Saluran kemih adalah bagian dari tubuh yang membuat urine dan membawa urine keluar dari tubuh dan bisa menyebabkan anyang anyangan. Lalu bagaimana cara mengobati anyang anyangan dengan tepat? Anyang anyangan ini termasuk dari kandung kemih dan ginjal serta tabung yang menghubungkannya. Ketika kuman (bakteri) masuk ke saluran kemih maka dapat menyebabkan infeksi dan terjadilah anyang anyangan.

Anyang Anyangan Adalah

Anyang anyangan terjadi ketika bakteri memasuki dan menginfeksi saluran kemih. Setiap bagian dan saluran kemih dapat terinfeksi seperti uretra, kandung kemih (sistitis), ureter atau ginjal. Anyang ayangan adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum diantara wanita dewasa. Hingga sebagian wanita akan mengalami anyang anyangan dalam hidupnya.

Apa Penyebab Utama Anyang Anyangan?

Urine umumnya normal steril dan tidak mengandung kuman seperti bakteri, virus atau jamur. Anyang anyangan terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih. Anyang anyangan sering disebabkan oleh bakteri yang biasanya hidup di usus. Pada wanita sangat berisiko karena bakteri dapat lebih mudah pindah ke saluran kemih. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko anyang anyangan meliputi :

• Diabetes (kencing manis).
• Kehamilan.
• Kelainan struktural saluran kemih.
• Faktor apapun yang menghambat aliran urine misalnya batu ginjal dan pembesaran prostat.
• Memiliki kateter yang dimasukkan ke dalam kandung kemih.
• Kebersihan pribadi yang buruk.
• Pasca menopause.
• Penggunaan diafragma untuk kontrasepsi.

Saluran kemih terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Anyang anyangan dapat diklasifikasikan berdasarkan area saluran kemih yang terpengaruh. Ketika hanya uretra yang terkena maka disebut urethritis. Ketika kandung kemih yang terkena maka disebut sistitis. Ketika ginjal yang terkena maka disebut pielonefritis yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal jika tidak segera ditangani.

Apa Saja Tanda Dan Gejala Anyang Anyangan?

Sebagian besar anyang anyangan terjadi di bagian bawah saluran kemih, uretra dan kandung kemih. Jenis anyang anyangan ini disebut sistitis, gejalanya biasanya meliputi :

• Dorongan yang meningkat atau kebutuhan kencing yang lebih sering (meskipun hanya sedikit urine yang keluar).
• Demam.
• Kencing di malam hari.
• Mengompol.
• Sakit perut di area kandung kemih (dibawah pusar).
• Kencing berbau busuk yang kemungkinan terlihat keruh atau mengandung darah.

Infeksi yang menjalar ke ureter ke ginjal disebut pielonefritis dan biasanya lebih serius. Menyebabkan banyak gejala yang sama akan tetapi terlihat lebih sakit dan lebih cenderung mengalami demam terkadang menggigil, rasa sakit, kelelahan yang parah dan muntah.

Bagaimana Anyang Anyangan Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis anyang anyangan, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel kencing untuk dilakukan tes atau pengujian. Sampel diambil tergantung pada usia. Sampel dapat digunakan untuk urinalisis (tes atau pengujian secara mikroskopis memeriksa urine untuk kuman atau nanah) atau kultur urine (identifikasi bakteri di laboratorium). Agar bakteri penyebab infeksi dapat diketahui dan cara mengobati anyang anyangan bisa ditentukan.

Cara Mengobati Anyang Anyangan Dengan Cepat

Mengobati anyang anyangan dengan antibiotik. Dokter dapat menyarankan untuk mengulangi tes atau pengujian urine untuk memastikan infeksinya hilang. Dan untuk memastikan hal ini karena anyang anyangan yang tidak segera diobati dapat kembali (kambuh) atau menyebar. Jika memiliki rasa sakit yang parah saat kencing.

Maka segera cari cara mengobati anyang anyangan dengan dokter. Dokter biasanya mengobati anyang anyangan untuk mematikan lapisan saluran kemih. Usakan perbanyak minum cairan, dan hindari minuman yang mengandung kafein seperti soda dan es teh. Segera lakukan pengobatan untuk anyang anyangan di Klinik Utama Gracia dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan menggunakan layanan konsultasi online seperti dibawah ini.