Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Cara Mengurangi Keringat Berlebih

Cara mengurangi keringat berlebih atau hiperhidrosis yang dialami oleh setiap orang tentu berbeda-beda bergantung pada tingkat intensitas dan jumlah keringat yang dihasilkan. Keringat berlebih atau hiperhidrosis merupakan kondisi yang mana kelanjar keringat pada tubuh seseorang menghasilkan lebih banyak cairan atau keringat dari yang dibutuhkan.

Tubuh akan menghasilkan keringat yang lebih pada beberapa bagian tertentu saja misalanya pada telapak tangan, kaki, ketiak, atau kepala. Sementara bagian tubuh lainnya mungkin akan tetap menghasilkan keringat dalam jumlah yang kecil. Jika Anda memiliki keluhan keringat berlebih tentu ini akan sangat menganggu aktifitas sehari-sehari dan perlu cara mengurangi keringat berlebih yang efektif untuk mengatasinya.

Cara Mengurangi Keringat Berlebih Secara Mandiri


Ada beberapa cara untuk mengurangi produksi keringat berlebih pada tubuh, yang salah satunya Anda dapat melakukan tindakan secara mandiri sebagai tips atau cara mengurangi keringat berlebih yang dialami, misalnya seperti :

• Gunakan pakainan yang sesuai dan tepat.
• Hindari makan makanan pedas, berlemak atau berminyak, maupun makanan instan siap saji.
• Batasi konsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi atau minuman energi.
• Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung klorofil tinggi.
• Tambahkan vitamin B untuk membantu sistem dan organ vital tubuh berfungsi dengan baik seperti ginjal.
• Olahraga dengan teratur untuk mengurangi keringat akibat stres.
• Hindari kondisi atau situasi yang dapat menyebabkan tekanan, grogi, atau stres.

Beberapa tips atau cara tersebut mungkin dapat Anda lakukan dan terapkan untuk mengurangi produksi keringat berlebih (hiperhidrosis) yang dialami. Beberapa cara mengurangi keringat berlebih seperti diatas tentu dapat dilakukan secara mandiri dan bagi Anda yang memang masih dalam kondisi dapat diatasi atau ditangani.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Keringat Di Ketiak

Memastikan Cara Yang Tepat Untuk Mengatasi Keluhan Keringat Berlebih

Tidak semua cara atau tindakan yang Anda lakukan dapat memberikan efek secara langsung dalam mengurangi keringat berlebih yang dialami. Anda mungkin akan memiliki kondisi yang lebih ringan atau lebih berat ketika sebuah cara mengurangi keringat berlebih yang dilakukan tidak dapat berjalan dengan baik untuk mengatasi keluhannya.
 
Seperti yang Anda ketahui jika jumlah dari kelenjar keringat yang ada pada seorang wanita lebih banyak dibandingkan pada seorang pria. Namun kebanyakan pria akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan keluhan keringat berlebih (hiperhidrosis) bahkan menimbulkan bau. Selain itu biasanya setiap cara maupun metode yang digunakan untuk mengatasi keluhan ini tentu akan lebih disesuaikan dengan jenis dan penyebab keluhan hiperhidrosis tersebut.

2 Jenis Keringat Berlebih Pada Seseorang


Ada 2 jenis keringat berlebih (hiperhidrosis) yang dapat dimiliki oleh seseorang, yaitu :

• Hiperhidrosis fokus primer

Ini adalah keringat berlebih yang memang terjadi pada kelenjar utama keringat tersebut berada yaitu pada kaki, tangan, wajah, kepala, ketiak, atau selangkangan. Selama kondisinya masih dalam tahap yang wajar biasanya ini tidaklah menimbulkan masalah serius bagi kesehatan Anda.

• Hiperhidrosis umum sekunder


Hiperhidrosis umum sekunder ini tentu bisa disebabkan oleh beberapa faktor diluar kendali tubuh misalnya seperti kondisi medis tertentu, atau efek samping penggunaan obat-obatan, dan lainnya. Tidak jarang jika seseorang juga mungkin akan miliki kondisi yang sangat mudah untuk berkeringat bahkan pada saat malam hari.

Untuk bisa mendapatkan dan tahu cara atau metode apa yang tepat untuk mengatasi keluhan keringat berlebih yang Anda alami tersebut, Anda akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi sebagai tindakan awal. Untuk keluhan keringat berlebih yang sudah menimbulkan tanda dan gejala lain, sebaiknya Anda segera lakukan tindakan medis lengkap untuk tahu kondisi pastinya.

Klinik Utama Gracia memberikan Anda kemudahan untuk layanan konsultasi secara online atau teledokter yang siap membantu Anda di nomor 081336361555 secara langsung.

Baca Juga : Sering Dijauhi Teman, Ini Cara Menghilangkan Bau Ketiak


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.