Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

Vagnitis adalah Peradangan pada vagina. Kata vaginitis berasal dari bahasa Latin, yaitu vagina (lubang kemaluan wanita) dan kata -itis yang memiliki arti peradangan. Peradangan vagina dapat diakibatkan oleh banyak faktor, yaitu infeksi oleh bakteri, virus, jamur, gangguan keseimbangan hormon maupun alergi. Oleh karena penyebabnya berbeda, maka pengobatan juga berbeda-beda.

Jenis penyakit vaginitis yang sering dialami oleh wanita antara lain vaginosis bakterialis, trikomoniasis, kandidiasis vulvavagina dan vaginitis atrofi.

Penyebab Vaginitis

A. Vaginosis Bakterialis

Gejala Vaginosis Bakterialis

1. Tidak ditandai dengan gejala: 50% penderita setelah di diagnosis tidak merasakan gejala apapun. Hasil pemeriksaan cairan vagina secara medis melalui mikroskopis ditemukan bakteri anaerob.
  2. Bau amis dan tidak sedap: Gejala ini paling sering dan yang paling mengganggu serta dikeluhkan oleh penderita. Bau amis akan semakin terasa setelah berhubungan seksual dan ketika sedang menstruasi.
  3. Cairan vagina berwarna keabu-abuan: Cairan vagina normal berwarna bening hingga putih. Perubahan warna cairan vagina dapat menjadi salah satu tanda peradangan vagina
  4. Pada kemaluan terasa gatal, tetapi keluhan ini jarang ditemukan.
  5. Tidak ditemukan rasa nyeri maupun kemerahan pada vagina.

Penyebab Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis merupakan salah satu penyebab peradangan vagina. Penyakit ini dapat menyerang 10-30% wanita pada masa subur. Pada vagina yang sehat, ada bakteri lactobacillus yang merupakan flora normal pada vagina. Bakteri Lactobacillus bersifat asam serta berfungsi melindungi vagina dari bakteri-bakteri anaerob (bakteri yang tidak memerlukan oksigen untuk berkembang biak).

Apabila bakteri lactobacillus lebih sedikit dari bakteri-bakteri anaerob, maka kemungkinan dapat terjadi vaginosis bakterialis. Bakteri yang dapat menjadi penyebab vaginosis bakterialis adalah Mycoplasma hominis, Gardnerella vaginalis dan bakteri anaerob lainnya.

Beberapa faktor yang mengakibatkan kenapa terserang penyakit ini adalah:

1. Sosial ekonomi rendah.
  2. Sering mencuci vagina menggunakan bahan-bahan yang mengandung antiseptik.
  3. Penggunaan alat kontrasepsi KB spiral/IUD.
  4. Penggunaan spermisida dalam dosis tinggi.
  5. Hubungan seksual beresiko tanpa menggunakanpengaman.

B. Trikomoniasis

Gejala Trikomoniasis

1. Tidak ditandai dengan gejala.
  2. Bau busuk tidak sedap.
  3. Cairan vagina berbusa dan berwarna kuning sampai kehijauan.
  4. Terdapat iritasi atau kemerahan pada kemaluan.
  5. Terasa nyeri ketika berhubungan seksual.
  6. Terasa nyeri ketika sedang berkemih.

Penyebab Trikomoniasis

Penyakit trikominiasis penyebabnya adalah terkena infeksi dari parasit Trichomonas vaginalis. Trichomonas vaginalis adalah salah satu penyakit seksual menular yang mudah menyebar kepada orang lain. Penyakit ini biasanya ditemukan tidak sengaja ketika penderita sedang melakukan pemeriksaan medis Pap smear.

Beberapa faktor yang mengakibatkan kenapa terserang penyakit ini adalah:

1. Sosial ekonomi rendah.
  2. Berganti-ganti pasangan seksual.
  3. Hubungan seksual tanpa pengaman.

C. Kandidiasis vulvavagina

Gejala Kandidiasis Vulvavagina

1. Terasa gatal pada vagina.
  2. Terdapat kemerahan di kemaluan.
  3. Cairan vagina berwarna putih dan kental.
  4. Rasa seperti terbakar pada kemaluan.
  5. Terasa nyeri ketika sedang berkemih.
  6. Terasa nyeri ketika sedang berhubungan seksual.

Penyebab Kandidiasis vulvavagina

Penyakit kandidiasis vulvavagina penyebabnya adalah terkena infeksi jamur Candida, sp. Berdasarkan hasil penelitian, 75% wanita pernah mengalaminya, 40-45% mengalami keluhan yang berulang. Candida sp. adalah salah satu flora normal yang terdapat pada kulit manusia. Jamur dapat berkembang menjadi penyakit apabila keadaan dan kondisi yang mendukung.

Beberapa kondisi tersebut antara lain penggunaan antibiotik dalam jangka panjang, hamil, kencing manis yang tidak terkontrol, dan imunitas rendah.

D. Kandidiasis Vaginitis Atrofi

Gejala Vaginitis Atrofi

1. Keluhan dirasakan pada saat masa menopause.
  2. Terdapat iritasi dan kemerahan pada kemaluan.
  3. Nyeri ketika sedang berhubungan seksual dan vagina kering.
  4. Cairan vagina berwarna kuning kehijauan tetapi tidak berbau.
  1. Merekomendasikan pengobatan vaginitis—Teknologidiagnostik yang modern

Penyalahgunaan obat pencuci vagina, dapat menyebabkan kekambuhan berulang, memperburuk gejala, mempengaruhi kualitas hidup wanita. Klinik Utama Gracia menggunakan teknologi yang modern, dengan teknologi peralatan yang canggih, mengulang kembali pengobatan vaginitis, sehingga para wanita tidak sakit lagi.

1. 3Kelebihan teknologi canggih pengobatan vaginitis
  1. Penentuan posisi yang akurat : Orientasi baru dari system deteksi sel, untuk mendeteksi pathogen, pemeriksaan efektif, pemeberian pengobatan yang efektif.
  1. Lebihefisien : pengobatanyang efisien, memulihkan lingkungan mikroflora vagina, aman tidak menyebabkan luka, tidak sakit, tidak ada resistensi terhadap obat.
  1. Efek pengobatan yang baik : Efektif membunuh bakteri, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, pemulihan alami fungsi kekebalan tubuh.

(Silahkan Klik untuk konsultasi mengenai pengobatan vaginitis)

1. Klinik Ginekologi Utama Gracia memberikan pengobatan yang aman untuk anda
  1. Pengobatan spesialis yang lebih otoratif : Klinik Utama Gracia di Jakarta-teknologi modern, para ahli yang lebih otoratif.
  1. Menjaga kerahasiaan pasien : reservasi online, satu dokter satu pasien, menjaga kerahasiaan para wanita.

1. Pengobatan secara ilmiah : Pengobatan terbaru, efektifitas pengobatan, memperoleh kepercayaan dari teman wanita.
  1. Biaya yang transparan : Biaya yang spesifikasi dari Klinik Utama Gracia, pemberian resep yang rasional.

(Saran para ahli) : Keadaan penyakit setiap orang berbeda, kemungkinan metode pengobatan juga berbeda, rekomendasi ke rumah sakit setelah sakit, berdasarkan keadaan pengobatan gejala. Jika anda besedia, anda bisa reservasi gratis melalui website kami, setelah sampai ke klinik kami dapat berkonsultasi dengan dokter kami.