Tahukah Anda bahwa diluar sana banyak sekali macam macam penyakit kelamin pada pria dan wanita, akan tetapi masih banyak dari kita yang belum mengetahuinya, sehingga mungkin banyak orang diluar sana yang memiliki berbagai macam gejala tanpa menyadarinya bahwa hal tersebut adalah gejala penyakit kelamin.

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa penyakit kelamin ataupun penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan oleh seseorang melalui berbagai macam bentuk aktivitas seks, seperti seks anal, vaginal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Jadi bisa dikatakan bahwa PMS adalah penyakit serius yang memerlukan perawatan dan pengobatan yang tepat, karena perlu Anda ketahui bahwa beberapa PMS, seperti HIV tidak dapat disembuhkan dan bahkan bisa mematikan. Maka dari itu dengan belajar lebih banyak tentang macam macam penyakit kelamin Anda bisa belajar dan melindungi diri sendiri.

Awas, Ini Macam Macam Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita yang Perlu Anda waspadai

1. Chlamydia
Chlamydia adalah penyakit menular seksual yang umum terjadi dan PMS ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis yang bisa menulari pria dan wanita.
Biasanya wanita bisa mendapatkan Chlamydia di leher rahim, rektum, atau tenggorokan dam pria bisa mendapatkan Chlamydia di uretra di dalam Mr P, rektum, atau tenggorokan.

Pada umumnya seseorang bisa mendapatkan Chlamydia saat berhubungan seks oral, vaginal, atau anal dengan seseorang yang memiliki infeksi, bahkan jika Anda pernah menderita Chlamydia di masa lalu dan aktif kembali untuk berhubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang memilikinya maka kemungkinan besar Anda bisa terinfeksi kembali
Apa Sajakah Gejala Chlamydia?

Chlamydia biasanya tidak menimbulkan gejala apapun jadi Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memilikinya, akan tetapi seseorang dengan chlamydia yang tidak memiliki gejala tetap bisa meneruskan penyakitnya ke orang lain. Jika Anda memiliki gejala, mereka mungkin tidak muncul sampai beberapa minggu setelah Anda berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi, namun masih terdapat gejala yang bisa Anda alami diantaranya:

Gejala Pada Wanita Termasuk:
- Keluarnya cairan di Miss yang tidak normal yang mungkin berbau kuat
- Sensasi terbakar saat buang air kecil
- Nyeri saat berhubungan seks
- Jika infeksi telah menyebar Anda mungkin bisa mengalami sakit perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seks, mual, atau demam.

Gejala Pada Pria Termasuk:
- Keluarnya cairan tidak normal dari Mr P
- Sensasi terbakar saat buang air kecil
- Terasa gatal-gatal di sekitar pembukaan Mr P
- Nyeri dan bengkak pada salah satu atau kedua buah pelir meskipun ini jarang terjadi
- Jika Chlamydia menginfeksi rektum (pada pria atau wanita), maka hal ini dapat menyebabkan nyeri rektum, atau pendarahan.

2. Herpes Kelamin
Macam macam penyakit kelamin selanjutnya adalah herpes kelamin ataupun Genital herpes adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks(HSV).

Penyakit kelamin ini dapat menyebabkan luka pada area kelamin atau rektum, bokong, dan paha. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa seseorang bisa mendapatkannya dari hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memilikinya dan virus bisa menyebar meski luka tidak ada, bahkan ibu hamil juga bisa menginfeksi bayi mereka saat melahirkan.

Gejala herpes disebut wabah dan seseorang biasanya terkena luka di dekat daerah dimana virus tersebut masuk ke dalam tubuh dan jika luka tersebut pecah maka akan terasa menyakitkan, namun sayangnya kebanyakan orang yang mengalaminya tidak memiliki gejala atau gejala yang sangat ringan sehingga tanpa tidak sadar telah menularkannya kepada pasangan.
Ada tes yang bisa mendiagnosis herpes kelamin, namun tidak ada obatnya, namun obat-obatan dapat membantu mengurangi gejala, mengurangi wabah, dan menurunkan risiko penyebaran virus ke orang lain.

3. Gonore

Macam macam penyakit kelamin selanjutnya adalah Gonore dan PMS ini paling sering terjadi pada orang dewasa muda. Perlu Anda ketahui bahwa bakteri yang menyebabkan gonore dapat menginfeksi saluran kelamin, mulut, atau anus. Selain itu seseorang bisa terkena gonore saat berhubungan seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang terinfeksi, bahkan pada wanita hamil bisa menularkannya ke bayinya saat melahirkan.

- Apa Sajakah Gejala Gonore?
Gonore tidak selalu menimbulkan gejala, namun pada pria, gonore bisa menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan keluar cairan tidak normal dari Mr P, bahkan jika gonore tidak segera diobati maka bisa menyebabkan masalah dengan prostat dan testikel.

Pada wanita, gejala awal gonore sering ringan, namun nantinya bisa menyebabkan perdarahan antar menstruasi, nyeri saat kencing, dan mengeluarkan cairan yang meningkat dari Miss V dan jika tidak diobati maka bisa menyebabkan penyakit radang panggul yang menyebabkan masalah kehamilan dan ketidaksuburan.

4. HIV

HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus, dan penyakit menular seksual ini sangat membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda dengan menghancurkan sel darah putih, sehingga penyakit ini membuat Anda berisiko terkena infeksi serius dan kanker tertentu.

HIV paling sering menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi dan ini juga bisa menyebar dengan berbagi jarum suntik atau melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, bahkan wanita bisa memberikannya pada bayi mereka selama kehamilan atau persalinan.

Tanda pertama infeksi HIV bisa berupa kelenjar bengkak dan gejala seperti flu dan gejala ini bisa datang dan pergi dalam dua sampai empat minggu dan gejalanya mungkin bisa parah tidak muncul sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian.

5. Sifilis
Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya bakteri Treponema pallidum dan sifilis ini bisa menginfeksi area kelamin, bibir, mulut, atau anus pria dan wanita.

Diketahui seseorang biasanya mendapatkan sifilis dari kontak seksual dengan seseorang yang memilikinya, bahkan bisa juga lewat dari ibu ke bayi saat hamil. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa sifilis memiliki berbagai macam tahapan seperti sifilis primer, sekunder, laten dan tersier dan masing-masing tahapan memiliki gejala yang berbeda-beda.

6. Trichomoniasis
Trichomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya parasit. Diketahui seseorang bisa mendapatkannya melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi. Namun, sayangnya banyak orang tidak memiliki gejala apapun dan jika Anda mengalami gejala, biasanya terjadi dalam 5 sampai 28 hari setelah terinfeksi dan berikut di bawah ini adalah gejala-gejalanya, diantaranya:

Gejala Trichomoniasis Pada Wanita
- Hal ini dapat menyebabkan vaginitis pada wanita
- Keluarnya cairan keputihan berwarna kuning, hijau, abu-abu
- Ketidaknyamanan saat berhubungan seks
- Bau pada Miss V
- Terasa sakit saat buang air kecil
- Gatal di dalam atau di dekat Miss V

Gejala Trichomoniasis Pada Pria
- Kebanyakan pria tidak memiliki gejala, namun biasanya jika pria terinfeksi Trichomoniasis mereka mungkin akan mengeluarkan cairan berwarna putih dari Mr P dan buang air kecil yang menyakitkan atau sulit berejakulasi.

Nah, itulah tadi berbagai macam macam penyakit kelamin pada pria maupun pada wanita dan jika Anda merasa aktif secara seksual dan memiliki gejala-gejala seperti di atas maka Anda bisa menghubungi Kami di Klinik Utama Gracia atau bisa juga dengan menekan tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.