Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Bau badan adalah kondisi dimana terjadinya bau atau aroma yang tidak sedap keluar dari lipatan ketiak. Berdasarkan penelitian, penyebab bau badan adalah bakteri yang menutup lapisan pori sehingga mampu memecah protein serta mengubahnya menjadi asam sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Adakah cara alami menghilangkan bau badan?

 

Bau badan bukanlah masalah yang serius, namun jika hal ini dibiarkan maka akan membuat rasa percaya diri Anda menjadi turun. Kadang, bau badan dapat menyebabkan Anda menjadi stress.

Cara alami menghilangkan bau badan

Sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan bau badan. Bagi Anda yang mempunyai masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa cara alami menghilangkan bau badan secara cepat yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Mandi 2x sehari

Jika Anda jarang mandi minimal 2x sehari, maka hal itu dapat menyebabkan terjadinya bau badan. Pada dasarnya setiap hari tubuh akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit. Keringat ini yang nantinya akan menyebabkan bakteri mudah sekali menempel dan bersarang, sehingga jika tidak dibersihkan secara rutin dan teratur, maka bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan terjadinya bau badan.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mandi terbaik untuk menghilangkan bau badan serta bakteri yang terdapat di dalam tubuh adalah sebanyak 2x sehari. Akan lebih baik jika sabun yang digunakan mengandung kandungan antibacterial di dalamnya.

 

  1. Menggunakan deodorant atau antiperspirant

Saat ini deodorant serta antiperspirant tengah menjadi produk yang paling digemari di kalangan masyarakat untuk mengatasi penyebab bau badan dan keringat. Walaupun terlihat sama, namun sebenarnya fungsi dari kedua produk ini sangatlah berbeda. Bahkan banyak dari konsumen yang belum mengetahui fungsi serta kegunaan produk tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa deodorant adalah produk yang berguna untuk mencegah terjadinya bau badan namun tidak mampu mengurangi keluarnya keringat, sedangkan antiperspirant adalah produk yang mampu digunakan untuk dapat mengurangi keringat berlebih. Namun sangat disarankan bagi Anda untuk memakai produk deodorant saja sebab terkadang antiperspirant dapat membuat kulit Anda mengalami iritasi, peradangan serta menimbulkan biang keringat.

 

  1. Menghindari mengkonsumsi makanan penyebab bau badan

Agar bau badan tidak menghantui Anda dalam melakukan aktifitas sehari-hari, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari makanan penyebab bau badan, seperti daging merah, rempah-rempah, alkohol & kafein, makanan cepat saji (junkfood) dan tembakau.

 

  1. Banyak mengkonsumsi buah

Cara alami menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan segar merupakan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh Anda sekaligus makanan yang dapat membuat usus Anda menjadi lebih sehat serta membuat keringat Anda menjadi tidak berbau. Terdapat beberapa buah yang dipercaya mampu menghilangkan bau badan secara alami, seperti buah apel, papaya, jeruk, jambu biji, serta beberapa buah lainnya. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda yang mempunyai masalah mengenai bau badan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah.

 

  1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman obat yang terkenal akan khasiatnya yang sangat banyak, terutama bagi organ kewanitaan. Selain mempunyai manfaat bagi organ kewanitaan, ternyata kandungan antibacterial yang terdapat di dalamnya sangat efektif untuk mengatasi bau badan. Adapun cara alami mengatasi bau badan menggunakan daun sirih adalah dengan menumbuk halus daun sirih lalu dioleskan ke seluruh bagian tubuh yang menjadi sumber bau badan, setelah itu diamkan selama 10 menit dan dibilas dengan menggunakan air hangat.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengkonsumsi daun sirih yang telah direbus secara rutin dan teratur untuk mengatasi bau badan.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan bau badan yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai hal ini, Anda dapat langsung berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.