Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Semua orang pasti sudah mengenal istilah burket, yakni kepanjangan kalimat yang digunakan untuk menyebut ketiak basah, lalu bagaimana cara menghilangkan ketiak basah? Bahkan kondisi tersebut menjadi momok menakutkan bagi sebagian kalangan. Anda perlu memahami apa yang menjadi penyebab ketiak basah, sehingga memudahkan dalam melakukan langkah untuk mengatasinya sampai tuntas.

Walaupun ketiak basah tidak mempunyai dampak pada kesehatan, namun masalah yang ditimbulkan cukup menganggu interaksi ketika bersosialisasi serta penampilan. Dimana seseorang yang mempunyai masalah menjadi mudah minder atau tidak percaya diri, sehingga akan membatasi jarak dan gerak tubuh ketika berkomunikasi dengan seseorang.

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketiak Basah


Anda harus mengetahui bahwa ketiak basah terjadi karena adanya produksi keringat yang berlebihan di area lembab. Keringat merupakan sebuah proses alami tubuh untuk mengatur suhu. Namun keringat juga dapat mendinginkan tubuh yang kepanasan dengan cara menguapkannya pada permukaan kulit.

Lalu mengapa keringan merupakan kondisi yang sering timbul di area ketiak? Hal tersebut disebabkan ketiak mempunyai kelenjar apokrin yang baik dalam memproduksi keringat. Keringat mengandung asam lemak dan protein yang menyebabkan timbul warna kekuningan di daerahnya. Jika protein dan asam lemak di metabolisme oleh bakteri, maka akan timbul aroma yang kurang sedap ketika dihirup.

Baca Juga : 3 Penyebab Bau Badan Yang Menganggu Anda

1. Biasakan menggunakan deodoran

Anda mungkin lebih familiar dengan istilah deodorant sebagai produk pengharum ketiak. Padahal selain deodoran, masih terdapat antiperspirant yang bisa membantu menjaga tubuh tetap segar, meskipun berkeringat banyak.
 
Namun sebenarnya kedua produk tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Deodoran bertujuan mencegah bau badan karena efek harumnya, sedangkan antiperspiran lebih ditujukan sebagai cara menghilangkan ketiak basah. Jika ingin mencegah kondisi tersebut, Anda bisa berhenti menggunakan deodorant dan beralih mengenakan antiperspirant.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Walau sering dipandang sebelah mata, namun faktanya minum air putih dalam jumlah cukup bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketiak basah. Ini karena tubuh mendapatkan cairan dalam jumlah besar, maka suhu tubuh akan menurun dan menjadi dingin.

Tentu hal ini akan membantu kelenjar keringat menghasilkan cairan dalam jumlah normal atau tidak berlebihan. Pasalnya tubuh yang panas menjadi pemicu keluarnya keringat guna menyejukan suhu tubuh. Jadi kesimpulannya, Anda dianjurkan konsumsi banyak air yakni sekitar 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

3. Mencukur bulu ketiak secara rutin

Menggunakan produk antiperspirant untuk kurangi produksi keringat menjadi lebih optimal jika Anda rutin mencukur bulu ketiak. Bukan tanpa alasan, karena semua jenis rambut pada umumnya mempunyai kelembapan yang alami. Hal ini menyebabkan bulu ketiak yang panjang justru bisa semakin memperparah masalah ketiak basah.
 
Terutama jika Anda mempunyai bau badan tidak sedap, mencukur bulu turut membantu meredakan bau tersebut. Walaupun begitu, hindari langsung pemakaian antiperspirant setelah mencukur bulu ketiak. Sebaiknya Anda berikan jeda beberapa jam, karena produk tersebut dapat mengiritasi kulit yang baru saja dicukur.

4. Menggunakan pakaian berbahan katun

Jika Anda hobi menggunakan pakaian yang berbahan ketat atau tidak berbahan katun memang akan membuat penampilan terlihat lebih menarik. Namun disisi lain, akan memicu timbulnya noda basan di area ketiak. Sebabnya produksi keringat tidak mampu terserap dengan baik oleh bahan pakaian tersebut.

Diatas merupakan beberapa cara menghilangkan ketiak basah secara alami, jika teknik tersebut tidak mampu menghilangkan permasalahan Anda, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Utama Gracia. Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu di 085714263063. Sekian kami sampaikan mengenai cara menghilangkan ketiak basah, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Penyebab Bau Ketiak Dan Ini Yang Harus Anda Lakukan!


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.