Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit sipilis pada pria maupun wanita adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum dan biasanya sipilis ditularkan lewat berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal, maupun oral dengan seseorang yang telah terinfeksi sipilis.

Namun, terkadang penyakit menular seksual ini bisa juga ditularkan ke orang lain melalui ciuman berkepanjangan atau kontak tubuh yang sangat erat dan meskipun penyakit ini menyebar dari luka akan tetapi sebagian besar luka tersebut tidak dikenali.

Baca Juga: Inilah Macam Macam Penyakit Menular Seksual Pada Pria dan Wanita

Sehingga membuat seseorang yang terinfeksi sering tidak menyadari bahwa ia telah terinfeksi penyakit ini dan tanpa sadar telah menularkannya kepada pasangan seksualnya, selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit sipilis tidak dapat ditularkan lewat berbagi kursi toilet, kenop pintu, air di kolam renang, bak air panas, bak mandi, pakaian bersama, atau peralatan makan karena umumnya ditularkan lewat aktivitas seksual tanpa kondom dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Bahkan penyakit ini juga bisa disebarkan oleh wanita hamil ke pada bayinya dan sipilis jenis ini disebut sipilis kongenital, sehingga bisa mengakibatkan kelainan pada sang bayi dan terkadang bisa menyebabkan kematian pada bayi, lalu apa sajakah yang akan terjadi jika sipilis pada pria dan wanita tidak segera diobati?

Mengerikan, Ini Akibatnya Jika Penyakit Sipilis Pada Pria dan Wanita Tidak Diobati



Jika penyakit sipilis pada pria maupun wanita tidak segera diobati maka tentu saja penyakit menular seksual tersebut dapat menyebabkan masalah serius dan bisa menyebabkan komplikasi dengan berbagai sistem organ tubuh, dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Tentunya hal tersebut dikombinasikan dengan fakta bahwa infeksi sipilis sangat sulit untuk didiagnosis sehingga membuat penyakit sipilis pada pria dan wanita menjadi salah satu penyakit paling berbahaya yang ditularkan secara seksual.

Namun gejala utamanya biasanya tidak melimpah dan mungkin terlihat seperti luka kecil, luka ringan atau benjolan, yang bernama chancre biasanya muncul pada alat kelamin atau pada mulut, selain itu seseorang yang mengalami sipilis bisa melaju ke beberapa tahapan seperti sipilis tahap primer, sekunder, tersier, dan tahap laten.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa komplikasi serius jika penyakit sipilis pada pria dan wanita tidak segera diobati, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Menyebabkan kebutaan

- Menyebabkan demensia

- Mengalami ketulian

- Menyebabkan penyakit jantung

- Menyebabkan Masalah Neurologis

- Menyebabkan stroke dan komplikasi lain yang berhubungan dengan penyebaran infeksi ke otak, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Dan terlebih penyakit sipilis pada pria dan wanita jika tidak segera disembuhkan bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang lainnya. Karena begitu kerusakan internal disebabkan oleh penyakit sipilis maka kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki atau dikembalikan, bahkan setelah disembuhkan dari sipilis itu sendiri dan wanita hamil juga bisa melewati sifilis sampai ke bayi mereka yang belum terlahir.



Lalu, Apa Sajakah Dampak yang Bisa Diakibatkan Sipilis Pada Ibu Hamil?
Dan biasanya sipilis pada ibu hamil ini bisa menyebabkan kelainan pada gigi bayi, masalah pertumbuhan tulang, pembesaran hati, limpa, ginjal, bahkan bisa menyebabkan infeksi pada otak, kegagalan pertumbuhan bayi, menimbulkan kelenjar getah bening, kulit menguning, jumlah darah rendah, dan menimbulkan ruam pada kulit.

Baca Juga: Awas Inilah 4 Tahapan Gejala Sipilis

Selain itu tahukah Anda bahwa sipilis yang tidak diobati pada wanita hamil bisa mengakibatkan kematian janin hingga 40%?, dan kemungkinan ibu hamil yang terinfeksi bisa melahirkan bayi yang telah meninggal tak lama setelah kelahiran, sehingga semua wanita hamil yang aktif secara seksual harus melakukan tes skrining untuk sifilis pada kunjungan prenatal pertama mereka

Tes skrining biasanya diulang pada trimester ketiga kehamilan namun, Jika bayi yang terinfeksi sipilis lahir dan bertahan, maka bayi tersebut bisa berisiko mengalami masalah serius termasuk mengalami kejang dan penundaan perkembangan, namun kabar baiknyanya sifilis pada kehamilan bisa diobati.

Lalu, Tes Apakah yang Digunakan Untuk Mendiagnosis Sipilis Pada Pria dan Wanita?
Diketahui terdapat banyak tes yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit sipilis: yaitu: tes treponemal yang berfungsi untuk mengidentifikasi antibodi terhadap organisme penyebab sipilis dan tes non-treponemal yang berfungsi untuk mengidentifikasi respons tubuh terhadap infeksi tetapi tidak pada organisme itu sendiri.

Selain itu tes darah juga bisa digunakan untuk skrining sifilis disebut tes laboratorium penelitian penyakit kelamin (VDRL) dan uji Rapid Plasminogen Reagent (RPR).
Tes ini berfungsi untuk mendeteksi respons tubuh terhadap adanya infeksi, namun tidak pada organisme Treponema, akan tetapi meskipun ini adalah tes skrining yang baik namun terkadang tes ini tidak cukup spesifik untuk menegakkan diagnosis.

Sejumlah tes berbeda juga tersedia yang berfungsi untuk mendeteksi antibodi terhadap bakteri Treponema pallidum, contohnya adalah tes mikrohemaglutinasi untuk T. pallidum(MHA-TP) dan uji diserap treponemal fluorescent antibodi (FTA- ABS ), namun tes ini dapat mengkonfirmasi diagnosis penyakit sipilis jika tes nontreponemal seperti VDRL atau RPR positif terhadap sipilis.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Sipilis Pada Pria dan Wanita?


Ternyata, tidak ada vaksin yang tersedia untuk mencegah penyakit sipilis, selain itu dengan melakukan praktik seks aman termasuk penggunaan kondom hanya bisa mencegah sifilis jika luka chancre menular berada di area tubuh yang dilindungi oleh kondom, dan mencuci atau douching setelah aktivitas seksual tidak bisa mencegah infeksi.

Dan pada intinya salah satu cara untuk mencegah penyakit sipilis yang paling ampuh adalah tidak melakukan aktivitas seksual dengan banyak pasangan, namun Anda masih tetap bisa melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda yang sudah Anda nikahi. Selain itu sipilis pada ibu hamil dapat dicegah dengan merawat kandungan ibu di awal kehamilannya.

Nah, itulah tadi berbagai macam bahaya jika penyakit sipilis pada pria dan wanita tidak diobati dan jika Anda merasa memiliki penyakit menular seksual tersebut maka ada baiknya segera sembuhkan di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.