Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal

Cara mengobati keputihan yang gatal tidak dapat dilakukan hanya dengan melakukan pengobatan saja, diperlukan beberapa perubahan dan tips untuk bisa mengatasinya. Dalam beberapa kondisi seorang wanita memang akan lebih umum untuk merasakan keluhan keputihan yang disertai dengan adanya gatal, banyak kemungkinan dan faktor yang dapat menjadikannya sebagai pemicu keluhan tersebut.

Sebuah faktor penyebab dapat meningkatkan jumlah keputihan yang dialami oleh seorang wanita. Kelenjar di area serviks dan dinding vagina normalnya menghasilkan cairan bening, dengan warna putih yang tipis, berbau ringan dan khas, serta dikeluarkan dalam jumlah sedang pada setiap harinya. Ini adalah proses alamiah guna membersihkan dan menjaga area vagina tetap dalam kondisi sehat.

Cari tahu informasi kesehatan lebih banyak mengenai keluhan keputihan Anda dan temukan tips serta cara mengobati keputihan yang gatal dalam artikel ini.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Kuning Dan Bau Pada Wanita

Faktor Internal Pada Keluhan Keputihan Wanita


• Masa ovulasi

Masa dimana seorang wanita mengalami pelepasan sel telur dari ovariumnya dan siap mendapatkan sperma untuk proses pembuahan ini biasanya akan cenderung untuk menghasilkan cairan vagina lebih banyak dari biasanya, sehingga Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala tambahan lain seperti gatal, ketidaknyamanan, iritasi, dan lain sebagainya.

• Kehamilan

Perubahan pada serviks selama kehamilan akan mempengaruhi produksi cairan keputihan Anda karena serviks dan dinding vagina akan lebih melunak akibat kepala bayi menekan serviks untuk memberikan jalan lahir. Hasilnya tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan guna membantu mencegah adanya infeksi.

• Hormon dan siklus menstruasi

Kadar hormon estrogen wanita mungkin mengalami ketidakseimbangan dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita, akhirnya ini mungkin akan lebih mudah untuk menjadikan perubahan siklus hormonal yang tidak seimbang dan mengakibatkan adanya keluhan keputihan tidak biasa.

• Kondisi emosional


Kondisi emosional seorang wanita juga memberikan pengaruhnya ketika terjadi sebuah keluhan keputihan, hal ini karena otak yang berperan sebagai sistem kendali dalam mengatur kondisi hormon yang dihasilkan dalam tubuh, misalnya seperti hormon kegembiraan yang diproduksi untuk menciptakan sensasi kesenangan tentu akan lebih menghindari seorang wanita mendapatkan malasah emosional atau psikologis.

Dapatkan Diagnosis Yang Tepat Dari Dokter

Cara untuk mendapatkan diagnosis yang tepat tentu dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara medis. Hal ini penting untuk Anda lakukan guna tahu kondisi dan dan juga cara mengobati keputihan yang gatal dirasakan tersebut. Anda akan mendapatkan sebuah pemeriksaan medis yang dilakukan dengan mengambil sampel cairan atau sekresi vagina.
 
Sampel akan dikumpulkan untuk dilakukan pengujian mikroskopik dengan laboratorium agar dapat nenetapkan diagnosis jenis infeksi atau penyebab keluhan tersebut. Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, proses perawatan dan pengobatan dapat dilakukan dan dimulai berdasarkan hasil pemeriksaan yang didapat.

Begini Tips Dan Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal Anda


Tahukah Anda bahwa cara mengobati keputihan yang gatal mungkin bisa dimulai dengan menerapkan beberapa perubahan pada praktik kebersihan yang dilakukan dengan baik dan benar. Coba lakukan beberapa tindakan perubahan seperti dibawah ini sebagai cara mengobati keputihan yang gatal, misalnya :

• Konsumsi lebih banyak makanan atau minuman yang menggandung mikroorganisme hidup, misalnya seperti yoghurt atau sejenis susu fermentasi yang mengandung bakteri baik.
• Atasi rasa gatal diarea vagina Anda dengan kompres atau basuh menggunakan air hangat.
• Tidak menggaruk area yang terasa gatal.
• Hindari penggunaan tampon, obat pencucu vagina, atau pantyliner berlebih saat terjadi keluhan keputihan guna menghindari adanya reaksi iritasi maupun gatal.
• Hindari kontak seksual dalam bentuk apapun untuk mencegah adanya infeksi berbahaya.
• Jika Anda memiliki riwayat diabetes, kontrol kadar gula dalam darah anda dengan baik karena jika tidak terkendali maka kondisinya akan rentan mengakibatkan keluhan keputihan yang disertai dengan gatal.
• Hindari konsumsi antibiotik berlebih secara sembarang, karena bisa merusak keseimbangan organisme baik yang ada didalam area vagina Anda.

Mencoba beberapa perubahan gaya hidup dapat menjadi cara mengobati keputihan yang gatal secara sederhana dari pribadi. Namun Anda juga masih akan tetap membutuhkan perawatan dan pengobatan jika kondisi keluhan keputihan yang Anda rasakan tersebut sudah termasuk dalam kondisi yang abnormal atau tidak biasa.

Klinik Utama Gracia memberikan perawatan dan pengobatan medis terpadu untuk mengobati dan menyembuhkan keluhan keputihan atau keluhan ginekologi Anda lainnya. Lakukan pemeriksaan dan konsultasi awal untuk tahu kondisi Anda secara pasti sekarang! Klik layanan chat dokter atau teledokter kami dinomor 081336361555 untuk informasi dan pertanyaan yang Anda butuhkan.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Warna Coklat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.