Apakah Penyakit Kelamin Itu?

Mungkin kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan apakah penyakit kelamin itu? ya penyakit kelamin adalah penyakit yang tergolong berbahaya atau bisa dikatakan sebagai penyakit menular seksual (PMS) yang paling sering menulari seseorang yang aktif secara seksual dengan banyak pasangan.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa apakah penyakit kelamin itu sangat menular? Ya tentu saja sangat menular bagaimana tidak bahwa penyakit ini bisa menular melalui berbagai macam aktivitas seksual, seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi PMS.

Bahkan dalam beberapa kasus penyakit kelamin bisa menular dari ibu hamil kepada bayinya, sehingga sangat penting bagi Anda dan pasangan yang aktif secara seksual untuk rutin melakukan pemeriksaan PMS secara rutin setiap tahunnya.

Apakah penyakit kelamin itu? penyakit kelamin adalah penyakit yang umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual tanpa menggunakan kondom akan tetapi penggunaan kondom juga masih bisa berisiko untuk terinfeksi PMS, sehingga salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan tidak melakukan hubungan seks.

Ternyata perlu Anda ketahui juga bahwa menurut sebuah penelitian PMS disebabkan oleh sekitar 30 jenis virus atau bakteri dan parasit yang bertahan dan menyebar melalui hubungan seksual dan apakah penyakit kelamin itu sudah ada selama ratusan tahun yang lalu, ya ternyata PMS sudah ada kurang lebih selama ratusan tahun yang lalu.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa terdapat 19 juta kasus penyakit menular seksual setiap tahunnya sehingga menjadikan perhatian dunia yang sangat serius.

Bahkan salah satu jenis penyakit menular seksual yang tidak segera diobati diperkirakan menyebabkan setidaknya 24.000 wanita menjadi tidak subur setiap tahunnya, jadi bisa dikatakan bahwa penyakit kelamin merupakan penyakit paling mengerikan di dunia ini.

Macam-Macam Penyakit Menular Seksual Beserta Gejalanya

1. Sifilis
Jenis penyakit menular seksual yang pertama adalah penyakit sifilis dimana penyakit ini disebabkan oleh adanya virus yang bernama Treponema pallidum dimana virus ini paling umum menyebar melalui berbagai macam aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Selain itu biasanya penyakit sifilis bisa menimbulkan gejala tergantung pada dimana tahapan sifilis terjadi, contohnya saja pada tahap sekunder sifilis dapat menyebabkan ruam pada tubuh yang tidak terasa gatal dan ruam tersebut bisa terjadi pada telapak tangan, kaki dan biasanya pada tahap akhir menjadi tahap yang sangat mengerikan karena bias menimbulkan berbagai macam masalah serius.

Sehingga kemungkinan besar bisa merusak fungsi tubuh yang berbeda-beda dan bahkan bisa menyebabkan masalah mental dan neurologis, penyakit jantung, kebutaan dan akhirnya bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

Sehingga ada baiknya jika Anda merasa memiliki penyakit sifilis maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.

2. Gonore
Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual dimana disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae dan sama halnya seperti penyakit sifilis yang ditularkan melalui berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore.

Perlu Anda ketahui juga bahwa penyakit gonore yang tidak segera disembuhkan bisa menyebabkan masalah serius bahkan bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang bagi kesehatan dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejalanya:

- Mengalami Uretra atau saluran kemih terasa tidak nyaman

- Terasa nyeri saat berkemih

- Terasa panas seperti terbakar saat berkemih

- Air urin berbau dan berwarna keruh

- Nyeri pada bagian rektum

- Sakit pada bagian pinggang

- Nyeri di bagian perut

- Air urin bercampur nanah

- Merasakan anyang anyang

- Lubang uretra membengkak dan merah

Sehingga ada baiknya jika Anda merasa memiliki apakah penyakit kelamin itu gonore maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan yang paling tepat.

3. Kutil Kelamin
Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual lainnya yang umumnya disebabkan oleh adanya salah satu virus yang bernama human papillomavirus (HPV) yang umumnya ditularkan melalui berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Biasanya kutil kelamin akan muncul setelah beberapa minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah seseorang terinfeksi virus human papillomavirus (HPV) tersebut.

Selain itu gejala awal kutil kelamin seperti timbulnya kutil pada area kemaluan yang bisa berukuran kecil atau besar, berdaging, seperti benjolan ataupun memiliki bentuk seperti kembang kol dan dalam beberapa kasus kutil kelamin bisa berukuran kecil sehingga sangat sulit untuk dikenali.

4. Chlamydia
Chlamydia adalah jenis penyakit kelamin yang umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Chlamydia trachomatis (C. trachomatis) dan bakteri ini paling umum ditularkan melalui berbagai macam aktivitas seksual selain itu bakteri tersebut bisa hadir pada beberapa bagian tubuh seperti pada, serviks, uretra, Miss V, dan pada rektum

Selain itu perlu Anda catat bahwa jika tidak segera diobati dengan tepat waktu dan benar, maka Chlamydia kemungkinan besar dapat merusak sistem reproduksi dan membahayakan kemampuan untuk wanita untuk hamil dan juga dapat mempengaruhi rahim dan saluran tuba yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID).

Biasanya pada wanita yang mengalami Chlamydia mungkin tidak memiliki gejala, akan tetapi gejala-gejala tersebut akan muncul 5 sampai 10 hari setelah seseorang terinfeksi dan berikut di bawah ini adalah gejala apakah penyakit kelamin itu Chlamydia diantaranya:

- Mengalami rasa sakit pada perut

- Mengalami keputihan tidak normal dibarengi dengan bau busuk, berwarna kuning dalam intensitas yang berlebihan

- Mengalami pendarahan di antara periode

- Mengalami demam ringan

- Terasa sakit saat berhubungan seksual dan saat melakukannya mengeluarkan pendarahan setelahnya

- Merasa seperti terbakar saat berkemih

- Area Miss V dan anus membengkak

- Perlu Anda ketahui bahwa seseorang wanita yang mendapatkan infeksi Chlamydia di anus maka dapat menyebabkan gejala seperti sering keluar cairan tidak normal pada anus

- Sedangkan pada pria bisa mengeluarkan cairan tidak normal dari Mr P seperti nanah ataupun cairan berwarna kuning atau hijau

- Mengalami pembengkakan pada testis dan nyeri tertekan
- Sakit pada tenggorokan yang umumnya disebabkan oleh seks oral

Saya Terinfeksi Penyakit Kelamin Dimanakah Saya Bisa Berobat?

Jika Anda aktif secara seksual dan merasa memiliki salah satu jenis apakah penyakit kelamin itu maka sudah saatnya Anda untuk berobat di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami sebenarnya menjawab kebutuhan masyarakat mengenai penyakit kelamin.

Apa lagi saat ini cukup banyak penyakit menular seksual yang ditemukan tanpa adanya deteksi dini sehingga membuat seseorang tanpa sengaja telah menularkannya pada pasangan seksualnya dan kehadiran Klinik Gracia Utama Gracia untuk membantu Anda dalam menangani penyakit kelamin dan menemukan penyakit kelamin apa yang sedang Anda derita dan tenang saja karena privasi Anda akan tetap terjaga karena hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup penting buat Kami atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.