Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 


Bau keringat pada ketiak menjadi permasalahan yang sering sekali dialami banyak orang. Ketika hal ini terjadi makan otomatis membuat kepercayaan diri menurun drastis. Kondisi yang sangat mengganggu ini harus segera diatasi dengan melakukan cara menghilangkan bau keringat yang tidak sedap pada ketiak.

Penyebab dari bau tidak sedap ini bukan hanya karena banyaknya keringat yang keluar dari tubuh, namun karena keringat yang keluar bercampur dengan bakteri sehingga muncul lah bau yang tidak sedap. Keringat berasal dari kelenjar ekrin dan apokrin yang umumnya memang sudah memiliki aroma yang khas, namun bukan bau yang tidak sedap.

Selain karena adanya bakteri, bau keringat yang tidak sedap pada ketiak juga disebabkan karena faktor lain, bisa karena stres, emosi, ataupun konsumsi makanan sehari-hari yang akhirnya memicu munculnya bau yang tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau keringat yang tidak sedap pada ketiak.

  1. Mandi Secara Rutin

Bila kondisi bau yang tidak sedap dari ketiak disebabkan oleh keberadaan bakteri, maka untuk mengatasinya adalah dengan mandi secara rutin. Bila Anda mandi secara rutin makan bakteri yang berada di ketiak akan dengan mudah dihilangkan. Anda juga bisa mandi dengan menggunakan sabun yang memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Selain itu, pastikan Anda mengeringkan tubuh terutama bagian lipatan tangan dan ketiak secara benar dengan menggunakan handuk yang bersih sebelum berpakaian, agar tubuh tidak lembab dan mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri.

  1. Menggunakan Deodoran Dan Antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant akan membantu Anda untuk mengurangi keringat dan bau keringat yang menyengat yang berasal dari ketiak. Saat ini juga sudah banyak produk yang menawarkan solusi untuk menghilangkan bau keringat ketiak yang tidak sedap. Deodoran sendiri berfungsi untuk menghilangkan bau, dan antiperspirant berguna untuk mengurangi produksi keringat yang berlebihan.

  1. Memilih Konsumsi Makanan

Makanan juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya bau keringat ketiak yang tidak sedap. Untuk itu, Anda harus memilih makanan apa yang akan Anda konsumsi agar tidak terjadi bau tidak sedap. Makanan-makanan seperti makanan pedas, yang beraroma seperti bawang putih dan bawang merah, kafein, dan alkohol dapat menyebabkan keringat berbau tidak sedap.

  1. Menggunakan Obat Tradisional

Banyak bahan yang berasal dari alam yang ampuh sebagai cara menghilangkan bau keringat yang tidak sedap pada ketiak, berikut penjelasannya:

  • Daun sirih. Daun ini memiliki kandungan antibakteri di dalamnya yang dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan bau ketiak yang tidak sedap. Caranya, tumbuk daun sirih dan oleskan pada area ketiak. Bersihkan setelah 15 menit.
  • Daun kemangi. Daun yang sering dijadikan lalapan ini ternyata juga bisa menghilangkan bau tidak sedap karena kandungan mineral dan antibakteri di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi daun ini secara rutin agar permasalahan Anda dapat teratasi.
  • Cengkeh. Cengkeh juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat menjadi cara menghilangkan bau keringat pada ketiak yang tidak sedap. Caranya rendam cengkeh menggunakan air hangat, lalu minum air rendaman sebanyak 3 kali dalam seminggu, ataupun dengan mengoleskan air rendaman pada bagian ketiak.

Cara-cara di atas dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan bau ketiak yang Anda alami agar tidak mengganggu keseharian Anda. Bila Anda ingin mencoba cara tradisional, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu apakah pemakaian bahan tersebut sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Anda bisa berkonsultasi terkait hal tersebut pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online.