Herpes genital menular adalah penyakit menular seksual (PMS) dan tidak ada obat ampuh untuk menangani herpes genital, akan tetapi pengobatan dapat membantu mengendalikan infeksi. Infeksi menular seksual (IMS) adalah infeksi yang menyebar atau menular melalui hubungan seksual seperti vaginal, anal dan oral atau hubungan seksual yang dekat.

Pengertian Umum Mengenai Herpes Genital Menular

Herpes genital menular adalah PMS yang biasanya disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2), meskipun juga dapat disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1) yang biasanya menyebabkan luka dingin di sekitar mulut. Dalam beberapa kasus, herpes genital menyebabkan lepuhan dan rasa sakit di area genital akan tetapi pada kasus lain, herpes genital tidak menyebabkan gejala apapun, sehingga seseorang yang terinfeksi tidak menyadari saat dapat menularkannya ke orang lain.

Terkadang orang yang memiliki herpes genital menular hanya memiliki 1 kali gejala. Dan yang lainnya memiliki banyak gejala yang kurang menyakitkan dan lebih pendek dan gejala yang pertama. Tidak ada obat yang ampuh untuk herpes. Setelah seseorang terinfeksi virus herpes, virus itu akan tetap berada di dalam tubuh.

Pengobatan dapat mengurangi ketidaknyamanan dari gejala dan membatasi atau terkadang dapat mencegahnya. Akan tetapi lebih baik mencegah infeksi herpes sama sekali. Seseorang yang berhubungan seksual (vaginal, anal dan oral) harus mengambil tindakan pencegahan terhadap penyakit menular seksual (PMS) dan diskrining secara teratur.

Herpes Genital Disebabkan Oleh Apa?

Ada 2 virus yang menyebabkan herpes genital :

• Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1).
• Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2).

HSV-1 adalah virus yang dapat menyebabkan luka dingin di sekitar mulut. Ini dapat menyebabkan herpes genital ketika menyebar atau menular melalui seks oral. Akan tetapi sebagian besar, herpes genital disebabkan oleh HSV-2.

Baca Juga : Atasi Gejala Herpes Kelamin Yang Berbahaya

Inilah Beberapa Gejala Herpes Genital Menular

Pada kebanyakan orang dengan herpes genital tidak memiliki gejala apapun. Bahkan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Beberapa orang dengan herpes genital dapat mengalami gejala luka di area genital dan anal. Luka sembuh dalam beberapa minggu. Gejala dapat disebabkan oleh stress, penyakit, kelelahan atau sinar matahari.

Seorang wanita bisa mengalami gejalanya ketika menstruasi. Gejala pertama sering kali merupakan gejala yang paling parah. Gejala biasanya membaik dari waktu ke waktu. Gejala herpes biasanya muncul dengan rasa sakit, kelembutan atau terasa gatal di area genital dan juga kemungkinan termasuk demam dan sakit kepala.

Benjolan dan lepuhan dapat muncul pada vagina, penis, skrotum, anus, paha atau bokong. Lepuhan terbuka dan membentuk luka yang menyakitkan yang dapat bertahan hingga 3 minggu. Gejala lain kemungkinan termasuk rasa sakit atau sensasi terbakar saat kencing. Nyeri otot, kelenjar lunak dan bengkak di area selangkangan.

Setelah infeksi herpes yang pertama, virus tidak aktif tanpa menyebabkan gejala apapun. Akan tetapi virus ini kemungkinan akan aktif kembali suatu saat nanti yang mengarah pada luka yang biasanya tidak berlangsung selama gejala pertama. Virus ini cenderung aktif kembali saat stress, infeksi, perubahan hormon, periode menstruasi atau bahkan hal lain.

Setelah lepuhan herpes hilang, seseorang kemungkinan mengira virusnya telah hilang, akan tetapi virusnya bersembunyi di dalam tubuh. Baik HSV-1 dan HSV-2 dapat tetap tersembunyi di dalam tubuh hingga herpes berikutnya terjangkit, ketika virusnya aktif kembali atau kambuh dan lukanya muncul kembali.

Cara Mendiagnosis Herpes Genital

Untuk mengetahui seseorang menderita herpes genital menular, dokter menyarankan dilakukan tes atau pengujian pada :

• Cairan dari luka.
• Darah (jika tidak adanya luka).

Seseorang dengan herpes genital menular harus memberitahu pasangan seksualnya untuk melakukan pengobatan juga. Karena kemungkinan tidak menyadari saat terinfeksi karena tidak memiliki gejala selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah infeksi.

Bagaimana Cara Menangani Herpes Genital Menular?

Tidak ada obat yang ampuh untuk herpes. Akan tetapi dokter dapat meresepkan pengobatan untuk membantu jalannya kesembuhan.

• Pengobatan untuk menghentikan gejala atau pengobatan untuk membuatnya tidak terjadi lagi dan meredakan yang parah jika terjadi.

• Pengobatan untuk mengurangi risiko penyebaran atau penularan herpes genital ke orang lain.

Untuk mengobati gejala herpes genital, dokter dapat meresepkan pengobatan antivirus dalam bentuk apapun itu. Pengobatan ini dapat menyembuhkan HSV-2 akan tetapi pengobatan juga dapat memabntu membuat seseorang merasa lebih baik dan mempersingkat durasi gejala atau pengobatan ini dapat mencegahnya.

Seseorang yang mengetahui dirinya pembawa virus herpes, maka harus mengkonsumsi pengobatan setiap hari sebagai terapi penekan. Terapi supresif dapat mengurangi jumlah dan terkadang dapat mencegah gejala dan juga dapat mengurangi kemungkinan virus akan ditularkan pada orang lain saat berhubungan seksual.

Jika seseorang sedang melakukan pengobatan karena herpes, maka setiap pasangan seksual juga harus melakukan tes atau pengujian dan pengobatan untuk segala penyakit menular seksual (PMS) yang didiagnosis. Pengobatan ini dilakukan hanya di Klinik Utama Gracia dengan cara menghubungi kami di 081336361555 atau layanan dibawah ini.