Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Penyakit herpes pada wanita adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) yang menginfeksi kulit dan selaput lendir alat kelamin dan terkadang di sekitar pembukaan rektum. Masa inkubasi biasanya sekitar 1 minggu akan tetapi bisa lebih lama. Gejala utamanya biasanya berupa bercak kemerahan pada genital atau anus (atau bibir).

Bisa dengan cepat berganti menjadi lepuhan yang diisi dengan cairan berwarna. Kemungkinan akan merasakan kesemutan atau terasa terbakar. Seringkali kelenjar di selangkangan membengkak. Pada kedua jenis kelamin, kencing bisa terasa menyakitkan saat adanya lepuhan. Kemungkinan adanya demam. Pada wanita terkadang mendapatkan sedikit keputihan.

Lepuhan kemudian akan pecah dan berubah menjadi borok kecil yang akan sembuh setelah 2 minggu hingga 3 minggu tanpa bekas luka. Itu semua tidak berarti virus telah hilang dari tubuh. Biasanya akan terjadi fase mundur ke saraf yang memasok area yang terkena. Kemungkinan dapat menyebabkan serangan baru dalam beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Namun ada kecenderungan serangan yang menjadi lebih ringan seiring berjalannya waktu.

Apa Itu Penyakit Herpes Pada Wanita?


Penyakit herpes pada wanita adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Infeksi ini dapat mengganggu. Pada kebanyakan orang tidak pernah memiliki gejala, atau gejalanya sangat ringan sehingga orang tersebut tidak mengetahuinya bahwa terinfeksi. Akan tetapi pada beberapa orang, infeksi tersebut dapat menyebabkan gejala gatal dan nyeri yang sesekali terjadi di aera genital.

Setelah gejala pertama, virus penyakit herpes akan tetap berada di sel-sel daraf di bawah kulit dan menjadi tidak aktif. Biasanya menjadi aktif kembali dari waktu ke waktu, berjalan ke kulit dan menyebabkan lebih banyak luka. Hal-hal ini bisa terjadi dari stress, penyakit, pasangan seksual baru atau menstruasi yang dapat memicu gejala baru. Seiring berjalannya waktu, gejalanya lebih sering terjadi dan lebih cepat sembuh serta tidak terlalu sakit.

Baca Juga : Ketahui Sejak Dini Tanda dan Ciri Ciri Herpes

Apa Saja Penyebab Penyakit Herpes Pada Wanita?


Penyakit herpes disebabkan oleh virus, baik itu Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1) atau Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2). Salah satu virus yang dapat menyebabkan luka pada bibir (luka) dan luka pada alat kelamin. Tipe 1 lebih sering menyebabkan luka, sedangkan tipe 2 lebih sering menyebabkan luka genital.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Pada Wanita?

Gejala penyakit herpes pada wanita dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Pada kebanyakan orang tidak pernah memiliki gejala apapun. Terkadang gejalanya sangat ringan sehingga orang kemungkinan tidak melihatnya atau tidak mengenalinya sebagai tanda atau gejala penyakit herpes. Untuk orang-orang yang mengetahui infeksinya, umumnya muncul sekitar 2 hari hingga 14 hari setelah terkena penyakit herpes genital.

Beberapa orang akan memiliki gejala lepuhan yang gatal dan menyakitkan pada penis atau disekitar pembukaan vagina. Ketika lepuhan pecah dan berubah menjadi cairan, luka dangkal yang membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk sembuh. Terkadang setiap orang terutama wanita memiliki gejala seperti flu, demam, sakit kepala dan nyeri otot. Kemungkinan juga akan melihat keluarnya cairan yang abnormal (tidak normal) dan rasa sakit ketika kencing. Infeksi penyakit herpes genital dapat parah pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rusak seperti seseorang yang memiliki HIV.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes Pada Wanita?


Dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes genital dengan melakukan pemeriksaan. Selain itu, akan menanyakan mengenai gejala dan faktor risiko yang merupakan hal-hal yang membuat terkena infeksi. Jika ini adalah gejala utama, dokter dapat mengambil sampel jaringan dari rasa sakit untuk dilakukan pengujian atau tes. Pengujian atau tes dapat membantu dokter dalam memastikan jika Anda menderita penyakit herpes, dan kemungkinan akan dilakukan pengujian atau tes darah.

Pengobatan Untuk Penyakit Herpes Pada Wanita


Meskipun penyakit herpes pada wanita tidak ada obatnya, namun obat-obatan dapat menghilangkan rasa sakit dan rasa gatal serta membantu luka lebih cepat untuk sembuh. Jika memiliki banyak gejala, maka dapat melakukan pengobatan untuk membatasi jumlah gejala. Setelah gejala pertama, beberapa orang hanya memiliki beberapa gejala lagi sepanjang hidupnya.

Sementara yang lainnya kemungkinan memiliki 4 gejala hingga 6 gejala dalam 1 tahun. Biasanya jumlah gejala akan berkurang setelah beberapa tahun. Pengobatan yang bekerja paling baik jika dilakukan dengan segera setelah munculnya gejala. Terutama gejala yang terjadi secara berulang atau kambuh kembali.

Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia untuk menangani berbagai gejala yang Anda alami. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit herpes pada wanita. Dengan menghubungi nomor berikut ini 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di klinik kami. Atau dengan melakukan konsultasi dibawah ini secara gratis.

Baca Juga : Apa Itu Herpes? Pengertian, Penyebab, Mengobati


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.