Anda butuh cara mengatasi keputihan yang gatal? Coba kunjungi dokter, klinik, atau layanan kesehatan khusus untuk tahu lebih banyak tentang cara mengatasi keputihan yang gatal beserta dengan pengobatannya. Ada beberapa pilihan tes dan pengujian dalam menentukan sebuah cara mengatasi keputihan yang gatal untuk seorang wanita.

Munculnya Gejala Keputihan Yang Gatal

Hampir semua jenis keluhan keputihan yang disebabkan oleh infeksi tentu akan menyebabkan adanya reaksi gatal atau sensasi terbakar saat berkemih. Selain itu Anda juga bisa merasakan beberapa gejala lain, mislanya :

• Perubahan yang mungkin menandakan masalah termasuk peningkatan jumlah cairan keputihan.
• Perubahan warna atau bau keputihan yang tidak biasa.
• Iritasi atau peradangan di dalam atau di sekitar vagina Anda.
• Nyeri vagina saat atau setelah melakukan kontak seksual.

Jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda ini, Anda harus berbicara dengan dokter dan segera lakukan tindakan pengobatan sedini mungkin sebelum keluhan semakin bertambah parah dengan bertambahnya hari. Keluhan dan cara mengatasi keputihan yang gatal dapat dilakukan dengan baik jika Anda juga memilih langkah terbaik.

Uji Dan Tes Medis Untuk Keluhan Keputihan

Berikut adalah beberapa cara mengatasi keputihan yang gatal dengan menggunakan metode secara medis. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat melakukan beberapa jenis tes dan pengujian untuk membantu proses diagnosis maupun pemilihan pengobatan, diantaranya dapat termasuk seperti :

Baca Juga : Keputihan Adalah Sesuatu Kondisi Bisa Normal Dan Tidak

• Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan secara fisik yang juga dapar berupa pemeriksaan panggul dimana dokter Anda mungkin akan melihat area genital dan sekitarnya guna melihat adanya kemungkinan kelainan pada jaringan maupun organ lain disekitarnya.

• Tes pH (tingkat keasaman)

Jenis pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat keseimbangan antara tingkat keasaman dan perkembangan organisme baik pada vagina. Tingkat asam dari cairan keputihan Anda dapat menunjukan adanya infeksi sehingga dapat menyebabkan perubahan pH.

• Pengujian Sampel

Sampel cairan keputihan atau cairan serviks akan diperiksa di bawah mikroskop untuk memeriksa infeksi jamur, bakteri, trichomonas, atau jenis organisme mikroskopik lainnya yang mungkin menyebabkan keluarnya keputihan abnormal yang Anda rasakan tersebut.

• Tes PMS (penyakit menular seksual)

Pangambilan sampel tersebut juga bisa mendapatkan tes laboratorium guna dilakukan pengujian seperti gonore (kencing nanah), klamidia, trichomonas, herpes genital maupun kemungkinan infeksi PMS lainnya yang menimbulkan keluhan keputihan.

Jenis Perawatan Dan Cara Mengatasinya

Dokter Anda akan meninjau riwayat medis selama melakukan pemeriksaan fisik. Setelah hasil pemeriksaan didapat, langkah selanjutnya adalah dokter akan membantu mengidentifikasi infeksi yang tepat dan mempertimbangkan jenis serta metode rencana perawatan. Pengobatan akan tergantung pada jenis infeksi, tujuan dari perawatan adalah untuk menghilangkan gejala dan mendapatkan cara mengatasi keputihan yang gatal agar terobati dan disembuhkan dengan tepat.

• Pemberian Obat

Sebagian besar infeksi keputihan memerlukan obat resep, tidak dianjurkan untuk menggunakan obat bebas. Jenis obat-obatan akan termasuk antibiotik dan obat antijamur. Proses pengobatan ini bisa oral, injeksi, atau topikal disesuaikan dengan kondisinya.

• Modifikasi Kebersihan Pribadi

Adalah kondisi yang normal bagi seorang wanita untuk mencoba menghindari infeksi penyebab keputihan. Namun karena berbagai faktor yang dapat mengganggu keseimbangan dalam vagina, pencegahan dan cara mengatasi keputihan yang gatal mungkin akan lebih sedikit sulit. Selain pengobatan medis, Yang bisa dilakukan wanita adalah mempraktikkan kebersihan pribadi dengan baik. Misalnya lakukan kontak seksual yang aman, menghindari sabun dengan bahan kimia tinggi, dan pilih alat kontrasepsi yang tepat.

Kunjungi Klinik Utama Gracia Untuk Pengobatan Lebih Lanjut

Sangat penting bahwa ketika sebuah infeksi pada organ genital harus segera diobati karena dapat berkembang menjadi sebuah kondisi yang lebih parah. Misalnya seperti penyakit radang panggul (PID) ini juga bisa menyebabkan adanya keluhan keputihan abnormal yang disertai dengan gejala gatal dan lainnya. Jika terjadi ini dapat menyebabkan infertilitas, kehamilan ektopik, atau kondisi peradangan ginekologi serius lainnya.

Segera kunjungi Klinik Utama Gracia untuk konsultasi dan pemeriksaan secara langsung atau lakukan reservasi disistem kami dengan telepon ke nomor 081336361555 lebih jelasnya.