Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Infeksi saluran kencing pada pria adalah bakteri yang menyerang dan tumbuh terlalu besar di kandung kemih. Terkadang bakterinya dapat melewati ginjal atau tabung yang mengalirkan urine dari ginjal ke kandung kemih. Semua kondisi ini dikenal dengan infeksi saluran kencing (ISK) dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Sebagian besar infeksi saluran kencing pada pria dapat disembuhkan dengan mudah dengan obat-obatan antibiotik.

Pengertian Infeksi Saluran Kencing Secara Umum

Infeksi saluran kencing pada pria yang berusia kurang dari 50 tahun jarang terjadi. Penyebab infeksi saluran kencing orang dewasa termasuk prostatitis, epididimitis, orkitis, pielonefritis, sistitis, urethritis dan kateter urine. Pertahanan alami saluran kencing pria normal terhadap infeksi menjadi rumit yang kemungkinan dikaitkan dengan kelainan anatomi dan membutuhkan intervensi bedah untuk mencegah gejala yang tersisa.

Baca Juga : Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Apa Penyebab Infeksi Saluran Kencing?

Sebagian besar infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli (E. Coli) yang secara alami ada dalam tubuh. Bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra. Uretra adalah tabung yang mengalirkan urine dari kandung kemih melalui penis. Infeksi saluran kencing lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena uretra nya lebih pendek dan bakteri perlu menempuh jarak yang lebih pendek untuk mencapai kandung kemih.

Seorang pria dengan infeksi saluran kencing tertular dari berhubungan seksual dengan seorang wanita, karena infeksi biasanya dari bakteri yang sudah ada di saluran kemih pria. Infeksi saluran kencing pada pria lebih sering terjadi di usia lanjut. Salah satu alasannya adanya pria dengan usia lanjut kemungkinan mengembangkan pembesaran kelenjar non kanker dari prostat atau BPH. Prostat membungkus leher kandung kemih atau tempat uretra terhubungan ke kandung kemih. Pembesaran kelenjar prostat dapat menghimpit leher kandung kemih dan membuat air seni lebih sulit mengalir dengan bebas.

Apa Saja Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Beberapa orang tidak memiliki gejala pada infeksi saluran kencing yang biasanya memerlukan peradangan kandung kemih (sistitis) dan juga dapat melibatkan infeksi saluran kencing bagian bawah atau atas dan dalam kasus yang lebih serius pada ginjal. Selain itu, setiap pria dan wanita atau anak yang menderita infeksi saluran kencing memiliki gejala yang khas akan tetapi sebagian besar menunjukkan setidaknya 1 atau lebih tanda-tanda infeksi. Dan ketika seorang pria memiliki gejala, kemungkian sangat umum dan tidak terlalu berbeda dengan yang dialami wanita, meliputi :

• Sering kencing.
• Keinginan kuat dan konstan untuk kencing.
• Hanya bisa mengeluarkan sedikit urine.
• Urine yang berawan, berdarah atau berbau tidak sedap.
• Nyeri perut bagian bawah.
• Rasa terbakar atau sakit saat kencing.

Gejala-gejala ini disertai dengan sakit punggung bagian bawah, demam, mual atau kedinginan dapat mengindikasikan infeksi ginjal atau masalah serius yang memerlukan pengobatan segera.

Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Bagaimana Mendiagnosis Infeksi Saluran Kencing?

Untuk mendiagnosis infeksi saluran kencing, dokter biasanya melakukan pemeriksaan dan menanyakan mengenai gejala termasuk riwayat infeksi saluran kencing sbeleumnya. Sampel urine untuk memeriksa nanah dan bakteri. Adanya nanah sangat berpengaruh terhadap infeksi saluran kencing. Jika dokter mencurigai adanya kelenjar prostat yang membesar kemungkinan harus melakukan pemeriksaan dubur.

Obat-Obatan Untuk Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Jika memiliki infeksi saluran kencing maka harus melakukan pengobatan dengan antibiotik. Tergantung pada jenis antibiotiknya yang diresepkan oleh dokter. Selain itu usahakan cukup asupan cairan jika mengalami ketidaknyamanan saat kencing. Kencing dapat membantu membersihkan bakteri dari sistem kemih.

Pengobatan berfungsi menurunkan jumlah bakteri dalam kandung kemih dan menghilangkan infeksi atau mempercepat pemulihan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai infeksi saluran kencing Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan di Klinik Utama Gracia telat teruji karena banyak orang yang melakukan pengobatan di klinik tersebut. Anda bisa mendaftarkan diri Anda di nomor 081336361555 atau melalui konsultasi online kami di bawah ini.