Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Dapat menyebabkan lepuhan pada kulit genital seseorang yang treinfeksi (vagina, penis atau testis) dan anus. Herpes disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) yaitu virus yang menyebabkan luka di mulut. Gejalanya mirip dengan luka di mulut kecuali muncul pada kulit kelamin. Herpes tidak menyebabkan kenker dan tidak mempengaruhi peluang wanita untuk hamil.

Apa Itu Herpes Kelamin?

Herpes kelamin adalah IMS yang umum yang dapat menyebabkan luka yang menyakitkan pada area genital. Tidak ada vaksin atau obat-obatan, akan tetapi obat-obatan antivirus dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan luka dan mengontrol gejala berulang. Herpes dapat ditularkan selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral tanpa kondom bahkan jika orang yang terinfeksi tidak memiliki luka yang terlihat atau gejala infeksi lainnya. Ini juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke anaknya selama kehamilan atau persalinan. Seks yang lebih aman dapat membantu mengurangi risiko terkena atau penularan infeksi.

Apa Yang Menyebabkan Herpes Kelamin?

Herpes Simpleks Virus (HSV) memasuki tubuh melalui celah-celah kecil di kulit atau melalui lapisan lembut, lembab, vagina, rektum, uretra (tempat urine keluar) dan dibawah kulit khatan. Setelah kontak dengan virus, beberapa orang kemungkinan mengalami gejala herpes. Herpes ditularkan selama kontak seksual dan kemungkinan besar akan ditularkan sebelum, selama atau setelah gejala.
 
Pada beberapa orang, virus dapat muncul tanpa adanya gejala herpes dan dapat ditularkan. Herpes tidak dapat ditularkan dari pelukan, berbagi peralatan mandi seperti handuk, kolam renang, kursi toilet atau berbagai peralatan makan. Herpes dapat diobati dengan aman selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter mengenai infeksi herpes.

Apa Saja Gejala Yang Mempengaruhinya?


Pada kebanyakan orang yang memiliki herpes kelamin tidak menyadari memiliki virus karena tidak adanya gejala. Infeksi dapat didiagnosis dengan mengambil swab dari luka atau melalui tes dan pengujian darah. Seseorang yang memiliki gejala dapat mengalami sensasi kesemutan atau terasa gatal di area genital dalam beberapa hari setelah berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.

Lepuhan kemungkinan muncul dan pecah meninggalkan luka yang menyakitkan dan berlangsung 2 minggu hingga 3 minggu. Demam, sakit kepala dan nyeri otot dapat terjadi selama gejala pertama. Setelah luka dari gejala pertama sembuh, virus memasuki ke tahap yang tidak aktif, akan tetap gejala yang kambuh dapat terjadi.

Baca Juga : Atasi Gejala Herpes Kelamin Yang Berbahaya

1. Gejala Herpes Pada Wanita

• Luka di dalam atau di dekat vagina, serviks (leher rahim), pada alat kelamin luar, di dekat anus, di paha dan di bokong.
• Benjolan lunak di pangkal paha (limfadenopati).

2. Gejala Herpes Pada Pria

• Luka pada penis, disekitar testis, dekat anus atau di paha dan di bokong.
• Benjolan lunak di pangkal paha (limfadenopati).
 
Pada pria dan wanita, luka biasanya akan muncul di dekat area dimana virus ditularkan.

Bagaimana Herpes Kelamin Didiagnosis?

Dokter dapat mendiagnosis herpes dengan melihat area yang terkena dengan mengambil cairan dari luka di area yang terkena. Swab dilakukan dilaboratorium untuk dilakukan tes dan pengujian. Jika tidak memiliki gejala, tidak ada tes rutin untuk herpes dan usahakan tidak melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Penanganan Untuk Herpes Kelamin Pada Umumnya


Herpes akan hilang dengan sendirinya dengan pengobatan sejak dini. Pengobatan dapat mengurangi gejala yang berlangsung dan dapat membantu proses penyembuhan dan mengurangi risiko penularan pada orang lain. Pengobatan dengan antivirus untuk mencegah virus berkembang biak akan tetapi tidak menghapus virus sepenuhnya dari tubuh.

Pengobatan antibiotik tidak akan menghilangkan virusnya. Pengobatan ini hanya akan membantu mengurangi gejala yang ada. Pengobatan untuk menghentikan penggandaan virus. Pengobatan untuk meringankan ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan. Pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan resep dokter.

Usahakan tidak melakukan kontak seksual sebelum atau selama gejala berlangsung. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Pengobatan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani masalah herpes dan penyakit kelamin lainnya. Anda bisa menghubungi kami untuk info lebih lanjut di 081336361555 atau dengan layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Salah Satu Jenis Obat Penyakit Herpes


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.