Meskipun tidak ada obat penyakit herpes, namun ada banyak cara untuk mengobati gejala dan mengelola infeksi. Penyakit herpes adalah virus umum yang menyebabkan luka pada alat kelamin dan mulut. Penyakit herpes dapat mengganggu dan menyakitkan, akan tetapi biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penyakit herpes dapat muncul di berbagai tubuh dan paling sering pada alat kelamin atau mulut.

Apa Itu Penyakit Herpes?

Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah infeksi yang menyebabkan penyakit herpes. Ada 2 jenis Herpes Simpleks Virus (HSV). HSV tipe 1 paling sering menginfeksi bibir dan menghasilkan luka atau lepuhan dan demam, akan tetapi dapat juga menyebabkan penyakit herpes genital. HSV tipe 2 adalah penyebab penyakit herpes genital yang biasa, akan tetapi juga dapat menginfeksi mulut. HSV tetap berada dalam sel saraf tubuh yang terinfeksi seumur hidup dan dapat menghasilkan gejala seperti kematian.

Penyebab Penyakit Herpes Yang Umum

Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah virus menular yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Dan kemudian akan membawa virus bersama selama sisa hidupnya.

Baca Juga : Kenali Saat Terinfeksi Penyakit Herpes Pada Wanita

• Herpes Simpleks Virus Tipe 1 (HSV-1)

Infeksi HSV-1 dapat terjadi dari interaksi umum seperti :

• Makan dari peralatan yang sama.
• Berbagi lip balm.
• Ciuman.

Virus menyebar lebih cepat ketika orang yang terinfeksi mengalami gejala. Dimana saja pada orang dewasa seropositif untuk HSV-1, meskipun kemungkinan tidak pernah mengalami gejala. Kemungkinan juga untuk tertular penyakit herpes genital dari HSV-1 jika seseorang yang melakukan seks oral menderita luka selama masanya.

• Herpes Simpleks Virus Tipe 2 (HSV-2)

HSV-2 dikontrak melalui bentuk kontak seksual dengan seseorang yang menderita HSV-1. Diperkirakan orang dewasa yang aktif secara seksual terinfeksi HSV-2. Sementara infeksi HSV-2 menyebar melalui kontak dengan penyakit herpes, pada kebanyakan orang mendapatkan HSV-1 dari orang yang terinfeksi tanpa adanya tanda dan gejala atau tidak memiliki luka.

Kenali Tanda Dan Gejala Penyakit Herpes

Tanda dan gejala penyakit herpes genital yang paling umum adalah sekelompok lepuhan yang gatal atau nyeri pada vagina, vulva, serviks (leher rahim), penis, pantat, dubur atau bagian dalam paha. Lepuhan pecah dan berubah menjadi luka kemungkinan memiliki tanda dan gejala juga seperti :

• Terasa terbakar saat kencing jika urine menyentuh luka penyakit herpes.
• Kesulitan kencing karena luka dan pembengkakan menghalangi uretra.
• Terasa gatal.
• Terasa sakit di sekitar alat kelamin.

Jika penyakit herpes genital disebabkan oleh HSV-2, ada kemungkinan juga memiliki gejala seperti flu, atau seperti :

• Pembengkakan kelenjar di area panggul (pelvic), tenggorokan dan dibawah lengan.
• Demam.
• Panas dingin.
• Sakit kepala.
• Merasa pegal dan lelah.

Bagaimana Penyakit Herpes Didiagnosis

Jenis virus ini umumnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Dokter kemungkinan memeriksa luka di tubuh dan menanyakan beberapa gejala. Dokter juga dapat melakukan pengujian atau tes untuk HSV. Ini akan mengkonfirmasi diagnosis jika memiliki luka pada alat kelamin. Selama tes atau pengujian, dengan diambil sampel cairan dari luka dan kemudian mengirimkannya ke laboratorium. Tes atau pengujian darah untuk mencari antibodi terhadap HSV-1 dan HSV-2 juga dapat membantu mendiagnosis infeksi ini dan sangat membantu ketika tidak adanya luka.

Inilah Obat Penyakit Herpes Yang Ampuh

Obat penyakit herpes membuat tanda dan gejalanya hilang lebih cepat atau untuk mencegah kambuh kembali dengan sesering mungkin. Dokter akan memberi tahu mengenai opsi pengobatan atau obat penyakit herpes terbaik untuk permasalahan penyakit Anda. Jika mengalami adanya tanda dan gejala, dokter akan memberikan obat penyakit herpes untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, obat penyakit herpes juga dapat membantu meringankan rasa sakit dengan :

• Mandi air hangat.
• Menjaga area genital tetap kering (kelembaban membuat luka lebih lama).
• Kenakan pakaian berbahan lembut dan longgar.
• Melakukan kompres dengan es pada luka.
• Menggunakan obat penyakit herpes atau pereda nyeri.

Anda tidak perlu khawatir, karena Klinik Utama Gracia menangani keluhan dan permasalahan Anda. Anda bisa melakukan pengobatan penyakit herpes di Klinik Utama Gracia yang sangat merekomendasi. Anda cukup dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan chat konsultasi dibawah ini.