Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Apa yang menjadi pembeda antara disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada seorang pria? Ada beberapa anggapan yang dimiliki oleh sebagian besar orang dengan kedua keluhan disfungsi seksual tersebut. Tidak jarang jika seseorang yang memiliki keluhan tersebut juga beranggapan negatif dengan kondisinya, namun ini juga tidak selalu dapat dikatakan benar.

Ada beberapa faktor yang menjadi pembeda antara disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada pria, dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

Pengertian Dan Gejala Yang Anda Alami

1. Disfungsi ereksi
 
Disfungsi ereksi atau impotensi merupakan masalah kesehatan pada fungsi seksual seorang pria yang umum dan ditandai dengan ketidakmampuan secara konsisten untuk mendapat serta mempertahankan ereksinya selama hubungan seksual. Tidak jarang jika keluhan ini juga dapat dirasakan sesekali atau bertahap dalam jangka panjang.
 
2. Ejakulasi dini
 
Ejakulasi dini atau ED juga termasuk dalam disfungsi seksual yang sering dialami pada pria. Dan dalam pengertiannya sendiri, ejakulasi dini adalah kondisi dimana pria mengalami klimaks atau ejakulasi yang terjadi secara lebih cepat dari yang diinginkan atau yang dibutuhkan dalam melakukan kontak seksual. Jika ejakulasi Anda terus berlangsung secara cepat terus menerus tentu ini akan mempengaruhi fungsi seksual seseorang.

Penyebab Keluhan Disfungsi Seksual Anda


Secara tidak langsung penyebab dari kedua keluhan disfungsi seksual seperti impotensi atau disfungsi ereksi dan ejakulasi dini ini memiliki kondisi penyebab yang tidak jauh berbeda. Hal ini terjadi karena keduanya juga saling mempengaruhi atau saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya yang menyebabkan seorang pria memiliki keluhan disfungsi ereksi atau ejakulasi dini :

Baca Juga : Disfungsi Ereksi Adalah Masalah Seksual Pria

Penyebab fisik

• Tingkat hormon pria yang rendah.
• Obat resep (antidepresan, obat tekanan darah tinggi, atau obat diabetes).
• Gangguan pembuluh darah seperti aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) atau tekanan darah tinggi.
• Stroke atau kerusakan saraf akibat diabetes maupun pembedahan.
• Merokok aktif.
• Alkoholisme dan penyalahgunaan narkoba.

Penyebab psikologis

• Kekhawatiran tentang kinerja seksual.
• Masalah pernikahan atau hubungan dengan pasangan.
• Depresi, perasaan bersalah, rasa takut berlebih.
• Efek trauma seksual masa lalu.
• Stres dan kecemasan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan?

Ketika Anda mulai menyadari adanya sebuah gejala yang dirasakan atau muncul secara berulang saat akan mulai melakukan kontak seksual. Ada beberapa hal umum yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda menangani keluhannya sebelum mendapatkan perawatan medis secara tepat. Coba lakukan beberapa saran berikut :
 
• Lakukan senam kegel atau latihan dasar otot panggul.
• Praktikan metode stop and start.
• Mulailah dengan santai.
• Dapatkan stimulasi yang cukup untuk merangsang gairah seksual Anda.
• Komunikasikan dengan pasangan Anda dengan baik.
 
Praktik tersebut menang tidak selalu dapat dijadikan sebagai patokan untuk menyembuhkan keluihan disfungsi seksual seorang pria, namun biasanya itu akan efektif untuk membantu Anda ketika masih dalam kondisi awal sebelum parah. Anda juga perlu sesegera mungkin untuk melakukan konsultasi dan bantuan medis jika tindakan pencegahan atau teknik secara pribadi tidak dapat memberikan perubahan kondisi pada keluhan Anda.

Efek Disfungsi Ereksi Dan Ejakulasi Dini


Efek kesehatan baik secara fisik maupun psikis dapat muncul akibat dari adanya masalah fungsi seksual seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Beberapa diantaranya juga mungkin akan lebih akan mengalami efek jangka pendek maupun jangka panjang secara bersamaan. Ketika beberapa keluhan disfungsi seksual Anda seperti disfungsi ereksi dan ejakulasi dini sudah mulai mulai mempengaruhi sistem dan fungsi seksual Anda.

Yang Anda butuhkan adalah pemeriksaan di Klinik Utama Gracia, karena klinik kami adalah layanan kesehatan genital yang didukung dengan tenaga dan peralatan medis berstandar modern dan canggih untuk menunjang setiap prosedur klinis kami. Akses konsultasi dengan dokter kami bisa Anda dapatkan melalui chat online atau teledokter di nomor 081336361555 gratis!

Ini adalah bagian dari layanan prioritas kami untuk Anda. Jangan tunda lagi! Konsultasi untuk kesehatan organ reproduksi Anda.

Baca Juga : Ejakulasi Dini Adalah Disfungsi Seksual Laki-Laki


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.