Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus. Pada kebanyakan orang dengan herpes tidak memiliki gejala herpes kelamin dan tidak tahu bahwa memilikinya. Herpes genital disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Ini dapat ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui seks penetrasi oral, vagina dan anal serta kontak kulit ke kulit. HSV adalah kondisi jangka panjang yang dapat diobati akan tetapi tidak sembuh.

Herpes Kelamin Adalah

Herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Ada 2 jenis virus, yaitu :
• Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1), ini adalah virus yang paling umum menyebabkan luka di bibir atau wajah.
• Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2), ini adalah virus yang paling umum ditularkan melalui kontak seksual.

Apa Yang Menyebabkan Herpes Kelamin?


Herpes kelamin ditularkan melalui kontak kulit ke kulit yang dekat. Terkadang dapat menyebar atau menular bahkan ketika seseorang dengan infeksi tidak memiliki gejala virus (tidak ada lepuhan atau luka). HSV juga dapat ditularkan selama seks oral dari luka di mulut ke area genital. Virus memasuki tubuh melalui celah-celah kecil di kulit atau melalui lapisan lembut mulut, vagina, anus, uretra (saluran kemih) dan dibawah kulit khatan.

Herpes kelamin paling menular dari gejala herpes kelamin yang pertama yaitu luka yang berkembang (termasuk kesemutan dan mati rasa) sampai keropengnya hilang. Seseorang tidak dapat menularkan herpes kelamin kecuali memiliki kontak kulit ke kulit dengan area yang terinfeksi. Herpes kelamin dapat menjadi tidak aktif dalam tubuh untuk waktu yang lama dan pada kebanyakan orang tidak menyadari jika memiliki virus. Herpes kelamin dapat terjadi bahkan dalam hubungan monogami jangka panjang.

Baca Juga : Begini Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami dan Mudah

Tanda Dan Gejala Herpes Kelamin Pada Umumnya

Pada kebanyakan orang yang menderita herpes memiliki gejala herpes kelamin ringan atau bahkan tidak ada gejala herpes sama sekali, akan tetapi beberapa orang sangat terpengaruh. Gejala herpes kelamin bervariasi dari orang ke orang. Ini adalah gejala herpes kelamin :
 
• Terasa menyengat atau kesemutan di area yang terkena.
• Lepuhan berisi cairan kecil yang biasanya pecah dalam beberapa hari dan meninggalkan luka merah kecil yang menyakitkan.
 
Lepuhan, kulit pecah-pecah atau ruam ditemukan di area dimana adanya kontak kulit ke kulit selama seks, pada penis pris dan pada labia, klitoris dan vulva pada wanita. Infeksi juga dapat terjadi di anus atau di bokong dan paha bagian dalam. Gejala herpes yang pertama bisa menjadi hal yang buruk dengan gejala seperti flu, demam, sakit kepala dan kelenjar yang bengkak serta terkadang kesulitan kencing.

Bagaimana Mendiagnosis Herpes Kelamin?

Herpes biasanya akan didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dimana dokter akan melakukan pemeriksaan gejala dan kondisinya. Umumnya untuk mendiagnosis herpes dan untuk mengkonfirmasi keberadaan kondisi tersebut, namun tes atau pengujian di laboratorium termasuk tes atau pengujian darah juga disarankan.

Inilah Pengobatan Mengenai Herpes Kelamin


Pengobatan untuk herpes ditujukan untuk mengelola gejala dan mengendalikan gejala berulang atau kekambuhan. Pengobatan yang paling umum adalah dengan dengan obat-obatan antivirus. Obat-obatan antiviral juga disarankan untuk membantu mengelola herpes, meskipun obat-obatan ini umumnya untuk orang-orang yang mengalami gejala berulang atau kekambuhan.

Pengobatan efektif untuk herpes kelamin ini bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin termasuk herpes kelamin ini. Sudah banyak penderita herpes kelamin yang datang untuk berobat di Klinik Utama Gracia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan di Klinik Utama Gracia, Anda bisa hubungi kami di nomor 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Penyakit Herpes Genital


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.