Herpes genital bahaya tidak jika dibiarkan? Herpes genital adalah penyakit kulit yang sangat umum. Disebabkan oleh virus dan dapat mempengaruhi mulut (oral) dan area di sekitar penis atau vagina (genital), paha atau bokong bagian atas. Sebagian besar, herpes genital sulit untuk dilihat, pada kebanyakan orang tidak mengetahui saat terinfeksi. Luka dan lepuhan demam adalah contoh herpes di mulut (oral).

Pengertian Umum Mengenai Herpes Genital

Herpes genital bahaya tidak tanpa pengobatan? Virus tipe 1 umumnya dapat menyebabkan lepuhan demam pada mulut atau wajah (herpes oral). Sedangkan tipe 2 biasanya dapat mempengaruhi area genital (herpes genital). Namun ke 2 jenis virus ini dapat menyebabkan infeksi genital dan oral. Sebagian tidak menimbulkan gejala, akan tetapi beberapa orang yang terinfeksi mengalami gejala luka atau borok. Setelah seseorang terinfeksi virus ini maka akan tetap terinfeksi selama hidupnya.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Penyakit Herpes Genital

Penyebab Herpes Genital Secara Umum

Tanpa obat-obatan, herpes genital bahaya tidak? Herpes genital disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Herpes ditularkan melalui kontak kulit langsung ke kulit. Penularan herpes bisa terjadi bahkan jika tidak terlihat sekalipun. Herpes genital dapat ditularkan secara seksual atau ketika seseorang memiliki gejala yang nyata ataupun tidak.

Beberapa Gejala Herpes Genital Bahaya Tidak?

Gejala dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala apapun. Terkadang gejalanya sangat ringan sehingga orang tersebut kemungkinan tidak dapat melihatnya atau tidak mengenali gejalanya. Pada kebanyakan orang yang mengetahui infeksi awalnya, biasanya muncul sekitar 2 hari hingga 14 hari setelah terkena herpes genital.

Beberapa orang yang memiliki gejala lepuhan yang terasa gatal dan menyakitkan pada penis atau di sekitar pembukaan vagina. Lepuhan pecah dan terbuka serta berubah menjadi cairan, luka dangkal yang membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk sembuh. Terkadang seorang wanita memiliki gejala seperti flu, demam, sakit kepala dan nyeri otot. Kemungkinan juga adanya cairan yang abnormal (tidak normal) dan rasa sakit ketika kencing. Infeksi herpes genital bisa parah pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan yang rusak seperti HIV.

Bagaimana Cara Herpes Genital Didiagnosis?

Untuk mengetahui herpes genital bahaya tidak maka harus dilakukan diagnosis. Dokter dapat mendiagnosis herpes genital dengan melakukan pemeriksaan. Kemungkinan juga dengan menanyakan mengenai gejala dan faktor risiko yang merupakan hal-hal terkena infeksi. Sampel jaringan dari rasa sakit untuk melakukan tes atau pengujian.

Tes dan pengujian dapat membantu untuk memastikan herpes genital. Selain itu juga bisa menjalani tes atau pengujian darah. Gejala yang terkait dengan HSV-2 dapat sangat bervariasi diantara orang-orang. Dokter dapat mendiagnosis herpes genital dengan inspeksi visual dengan mengambil sampel dari luka dan dengan melakukan pengujian untuk mengetahui adanya virus herpes genital.

Bagaimana Cara Mengatasi Dengan Cepat Herpes Genital?

Tanpa obat-obatan, herpes genital bahaya tidak? Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes genital, akan tetapi pengobatan antivirus dapat mempersingkat dan mencegah gejala. Setelah virusnya memasuki tubuh maka tidak bisa menyingkirkan virus tersebut. Akan tetapi ada cara untuk mengobati herpes yang dapat menurunkan jumlah gejala herpes genital yang dimiliki.

Herpes genital biasanya tidak berbahaya, akan tetapi dengan memiliki herpes genital rentan terhadap HIV jika terpapar. Oleh karena itu lebih baik melakukan pengobatan untuk herpes genital. Pengobatannya bisa ditemui di Klinik Utama Gracia. Klinik khusus yang menangani permasalahan penyakit kelamin lainnya. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Utama Gracia. Hubungi segera kami di 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini.