uretritis adalah

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Penyakit uretritis adalah penyakit yang membuat rasa ketidaknyamanan yang disertai dengan proses radang pada uretra yang dapat tumbuh menjadi fase kronis. Dan kondisi ini sering menyebabkan perkembangan komplikasi, seperti infertilitas laki-laki dan juga disfungsi ereksi. Oleh sebab itu, setiap bentuk peradangan , terutama peradangan kronis, perlu ditangani secara serius.

Uretritis Adalah

Uretritis adalah suatu kondisi infeksi yang terjadi pada uretra atau peradangan yang terjadi pada saluran kencing. Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa sakit saat ingin buang air. Hal tersebut merupakan suatu kondisi dimana uretra yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh menjadi radang atau iritasi.

Baca juga: Keputihan pada pria

Umumnya, urethritis disebabkan karena infeksi jamur dan bakteri. Wanita memiliki kekhawatiran yang lebih besar untuk menderita urethritis, karena panjang uretra mereka lebih pendek dari pada pria. Urethritis itu sendiri berbeda dengan penyakit infeksi saluran kencing. Mungkin keduanya memiliki gejala yang hampir sama, namun memerlukan metode pengobatan yang berbeda.

Penyebab Urethritis

Secara umum, urethritis sendiri disebabkan dari infeksi bakteri dan juga virus. Bakteri merupakan penyabab paling umum. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi kandung kemih, ginjal dan juga dapat menyebabkan infeksi pada lapisan uretra. Bakteri yang ditemukan secara alami di genital area juga dapat menyebabkan urethritis.

Bakteri yang sering menyebabkan urethritis meliputi;
  • Gonococcus, menyebabkan gonore dan menular.
  • E.coli dan bakteri lainnya yang hadir dalam tinja atau kotoran.
  • Chlamydia trachomatis, menyebabkan klamidia dan menular.

Gejala Urethritis

• Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Sakit saat melakukan hubungan seksual.
  • Rasa sering buang air kecil.
  • Keluarnya darah pada urin.

Mencegah Uretritis Adalah

Secara umum, bakteri yang dapat menyebabkan urethritis ini dapat ditularkan ke orang lain melalui hubungan atau kontak seksual. Oleh sebab itu, melakukan hubungan seksual yang aman merupakan salah satu cara pencegahan.