Pada kebanyakan orang mencari obat infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing dapat terjadi dimana saja di sepanjang saluran kemih yang meliputi ginjal (organ yang menyaring darah untuk membuat urine), ureter (tabung yang mengambil urine dari setiap ginjal ke kandung kemih), kandung kemih (menyimpan urine) atau uretra (tabung yang mengosongkan urine dari kandung kemih keluar).

Infeksi saluran kencing bagian bawah terjadi ketika bakteri masuk ke urtera dan disimpan ke dalam kandung kemih atau bisa disebut sistitis. Infeksi yang melewati kandung kemih dan naik ke ginjal disebut pielonefritis. Infeksi tabung yang mengosongkan urine dari kandung kemih ke luar disebut urethritis. Gejala infeksi saluran kencing pada wanita dan pria serupa.

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Infeksi saluran kencing adalah infeksi bakteri dalam sistem kemih. Sangat umum dan biasanya tidak serius meskipun kemungkinan adanya pengecualian. Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang menyerang bagian saluran kemih termasuk ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra. Bakteri dari usus adalah penyebab paling umum dari infeksi saluran kencing, akan tetapi jamur dan virus juga dapat menyebabkan infeksi.

Penyebab Yang Mempengaruhi Infeksi Saluran Kencing

Sebagian besar infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri yang biasanya ditemukan di usus seperti Eschericia Coli (E. Coli). Bakteri lain yang dapat menyebabkannya termasuk Staphylococcus, Proteus, Klebsiella, Enteroscoccus dan Psedomonas. Beberapa infeksi kandung kemih pada prua dan wanita terkait dengan infeksi menular seksual (IMS) termasuk Chlamydia Trachomatis, Mycoplasma dan Ureaplasma.

Trichomonas parasit juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Jika memiliki masalah dengan sisten kekebalan tubuh dari penyakit autoimun atau diabetes (kencing manis), dan lebih mungkin terkena infeksi saluran kencing karena tubuh tidak dapat melakukan pertahanan yang lebih baik melawan kuman yang menyebabkan infeksi ini.

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

• Terasa nyeri atau terbakar saat kencing.
• Kebutuhan yang sering atau mendesak untuk kencing.
• Adanya darah dalam urine atau urine yang berwarna keruh atau merah muda.
• Terasa nyeri dan kram di perut bagian bawah.

Infeksi saluran kencing bagian atas yang meliputi ginjal, yang juga dapat memiliki gejala seperti demam, nyeri punggung dan mual atau muntah. Infeksi saluran kencing lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria karena uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat ke anus daripada pada pria. Serta memungkinkan masuknya bakteri lebih mudah ke dalam uretra. Karena pada wanita kemungkinan mendapatkan infeksi yaitu setelah aktifitas seksual atau ketika menggunakan diafragma untuk kontrasepsi. Menopause juga dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kencing.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing?

Jika mencurigai memiliki infeksi saluran kencing, segera lakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan obat infeksi saluran kencing yang tepat. Konsultasikan mulai dari gejala yang dialami disertai melakukan tes atau pengujian urine. Namun kemungkinan ada juga beberapa tes atau pengujian lain seperti :

• Urine yang diperiksa dari sampel urine untuk mengetahui sel-sel darah, darah dan bakteri.

• Kultur urine yaitu tes atau pengujian lain yang dapat menemukan jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang akan membantu dokter menemukan dan memiliki obat infeksi saluran kencing atau antibiotik untuk diberikan.

Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Umumnya

Segera cari antibiotik karena bakteri dapat menyebabkan sebagian besar infeksi saluran kencing. Jika terjadi, maka harus mengkonsumsi obat infeksi saluran kencing atau antibiotik tersebut sampai Anda dinyatakan sembuh oleh dokter. Pada wanita remaja dengan infeksi kandung kemih kemungkinan mendapatkan resep obat infeksi saluran kencing atau antibiotik yang berlangsung hanya beberapa hari.

Jika gejalanya kambuh lagi, kemungkinan harus lebih banyak tes atau pengujian untuk menyingkirkan masalah lain. Antibiotik dikonsumsi untuk waktu yang lebih lama, tergantung pada apa yang menyebabkan infeksi dan berapa lama memiliki infeksi saluran kencing, atau jika memiliki infeksi yang tidak akan hilang.

Pada pria biasanya harus mengkonsumsi obat infeksi saluran kencing atau antibiotik selama berminggu-minggu jika infeksinya ada di prostat. Karena untuk memastikan infeksi tidak dapat menyebabkan masalah yang serius. Segera lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kerena jika kondisinya dibiarkan saja dan tidak diobati, maka akan berakibat fatal untuk kesehatan diri sendiri. Untuk pengobatan Anda bisa melakukan konsultasi dengan klinik kami seperti layanan konsultasi dibawah ini secara gratis. Atau dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 untuk menanyakan perihal lebih lanjut mengenai pengobatan.