Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Bau badan adalah ketika tubuh mengeluarkan aroma yang kurang menyenangkan, ada banyak penyebab bau badan yang menjadikannya bertambah menyengat. Hal ini juga termasuk dalam kondisi keluhan yang serius bagi beberapa orang yang mengalaminya. Bau badan dapat menjadi lebih dirasakan atau dialami ketika Anda mengalami kondisi-kondisi seperti :

• Pubertas
• Obesitas
• Diabetes
• Hiperhidrosis

Apa saja penyebab dari bau badan yang sering dirasakan oleh sebagian besar orang? Berikut adalah beberapa penyebab bau badan secara umum.

1. Bakteri

Tahukah Anda bahwa keringat itu sebenarnya tidak menghasilkan bau? Karena sebenarnya bakteri yang hidup dan tumbuh di bawah lengan atau kulit Anda lah yang menjadi penyebab bau badan itu muncul. Beberapa orang secara alami memiliki lebih banyak bakteri di bawah lengan mereka dan oleh karena itu akan lebih sulit untuk menghilangkannya.
 
Kondisi ini mungkin bisa disiasati dengan menggunakan sabun antibakteri, deodorant, atau dengan tetap menjaga areanya tetap kering. Secara alami memang bakteri dapat hidup dibagian-bagian tubuh tertentu, dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan inilah yang dapat menjadi penyebab utama dari bau badan yang Anda alami tersebut.

2. Masalah Psikologis


Ada dua jenis keringat yang dihasilkan oleh tubuh, yaitu :

• Keringat termal
• Keringat emosional

Keringat emosional atau yang disebabkan oleh faktor psikologis tentu berbeda dan juga berasal dari kelenjar yang berbeda. Keringat jenis ini lebih banyak mengandung protein dan lemak, dimana protein tersebut dapat manjdai sumber makan bakteri yang ada ditubuh Anda dan menghasilkan keringat yang lebih menyengat. Bahkan jika diperhatikan keringat ini akan memiliki penampilan yang sedikit berbeda dari keringat biasa. Respon emosional seperti stres, depresi, kekhawatiran, trauma dan lainnya adalah salah satu diantaranya yang menjadi penyebab bau badan Anda.

Baca Juga : Cara Hilangkan Bau Ketiak Secara Medis

3. Apa Yang Anda Konsumsi

• Makanan atau minuman manis.
• Makan makanan yang menggunakan minyak hidrogenasi (sebagian besar pada junk food atau makanan cepat saji).
• Berbagai jenis bawang-bawangan atau beberapa jenis rempah-rempah.
• Daging merah atau jenis makanan yang mengandung sulfur lainnya.
• Minuman beralkohol atau mengandung kafein.
 
Contoh seperti diatas adalah beberapa jenis makanan atau minuman yang membuat tubuh Anda sulit untuk dicerna dengan baik sehingga dapat menghasilkan keringat berlebih yang dikeluarkan oleh pori-pori dan menyebabkan bau menyengat pada tubuh setelah mengkonsumsinya. Sehingga apa yang Anda konsumsi juga dapat menjadi penyebab bau badan dan akan berhubungan dengan bau yang dihasilkan oleh tubuh.

Yang Sebaiknya Anda Lakukan


Banyaknya orang yang beranggapan bahwa keringat adalah penyebab utama dari adanya keluhan bau badan adalah hal yang salah. Karena kenyataannya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab bau badan Anda namun tidak dapat Anda sadari. Anda tentu harus memperhatikan beberapa gejalanya jika disertai dengan kondisi yang tidak biasa maka Anda akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

Karena dalam beberapa kasus keluhan bau badan atau penyebab bau badan Anda muncul dapat berasal dari kondisi lain yang lebih mendasar. Dalam beberapa kondisi mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada organ tubuh Anda seperti :

• Masalah ginjal.
• Penyakit hati.
• Gangguan hormonal.
• Kondisi genetika.

Setiap kondisi tersebut dapat diatasi dengan baik jika Anda juga mencari penanganan yang tepat. Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang dapat membantu Anda dalam mengatasi keluhan bau badan, bau ketiak, atau keringat berlebih secara medis. Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan kami dengan klik chatdokter atau telepon di nomor 081336361555. Layanan konsultasi kami tersedia secara gratis untuk Anda.

Baca Juga : Hindari Makanan Ini Untuk Cara Hilangkan Ketiak Basah!


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.