Anyang anyangan? Bagaimana cara menyembuhkan anyang anyangan? Anda tentu sering mendengar hal tersebut atau mungkin bahkan mengalaminya dan memerlukan bantuan untuk mengobatinya. Secara umum ada dua macam penyebab mengapa seseorang mengalami keluhan anyang anyangan atau sakit kencing, yang antara lain yaitu :

• Penyebab seksual.
• Penyebab non seksual.

Penjelasan Sistem Saluran Kemih Anda

Secara umum, memilih cara menyembuhkan anyang anyangan adalah bentuk dari sebuah gejala adanya infeksi atau peradangan yang terjadi pada area sistem saluran kemih Anda. Dimana sistem saluran kemih Anda juga terdiri dari 2 bagian utamanya.

• Sistem saluran kemih bagian atas (ureter dan ginjal).
• Sistem saluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra).

Jika salah satu bagian dari sistem tersebut terdapat sebuah infeksi atau mengalami masalah, terkadang sistem tubuh Anda akan secara otomatis memberikan sinyal dengan munculnya sebuah gejala. Lebih sering kondisi gejala dan infeksi akan dirasakan pada sistem saluran kemih bagian bawah khususnya pada saluran uretra. Karena saluran uretra adalah jalur pertama masuknya berbagai mikroorganisme untuk menghasilkan sebuah infeksi atau peradangan, sehingga menimbulkan gejala sakit kencing atau anyang anyangan yang Anda rasakan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengobati Anyang-Anyangan Dengan Benar?

Bagaimana Penyebab Seksual Berkontribusi?

Keluhan atau gejala dan cara menyembuhkan anyang anyangan biasanya memang akan dilihat ketika seseorang juga memiliki riwayat kontak seksual yang berisiko. Dalam hal ini seorang pria mungkin akan berkontribusi secara lebih untuk mendapatkan gejala anyang anyangan, dan tidak menutup kemungkinan jika pria lebih sering memberikan infeksi menular secara seksual pada wanita dan begitu pula dengan sebaliknya.

Beberapa kemungkinan infeksi atau penyakit menular seksual yang disertai dengan keluhan seperti anyang anyangan diantaranya adalah :

• Gonore atau kencing nanah.
• Klamidia atau non gonococcal urethritis.
• Trikomoniasis vaginalis.
• Herpes kelamin atau kutil kelamin.

Jika Anda memiliki riwayat kontak seksual yang cukup berbahaya, Anda tentu akan berkesempatan lebih dalam mengembangkan keluhan sakit saat berkemih atau anyang anyangan. Jenis keluhan anyang anyangan memang tidak jauh berbeda dengan keluhan pada infeksi saluran kemih umumnya, yang membedakan hanyalah penyebab dari keluhan tersebut dan bagaimana memilih cara menyembuhkan anyang anyangan yang dialami dengan tepat.

Pengobatan Dan Penyembuhan Anyang Anyangan

Untuk kondisi tertentu jika seorang pria maupun wanita terlalu sering mendapatkan keluhan seperti anyang anyangan atau juga keluhan sakit kencing lainnya. Jika keluhan anyang anyangan yang dirasakan juga sudah disertai dengan gejala lain atau dirasakan lebih sering tentu Anda juga harus lebih memperhatikan adanya kemungkinan masalah lain yang lebih serius pada kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan anyang anyangan yang dapat Anda lakukan jika gejalanya masih dalam tahap ringan atau awal :

• Pengambilan sampel urin atau cairan vagina bagi wanita.
• Cek dan uji laboratorium.
• Kultur urin atau urinalisis.
• Pemeriksaan lanjutan jika ditemukan masalah kesehatan lain misalnya seperti infeksi pada prostat maupun ginjal, dan lainnya.

Proses pemeriksaan tersebut juga berguna dalam menentukan diagnosis serta cara menyembuhkan anyang anyangan yang Anda rasakan tersebut secara pasti. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menetapkan keluhan lain yang mendasar dan menyebabkan keluhan tersebut. Kunjungi klinik atau dokter khusus yang memang menangani keluhan Anda secara khusus, guna menghindari adanya pemilihan pengoabatan yang tidak tepat.

Klinik Utama Gracia dapat menjadi bagian dari pelayanan medis terbaik bagi Anda yang memiliki keluhan khusus pada area organ kelamin dan sekitarnya. Klik banner dibawah ini untuk tersambung melalui chatting online atau konsultasi via telepon langsung dengan dokter-dokter kami di nomor 081336361555. Coba gratis sekarang!