondisi Anda untuk memastikan diagnosis. Jika diagnosis menunjukkan bahwa Anda mengalami penyakit sipilis, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Umumnya sipilis yang masih berada pada fase primer dan sekunder akan diobati dengan pemberian antibiotik penisilin melalui suntikan untuk menghilangkan bakteri yang menginfeksi tubuh. Segera lakukan pengobatan, jangan sampai menunggu sipilis berada pada fase yang lebih serius yang akhirnya akan berbahaya dan mengancam nyawa Anda.

Lakukan konsultasi dengan staf Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk permasalahan sipilis yang Anda alami. Anda juga bisa memeriksakan diri Anda ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.