Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi dari mikroba atau organisme yang tampak kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Pada kebanyakan orang mencari obat untuk infeksi saluran kencing yang ampuh. Karena sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri, akan tetapi beberapa disebabkan oleh jamur dan dalam kasus yang jarang terjadi oleh virus.

ISK adalah salah satu infeksi paling umum pada manusia. ISK dapat terjadi dimana saja di saluran kemih. Saluran kemih terdiri dari ginjal, uretrer, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar ISK hanya melibatkan uretra dan kandung kemih di saluran bawah. Meskipun ISK saluran atas lebih jarang daripada ISK saluran rendah, dan biasanya lebih parah.

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?


Infeksi saluran kencing adalah infeksi dibagian manapun dari sistem kemih, ginjal, uretrer, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, kandung kemih dan uretra. Pada wanita yang memiliki risiko lebih besar terkena ISK daripada pria. Infeksi ini terbatas pada kandung kemih dan bisa sangat menyakitkan dan menjengkelkan. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk infeksi saluran kencing dengan antibiotik. Akan tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peluang terkena ISK sejak awal.

Apa Saja Penyebab Infeksi Saluran Kencing?

Meskipun sistem kemih dirancang untuk mencegah mikroskopis. Pertahanan ini terkadang gagal. Ketika terjadi, bakteri dapat memegang dan tumbuh menjadi infeksi besar di saluran kemih. ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan mempengaruhi kandung kemih dan uretra seperti :

• Infeksi Kandung Kemih (Sistitis)

Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh Eschericia Coli (E. Coli), Hubungan seksual yang menyebabkan sistitis akan tetapi tidak selalu yang aktif secara seksual untuk menularkannya. Semua wanita berisiko sistitis karena anatomi khususnya jarak pendek dari uretra ke anus dan pembukaan uretra ke kandung kemih.

• Infeksi Urtera (Urethritis)


Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri menyebar dari anus ke uretra. Karena uretra wanita dekat dengan vagina, infeksi menular seksual (IMS) seperti herpes (raja singa), gonore (kencing nanah), klamidia dan mikoplasma dapat menyebabkan urethritis.

Baca Juga : Kenali Gejala Dan Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing

Apa Saja Gejala Infeksi Saluran Kencing?

Gejala ISK tergantung pada bagian mana dari saluran kemih yang terinfeksi. ISK bagian bawah mempengaruhi uretra dan kandung kemih. Gejala ISK meliputi :
 
• Rasa terbakar saat kencing.
• Peningkatan frekuensi kencing tanpa melewati banyak urine.
• Peningkatan urgensi kencing.
• Urine berdarah.
• Urine keruh.
• Urine yang terlihat seperti teh.
• Urine yang memiliki bau yang kuat.
• Nyeri panggul (pelvic) pada wanita.
• Nyeri dubur pada pria.
 
ISK saluran atas mempengaruhi ginjal. Ini dapat berpotensi mengancam jiwa jika bakteri pindah dari ginjal yang terinfeksi ke dalam darah. Kondisi ini yang disebut urosepsis yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, syok dan kematian. Gejala ISK saluran atas meliputi :
 
• Rasa sakit di punggung dan di samping atas.
• Suhu yang panas dingin.
• Demam.
• Mual.
• Muntah.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing?


Jika mencurigai adanya ISK berdasarkan gejala, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan meninjau gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Untuk mengkonfirmasi diagnosis ISK, maka harus melakukan pengujian atau tes mikroba atau urine. Untuk menghindari pengumpulan bakteri atau ragi dari kulit yang dapat mencemari sampel.

Saat menguji sampel, dokter akan mencari sejumlah besar sel darah putih dalam urine. Dan dapat mengindikasikan infeksi. Dengan dilakukan kultur urine untuk menguji bakteri atau jamur. Kultur dapat membantu mengidentifikasi penyebab infeksi. Ini juga dapat membantu pemilihan obat untuk infeksi saluran kencing yang tepat. Jika diduga adanya virus, pengujian khusus kemungkinan harus dilakukan. Virus adalah penyebab ISK yang jarang akan tetapi dapat dilihat pada orang yang pernah melakukan transplantasi organ atau yang memiliki kondisi lain yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Apa Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing?


Obat untuk infeksi saluran kencing dapat dilakukan beberapa tindakan pencegahan yang dapat membantu mencegah infeksi awal. Antibiotik adalah obat untuk infeksi saluran kencing. Sementara sebagian besar ISK dianggap sebagai ISK sederhana atau tidak rumit, obat untuk infesi saluran kencing yang diresepkan tergantung pada faktor-faktor seperti jenis bakteri yang terdeteksi dalam urine.

Jika pernah mengkonsumsi obat untuk infeksi saluran kencing, kemungkinan akan direkomendasikan antibiotik atau obat untuk infeksi saluran kencing lain. Karena beberapa jenis bakteri yang menyebabkan ISK menjadi kebal terhadap antibiotik tertentu. Setelah melakukan pengobatan, gejalanya akan mulai hilang dalam 5 hari pada orang dewasa dan 2 hari pada anak-anak.

Sangat penting untuk menyelesaikan seluruh rangkaian obat untuk infeksi saluran kencing yaitu antibiotik bahkan jika sudah mulai merasa baik. Beberapa orang dengan ISK parah dapat dilakukan pengobatan yang lebih khusus dan kemungkinan akan dilakukan tes ulang. Anda bisa lakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan ISK. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan mengkonsultasikan dibawah ini.

Baca Juga : Penyebab Infeksi Saluran Kencing