Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Herpes genital berulang memiliki karakteristik yang sama yaitu sering tampak sebagai benjolan kecil yang berisi nanah pada kulit. Munculnya benjolan kecil yang berisi nanah pada alat kelamin dapat menyebabkan kekhawatiran. Meskipun tidak semua benjolan itu mengkhawatirkan. Namun pada kebanyakan orang merasa malu saat mengkonsultasikannya dengan dokter.

Arti Umum Herpes Genital Adalah

Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) yang tidak ada obatnya. Herpes genital dapat muncul sebagai benjolan berwarna putih atau berwarna merah yang terisi dengan cairan yang bening atau bisa juga seperti borok berwarna merah yang menyakitkan. Pada kebanyakan orang dapat memiliki virus penyebab herpes genital tersebut. Oleh karena itu harus bisa menjaga kesehatan organ kelamin dan mencegahnya sedari dini.

Herpes Genital Berulang Disebabkan Oleh?


Virus yang dikenal dengan Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah penyebab herpes genital berulang. Virus ini dapat dengan mudah menyebar atau menular dari orang ke orang melalui aktifitas seksual. Ada 2 jenis virus herpes yang umum yaitu :

• HSV tipe 1 umumnya penyebab herpes oral karena cenderung terbentuk di dekat mulut.
• HSV tipe 2 biasanya berkembang di sekitar alat kelamin dan merupakan jenis infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum.

Aktifitas seksual dapat menyebarkan atau menularkan ke 2 jenis virus herpes tersebut. Dengan melakukan seks yang aman dapat membantu mencegah penyebaran atau penularan virus. Namun seseorang masih dapat tertular virus bahkan ketika mengunakan kondom atau bendungan gigi.

Baca Juga : Herpes Genital Bahaya Tidak Tanpa Obat-Obatan?

Tanda Dan Ciri Dari Herpes Genital Berulang

Berikut ini tanda atau ciri herpes genital berulang, antara lain :
 
• Dapat muncul sebagai sekelompok benjolan berwarna merah.
• Kemungkinan terasa gatal.
• Mengandung cairan nanah.
 
Gejala spesifik herpes genital berulang ketika seseorang menderita herpes, kemungkinan merasakan rasa gatal di area yang terkena. Virus herpes dapat menjadi tidak aktif selama bertahun-tahun setelah terpapar dan gejalanya dapat muncul kapan saja. Terkadang seseorang tidak memiliki tanda dan diri atau tidak mengenalinya dan tidak menyadarinya.
 
Ketika gejala herpes genital muncul, biasanya muncul sebagai benjolan yang kecil dan berwarna merah atau putih atau munculnya borok berwarna merah. Luka ini seringkali terasa sakit. Herpes genital juga dapat muncul pada bokong atau mulut dalam beberapa kasus. Lepuhan berisi nanah dan akan pecah lalu meninggalkan luka seperti borok pada kulit.
 
Seseorang kemungkinan mengalami rasa sakit tambahan ketika lukanya pecah. Tanda dan ciri herpes yang pertama adalah yang paling parah. Seseorang yang menderita herpes juga dapat mengalami tanda atau ciri tambahan. Dan tanda atau ciri ini kemungkinan dapat termasuk demam, rasa sakit, sakit kepala, sakit di area kaki, pembengkakan kelenjar getah bening, keputihan atau adanya cairan berwarna putih.

Cara Umum Mendiagnosis Herpes Genital


Herpes genital cenderung cepat hilang dengan sendirinya. Namun harus tetap mengkonsultasikannya dengan dokter jika tidak hilang dan jika benjolan muncul setelah aktifitas seksual. Dokter dapat mendiagnosis herpes genital dengan melakukan tes atau pengujian untuk melihat adanya HSV. Tes atau pengujian yang potensial meliputi :

• Tes atau pengujian DNA HSV.
• Tes atau pengujian HSV umum.
• Tes atau pengujian herpes serologis.

Jika hasil tes atau pengujiannya didiagnosis adanya penyakit menular. Maka harus melakukan pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS) tambahan.

Obat-Obatan Ampuh Untuk Herpes Genital


Pemilihan pengobatan sangat bervariasi. Pengobatan herpes genital berulang biasanya dengan intervensi medis. Dengan resep obat-obatan antivirus untuk melawan infeksi herpes. Pengobatan dilakukan dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter dan usahakan hindari kontak seksual hingga tanda dan cirinya mereda.

Dokter dapat merekomendasikan obat-obatan pereda nyeri atau dengan pengobatan untuk menguatkan jika lukanya terasa nyeri. Pengobatan-pengobatan untuk herpes bisa Anda temukan hanya di Klinik Utama Gracia. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang sangat teruji dalam hal pengobatannya. Dilakukan langsung oleh dokter ahli dan berpengalaman. Biaya sangat terjangkau karena Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Hubungi kami segera di kontak nomor 085714263063 atau layanan konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Herpes Genital Bahaya, Ini 3 Tandanya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.