Keputihan adalah suatu kondisi medis dimana seorang wanita mengalami keputihan yang berwarna putih, tipis dan lengket. Kondisi ini terlihat sangat umum pada wanita usia reproduksi. Setiap perbedaan dalam warna, konsistensi dan bau adalah indikasi infeksi dan perlu melakukan pengobatan dengan segera mungkin.

Pengertian Keputihan Adalah

Keputihan adalah kondisi yang dialami semua wanita. Warnanya yang putih (bening), tipis (atau tebal), lengket dan tidak berbau. Keputihan disebabkan oleh lendir yang dikeluarkan dari dinding serviks (leher rahim) dan vagina. Ini juga disebabkan oleh peningkatan kadar hormon terutama hormon estrogen.

Kemunculan keputihan mengindikasikan bahwa vagina dijaga tetap bersih dan dalam kondisi sehat. Keputihan terdiri dari lendir yang dikeluarkan dari vagina dan serviks (leher rahim) bersama dengan sel-sel tua dan flora bakteri normal vagina. Beberapa wanita lebih sering mengalami keputihan daripada yang lain. Namun pada kebanyakan wanita menganggapnya hal yang menakutkan dan tidak nyaman. Pada kebanyakan wanita merasa malu untuk mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter.

Apa Yang Menjadi Penyebab Keputihan?

Penyebab keputihan adalah :

1. Penyebab Keputihan Fisiologis

Keputihan adalah jenis yang disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama masa pubertas dan kehamilan. Selama kehamilan, jumlah keluarnya bisa meningkat. Namun bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan.

2. Penyebab Keputihan Patologis

Disebabkan oleh banyak faktor, seperti :

• Infeksi yang menyebabkan peradangan kelenjar themucus pada area genital menyebabkan sekresi lendir berlebih yang dicampur dengan nanah.

• Infeksi bakteri disebabkan oleh Chlamydia dan Gardnerella Vaginalis. Serta dapat menyebabkan penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan AIDS. Pada wanita dengan PMS menunjukkan keputihan abnormal (tidak normal). Keluarnya kencing nanah dengan lendir dan bau busuk.

• Infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida Albicans menyebabkan keputihan dan benjolan disertai dengan rasa gatal di area genital.

• Protozoa Parasit yang menyebabkan keputihan, Trichomonas Vaginalis adalah penyebab paling umum dari keputihan. Mengarah pada infeksi yang mempengaruhi keduanya, lapisan vagina dan serviks (leher rahim). Ini menyebabkan keputihan dan peradangan kronis. Dan menyebar atau menular melalui hubungan seksual. Cairan yang berlimpah dan berwarna kehijauan serta menggumpal.

• Infeksi akibat Candida Albicans dan Trichomonas Vaginalis adalah penyebab paling umum dari keputihan patologis.

• Area vagina tidak selalu dibersihkan.

• Penggunaan tampon untuk durasi waktu yang lama.

• Menggunakan celana berbahan nilon.

Gejala Apa Saja Yang Berpengaruh Terhadap Keputihan?

Gejala keputihan adalah :

• Perubahan warna, konsistensi dan bau. Warna kuning dan hijau, tekstur tebal dan cairan seperti susu dengan bau yang tidak sedap.
• Keputihan yang persisten dan berlimpah.
• Nyeri saat berkemih.
• Nyeri di area panggul (pelvic) dan betis.
• Kelesuan dan kelemahan.
• Terasa gatal di area genital.
• Sakit kepala.

Bagaimana Keputihan Didiagnosis?

Konsultasikan masalah keputihan dengan dokter. Penyebab keputihan harus diketahui sehingga pengobatan yang tepat bisa dilakukan. Diagnosis secara rutin dapat meliputi :

• Pemeriksaan fisik area vagina untuk cedera.
• Tes atau pengujian mikrobiologis dilakukan untuk mendiagnosis penyebab infeksi yang mendasarinya.
• Pap smear dan biopsi serviks (leher rahim) untuk memeriksa kanker serviks (leher rahim).
• Tes atau pengujian darah dan tes atau pengujian urine untuk mendeteksi infeksi.
• PH vagina dan serviks (leher rahim) ditentukan. PH vagina adalah 4.5 dan meningkat pada infeksi bakteri dan trikomoniasis.

Cara Penanganan Keputihan Pada Wanita

Setiap wanita harus mengkonsultasikan dengan dokter ketika mengalami keputihan yang terlalu berat dan tidak menunjukkan karakteristik normal. Keputihan fisiologis terutama disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Pengobatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan akan sangat membantu. Namun pada wanita hamil harus mengkonsultasikan dengan dokter kandungan juga sebelum melakukan pengobatan keputihan. Karena pengobatan diberikan sesuai resep dan petunjuk dari dokter. Pengobatan keputihan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Hanya dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 Anda bisa melakukan pengobatan atau dengan konsultasi seperti dibawah ini.