Apa yang menjadi penyebab keputihan gatal bagi seorang wanita? Pada dasarnya keputihan merupakan kondisi yang terjadi secara alamiah pada organ reproduksi seorang wanita. Namun bagaimana jika seorang wanita mengalami sebuah keluhan keputihan yang disertai dengan perubahan warna, tekstur atau bentuk, serta iritasi dan gatal?

Keputihan Pada Wanita

Ketika Anda mengalami sebuah keputihan tidak biasa maka itu berarti keseimbangan alami vagina Anda mengalami gangguan atau masalah yang menganggu kondisi lingkungan normalnya. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab keputihan gatal, berbau, atau memiliki warna yang tidak biasa pada seorang wanita. Akan tetapi sebagian besar penyebab adanya keluhan keputihan abnormal disebabkan oleh adanya infeksi baik dari bakteri, jamur atau organisme lainnya.

Kelenjar pada vagina, leher rahim (serviks), dan organ reproduksi bagian dalam wanita akan menghasilkan sejumlah sekresi yang mengalir menuju keluar tubuh dengan membawa sel-sel sisa. Proses alamiah tersebutlah yang sering kita katakan sebagai bentuk keputihan yang terjadi pada seorang wanita.

Namun apa yang menjadi penyebab keputihan pada seorang wanita? Khususnya untuk penyebab keputihan gatal yang terjadi pada sebagian besar wanita. Banyak diantara sebagian besar wanita akan mengalami keluhan keputihan akibat dari adanya beberapa faktor penyebab. Diantara kondisi-kondis tersebut memang akan jauh lebih didominasi dengan adanya faktor eksternal yang mempengaruhi keseimbangan organisme didalam organ reproduksi Anda.

Normal Dan Abmormalnya Keputihan Bagi Wanita

Sekresi keputihan yang keluar dari dalam vagina Anda memang dapat bervariasi atau berbeda-beda dari satu orang dengan orang lainnya. Bagaimana seseorang dapat mengidentifikasi adanya penyebab keputihan gatal? Keputihan dapat digolongkan menjadi kondisi yang normal dan abnormal, serta menjadi penyakit mendasar atau memang menjadi sebuah gejala dari adanya keluhan lain.

Sebagai seorang wanita Anda juga diharuskan untuk jeli dan teliti pada kesehatan area organ reproduksi, yang mana area tersebut merupakan aset jangka panjang yang dimiliki oleh seorang wanita. Sehingga jika Anda memiliki keluhan dengan gejala seperti :

• Jumlah keputihan yang tidak seperti biasa.
• Berwarna (putih susu, kekuningan, kehijauan, kecoklatan atau kemerahan, dan lainnya).
• Memiliki bau tidak sedap pada area vagina atau keputihan.
• Berbentuk atau bertekstur (lebih kental, cair, atau seperti menggumpal).
• Disertai dengan rasa gatal dan kemerahan.

Ketika seorang wanita mengalami keluhan tersebut maka secara tidak langsung Anda bisa mendapatkan diagnosis keluhan keputihan abnormal atau keluhan ginekologi. Dan saat ini banyak wanita yang tidak bisa menyadari kondisi tersebut atau juga terkadang lebih bersikap tidak peduli pada keluhan keputihan yang dirasakannya.

Penyebab Keputihan Yang Terjadi Pada Wanita

Termasuk dalam keputihan abnormal, apa penyebab keputihan gatal pada seorang wanita? Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa dijadikan indikasi penyebab keputihan gatal dan lainnya, yaitu :

• Infeksi Ragi atau Jamur

Ragi atau jamur memang menjadi organisme yang sering menjadi penyebab keputihan gatal. Namun selama keseimbangan pertumbuhannya masih dalam batas wajar, biasanya ini juga tidak menimbulkan masalah serius. Berbeda ketika ragi atau jamur yang ada disekitar vagina sudah mulai tidak terkendali dan akhirnya menimbulkan gejala ketidaknyamanan berlebih termasuk gatal, nyeri, ataupun lainnya.

• Penyakit Menular Seksual (PMS)

Sejumlah infeksi dari penyakit menular seksual (PMS) juga bisa menimbulkan adanya keluhan keputihan gatal disertai dengan gejala-gejala lainnya. Kondisi infeksi ini diantaranya mungkin seperti klamidia, gonore, herpes, dan trikomoniasis. Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan mengalami sebuah gejala yang serius dan fatal akibat dari infeksi jenis ini.

• Bacterial Vaginosis (BV)

Seorang wanita mungkin tidak akan asing dengan istilah BV atau bacterial vaginosis ini, karena sebagian besar wanita saat ini banyak yang mengalami kondisi tersebut. Sama halnya dengan infeksi lain, BV dipicu oleh ketidakseimbangan perumbuhan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang berperan didalam vagina Anda sehingga tidak jarang menimbulkan masalah keputihan yang terasa gatal.

• Tekanan Psikologis

Stres fisik dan emosional atau jika Anda mengalami tekanan psikologis yang serius juga bisa memicu adanya perubahan hormon dan mengakibatkan adanya keluhan keputihan abnormal yang disertai dengan gatal ataupun iritasi pada vagina. Sehingga secara tidak langsung ini juga bisa menjadi penyebab keputihan gatal pada seorang wanita.

Bagaimana Penyebab Keputihan Gatal Didiagnosis?

Jika Anda mengalami sebuah keputihan abnormal, tentu Anda akan merasakan kondisi gejala yang lebih serius atau lebih parah jika terus-menerus dibiarkan. Banyak faktor penyebab keputihan gatal yang dirasakan oleh wanita dan begitu pula dengan kondisi yang tepat dalam mendiagnosis penyebab keluhan tersebut agar dapat sesuai dan tepat.

Sebuah diagnosis diperlukan guna menemukan penyebab keluhan serta berguna untuk menentukan jenis atau metode pengobatan apa yang tepat untuk dilakukan dan diberikan pada seorang pasien. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat Anda tentu akan membutuhkan sebuah pemeriksaan secara langsung dengan dokter atau tenaga medis terkait.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk keluhan keputihan biasanya dapat berupa seperti :

• Pemeriksaan panggul

Pemeriksaan eksternal pada area sekitar organ kelamin Anda untuk memastikan adanya gejala fisik yang terlihat. Pemeriksaan panggul ini juga bisa mencakup berbagai bagian didalam organ reproduksi seorang wanita, sehingga sebagian besar dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ini.

• Uji sekret vagina

Pengambilan sampel sekret (cairan) vagina dilakukan untuk uji laboratorium guna menentukan jenis mikroorganisme penyebab keluhan serta mengindentifikasi kondisi keluhan yang Anda rasakan. Selain itu ini juga bisa membantu dokter Anda dalam menentukan jenis pengobatan apa yang tepat dan efektif.

Ketika gejala keputihan meningkat hingga menarah pada beberapa gejala lain atau semakin bertambah serius. Segera lakukan pemeriksaan dan pengujian agar diketahui penyebabnya secara pasti, serta Anda juga bisa mendapatkan pengobatan sedini mungkin dari keluhan yang Anda rasakan, sebelum berubah menjadi sebuah bahaya kesehatan yang serius.

Jika Anda mengalami keputihan yang disertai dengan gejala-gejala signifikan yang mengarah pada kondisi tidak biasa, jangan biarkan kondisi tersebut! Segera lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia, klinik khusus yang menangani keluhan ginekologi Anda. Cari tahu lebih banyak informasi melalui layanan konsultasi kami di nomor 081336361555 sekarang.