Penyakit kelamin pria adalah jenis umum dari penyakit menular seksual (PMS) termasuk Chlamydia, gonore (kencing nanah), Trichomoniasis dan herpes genital. Beberapa PMS yang paling umum pada pria kemungkinan tidak adanya tanda dan gejala. PMS atau infeksi menular seksual (IMS) dapat menyerang atau menular pada siapa saja akan tetapi tanda dan gejalanya bisa berbeda pada pria.

Apa Pengertian Penyakit Kelamin Itu?

Sangat penting setiap pria mengetahui tanda dan gejala IMS yang umum karena lebih kecil kemungkinan terjadi dan harus mendapatkan tes atau pengujian infeksi ini. Dengan adanya pengobatan sejak awal, seseorang dengan IMS memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik lagi. Beberapa IMS yang paling umum pada pria dan harus mengkonsultasikan tanda dan gejalanya pada dokter, agar pencegahan dan ditentukan pengobatan tepat.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Kelamin?

Penyakit kelamin pria dapat disebabkan oleh berbagai jenis mikroorganisme termasuk virus, bakteri dan parasit. Infeksi virus yang ditularkan secara seksual termasuk Human Papilloma Virus (HPV), Human Immunodeficiency Virus (HIV), Herpes Simpleks Virus (HSV), hepatitis B dan hepatitis C serta Human Herpes Virus tipe 8 (HHV-8).

Infeksi bakteri yang ditularkan secara seksual termasuk sipilis, gonore (kencing nanah) dan klamidia. Trichomonas adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh parasit. Dapat ditularkan melalui kontak dekat dan dapat diperoleh selama aktifitas seksual. Seseorang dapat tertular virus Zika melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi dan virus Zika dapat ditularkan ke orang lain melalui kontak seksual.

Baca Juga : Alasan Dan Dampak Infeksi Penyakit Kelamin Wanita!

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Kelamin Pria?

Pada kebanyakan PMS ditandai dengan gejala yang mirip dengan flu pada tahap awal sehingga sulit untuk mengidentifikasi IMS nya. Penyakit kelamin pria gejalanya biasanya disadari dengan adanya benjolan atau ruam pada alat kelamin, keluarnya cairan, rasa tidak nyaman atau terasa gatal pada penis atau testis dan rasa sakit saat kencing atau saat ejakulasi. Bahkan infeksi penyakit kelamin pria tanpa gejala dapat memiliki efek jangka panjang jika tidak segera diobati. Gejala penyakit kelamin pria diantaranya adalah :

• Tanpa adanya gejala atau tidak mengalami gejala sama sekali.
• Adanya lepuhan disekitar penis.
• Adanya bintik-bintik, benjolan atau luka pada penis.
• Debit yang berwarna bening, putih dan kuning.
• Cairan dari ujung penis yang tebal dan tipis.
• Kencing yang menyakitkan.
• Ejakulasi yang menyakitkan.
• Terasa gatal di ujung penis.
• Terdapat ruam pada penis, testis atau pangkal paha.

Gejala penyakit kelamin pria biasanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk berkembang akan tetapi bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu. Infeksi akan terus berkembang meskipun gejalanya tidak nampak. Karena pria sering kali tidak menunjukkan adanya gejala, salah satu cara untuk memastikan penyakitnya adalah dengan melakukan tes atau pengujian secara teratur terutama setelah berhubungan seksual tanpa kondom.

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Kelamin?

Banyak IMS didiagnosis berdasarkan riwayat klinis dan temuan fisik yang khas. Herpes dan sipilis (raja singa) adalah 2 kondisi yang dapat menghasilkan tanda dan gejala yang dapat diidentifikasi. Seringkali didiagnosis infeksi tergantung pada identifikasi organisme. Sejumlah tes atau pengujian yang berbeda untuk PMS pada pria yang didasarkan pada deteksi protein permukaan organisme atau bahan genetik organisme.

Bagaimana Mengobati Penyakit Kelamin Yang Cepat?

PMS yang disebabkan oleh bakteri seperti Chlamydia, gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa) biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Trikomoniasis dapat disembuhkan dengan obat-obatan efektif yang menghilangkan parasit. PMS virus seperti infeksi HPV tidak ada pengobatan untuk infeksi HPV, meskipun umumnya tidak menimbulkan masalah.

Kutil kelamin dapat diobati dengan penghancuran dan pengangkatan. Pengobatan antivirus dapat digunakan untuk mengelola infeksi jangka panjang akan tetapi tidak dapat menyembuhkan infeksi. Pengobatan HIV dapat mengelola infeksi akan tetapi tidak dapat menyembuhkannya. Infeksinya dapat bertahan seumur hidupnya, meskipun pengobatan antivirus dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi gejala.

Pengobatan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia dengan ditangani langsung oleh dokter dan dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Hubungi kami di nomor 081336361555 untuk melakukan pengobatan. Atau konsultasikan seperti dibawah ini.