Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Jenis bakteri herpes genital terdapat 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 biasanya menyebabkan luka di mulut dan di bibir. Sementara tipe 2 biasanya menyebabkan herpes di sekitar alat kelamin, dubur atau kaki. Namun tidak selalu terjadi. Seseorang terlihat terinfeksi herpes dengan ciri-ciri menderita seperti sakit flu di mulutnya. Gejala herpes bisa terlihat pada area kulit lain seperti di tangan, diwajah atau di puting akan tetapi ini jarang terjadi.

Herpes Genital Merupakan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Bakteri herpes genital yaitu infeksinya di kulit atau di kelamin yang disebabkan oleh salah 1 dari 2 strain Herpes Simpleks Virus (HSV). Bakteri herpes genital penyebabnya adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 atau HSV-1 ditularkan secara oral dengan luka atau lepuhan yang terjadi di sekitar mulut. Sedangkan Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2 atau HSV-2 ditularkan secara seksual dan merupakan penyebab utama kondisi yang dikenal sebagai herpes genital.

Bakteri Herpes Genital Apa Yang Menjadi Penyebabnya?


Bakteri herpes genital yang menyebabkannya adalah Herpes Simpleks Virus (HSV). Herpes menyebabkan lecet atau borok. Dan bisa sangat menyakitkan akan tetapi biasanya hilang dalam 2 minggu hingga 3 minggu. Namun virusnya akan berada di dalam tubuh namun tidak aktif dan suatu saat akan kambuh kembali.

Tidak ada obat-obatan untuk herpes, akan tetapi ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk meringankan ketidaknyamanan dan menghindari gejalanya. Seseorang dengan sistem kekebalan yang ditekan, atau seseorang dengan HIV kemungkinan akan mengalami perjangkitan yang lebih lama dan bisa menjadi parah.

Pada wanita hamil dapat menularkan herpes pada anaknya, yang disebut dengan herpes neonatal (herpes pada bayi). Virus ini jauh lebih berbahaya pada bayi dan dapat menyebabkan keguguran selama kehamilan dan dapat menyebabkan kerusakan pada otak atau bahkan kematian pada bayi yang baru lahir.

Baca Juga : Herpes Adalah Salah Satu Jenis Penyakit Menular Seksual

Beberapa Tanda Gejala Herpes Genital Secara Umum

Pada kebanyakan orang dengan bakteri herpes genital tidak memiliki gejala apapun ketika terinfeksi saat pertama kalinya dan dapat membutuhkan waktu selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk berkembang. Jika gejalanya terjadi ketika pertama kali terinfeksi, biasanya dapat berkembang dalam 4 hari hingga 7 hari. Gejalanya biasanya lebih parah pada pertama kali daripada infeksi yang kambuh kembali. Gejala pada wanita dan pria dapat meliputi :
 
• Lepuhan yang kecil dan pecah dengan meninggalkan luka berwarna merah, luka terbuka di sekitar alat kelamin, anus (bawah), paha dan bokong.
• Lepuhan atau bisul pada serviks (leher rahim) pada wanita.
• Keputihan pada wanita.
• Nyeri saat kencing.
• Merasa tidak enak badan dan nyeri atau gejalanya seperti flu.
 
Gejalanya bisa hilang dalam waktu 20 hari. Meskipun gejala herpes genital dapat menghilang dengan sendirinya, virusnya akan tetap berada di dalam tubuh namun tidak aktif dan dapat kambuh kembali atau disebut gejala berulang. Gejala berulang biasanya tidak terlalu parah karena tubuh belajar melawan virus secara lebih efektif.
 
Jika sering mengalami gejala herpes, kemungkinan akan merasakan sensasi seperti kesemutan, rasa terbakar atau terasa gatal di sekitar alat kelamin sebelum lepuhannya muncul. Usahakan hindari berhubungan seksual pada tahap ini karena herpes dapat lebih menular pada periode ini. Dan segera lakukan penanganan yang tepat dengan dokter.

Bagaimana Herpes Genital Ini Didiagnosis?

Tes atau pengujiannnya biasanya melibatkan pengambilan swab dari blister. Jika memiliki luka maka harus segera memeriksakannya dengan dokter. Jika memiliki herpes genital, maka harus melakukan tes atau pengujian untuk infeksi menular seksual (IMS) lain. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan. Pada kebanyakan orang yang memiliki herpes genital tidak menyadari adanya kondisi ini dan harus segera menghentikan penyebaran atau penularan virusnya.

Atasi Bakteri Herpes Genital Dengan Pengobatan Yang Tepat


Tidak ada obat-obatan untuk bakteri herpes genital dan gejalanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun pengobatan antivirus dapat meringankan gejala dan mengurangi kemungkinan penularan herpes. Pengobatan tergantung pada saat infeksi yang pertama kali muncul dan gejala yang kambuh kembali. Pengobatan antivirus dapat direkomendasikan jika mengalami gejala yang berulang dan jika gejalanya semakin parah.

Pengobatan-pengobatan ini bisa Anda temui hanya di salah satu klinik yang sangat merekomendasi mengenai pengobatan penyakit kelamin herpes genital menular ini. Pengobatannya bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia dengan cara menghubungi kami melalui kontak nomor 081336361555 atau melalui konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Herpes? Pengertian, Penyebab, Mengobati


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.