Keputihan pada wanita adalah fenomena fisiologis dan beberapa bentuk keputihan yang dianggap sebagai hal yang sangat normal. Lalu bagaimana cara menyembuhkan keputihan pada wanita? Ada beberapa kondisi atau kelainan wanita yang dikenali oleh perubahan jumlah, warna, konsistensi, durasi atau bahkan bau keputihan. Dengan demikian sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keputihan normal dan keputihan abnormal (tidak normal).

Arti Dari Keputihan Pada Wanita Adalah

Keputihan adalah lendir atau cairan yang dikeluarkan dari vagina. Pada kebanyakan anak perempuan akan memperhatikan jika adanya sedikit keputihan untuk sementara waktu sebelum menstruasi untuk pertama kalinya, atau kemungkinan 1 tahun atau 2 tahun sebelumnya. Semua wanita biasanya memiliki cairan yang berlendir, berwarna putih seperti susu atau bening. Bau nya yang tidak menyenangkan dan cairannya yang normal biasanya tidak menyebabkan rasa gatal. Tingkat keputihan bervariasi dari wanita ke wanita dan selama siklus menstruasi. Jumlah sekresi terbesar terjadi di sekitar ovulasi.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Pada Wanita?

Dalam kasus jumlah cairan yang tidak normal (abnormal) biasanya merupakan peradangan pada vagina yang menjadi penyebabnya. Inilah warna dan konsistensi dari keputihan dapat memberi tahu mengenai kondisi tubuh. Inilah penyebab dari keputihan yang :

Baca Juga : ciri ciri keputihan yang berbahaya Itu Seperti Apa?

• Berdarah Atau Berwarna Cokelat

Kemungkinan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Meski sangat jarang bisa jadi itu gejala kanker serviks (leher rahim) atau endometrium.

• Berawan Atau Berwarna Kuning

Bisa menjadi gejala gonore (kencing nanah). Gejala lain dapat berupa perdarahan diantara periode inkontinensia urine atau nyeri panggul (pelvic).

• Berbusa, Berwarna Kuning Atau Kehijauan Dan Bertekstur Tipis Serta Bau Yang Tidak Enak

Ini bisa menjadi tanda trikomoniasis. Keputihan muncul dalam jumlah besar disertai rasa sakit dan ini adalah IMS yang menyebabkan peradangan pada vagina atau uretra wanita dan dalam uretra pria. Selaput lendir teriritasi, bengkak dan sakit. Penyakit ini tidak berbahaya dan mudah diobati dan tidak menyebabkan komplikasi.

• Berwarna Putih Dan Kental Seperti Keju

Ini adalah gejala infeksi jamur dan ini disertai dengan rasa sakit, terasa gatal dan kemerahan di sekitar vagina dan di dalam vagina. Infeksi ragi adalah kondisi yang sama sekali tidak berbahaya dan sering sembuh tanpa pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita. Pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita dengan antijamur dapat membantu, kekambuhan adalah masalah utama bagi sebagian orang.

• Berwarna Putih, Abu-Abu Dan Kuning Serta Bau Amis

Ini bisa menjadi tanda vaginosis bakteri. Ini adalah penyebab paling umum keluarnya keputihan wanita. Seringkali aroma tidak menyenangkan dari keputihan adalah gangguan yang paling mnejengkelkan. Ini disebabkan oleh perubahan dalam lingkungan mikroba vagina. Sebagian dengan kondisi tersebut tanpa adanya gejala. Dan biasanya tidak ada pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita untuk itu. Karena sistem kekebalan tubuh akan menyembuhkan kondisinya dan ini adalah kondisi yang tidak berbahaya.

• Meningkatnya Keputihan Dan Terkadang Berdarah

Dapat menjadi tanda servisitis kemungkinan disebabkan oleh berbagai jenis infeksi seperti klamidia, trikomoniasis dan kemungkinan gonore (kencing nanah) atau herpes.

Apa Saja Gejala Keputihan Pada Wanita?

Biasanya ada perubahahan dalam jumlah sekresi bersama dengan perubahan lain dan gejala yang terkait adalah :

• Debit tebal.
• Terasa gatal.
• Bengkak dengan atau tanpa kemerahan di sekitar vulva.
• Terasa nyeri atau sensasi terbakar saat kencing.
• Debit berwarna putih.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.

Gejalanya seperti tidak boleh diabaikan dan harus segera diobati. Ada beberapa pengobatan yang berbeda untuk keputihan yang dapat diterapkan untuk menyingkirkan kelebihan keputihan abnormal (tidak normal), seperti :

• Masalah yang disebabkan karena keputihan.
• Ketidakseimbangan hormon.
• Penyakit menular seksual (PMS).
Peradangan panggul (pelvic).
• Masalah hormonal.
• Infeksi vagina.
• Kanker ovarium.
Infeksi serviks (leher rahim).

Jika keputihan menyebabkan masalah, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mendiagnosisnya

Konsultasikan dengan dokter, dokter akan menanyakan riwayat medis serta menanyakan gejala-gejala keputihan yang lain yang terkiat dan melakukan pemeriksaan medis. Usap vagina kemungkinan dilakukan dan sangat membantu dalam mendiagnosis serta pemeriksaan mikrobiologis, PH, pap smear juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis kondisi tersebut.

Ketahui Cara Menyembuhkan Keputihan Pada Wanita Dengan Cepat

Setelah didiagnosis untuk kondisi patologis, pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita bertujuan untuk memberantas penyakit yang mendasarinya yang dapat dilakukan dengan menggunakan antimikroba (antivirus atau antibakteri). Pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita ini dapat menghilangkan gejala yang terjadi.

Pengobatan atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan keputihan dan penyakit ginekologi lainnya. Keputihan memang hal yang wajar untuk setiap wanita. Namun saat mengalami keputihan tidak normal (abnormal) maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dengan menghubungi 081336361555 atau dibawah ini.