Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Selaput dara robek karena jari apakah berbahaya? Selaput dara adalah sepotong jaringan yang melapisi lubang vagina. Selaput dara memiliki lubang yang bisa masuk dari berbagai ukuran dan bisa berbentuk tipis atau tebal. Biasanya selaput dara memiliki lubang seukuran jari atau seukuran tampon kecil. Dan itu sangat normal ketika merasakan ketidaknyamanan saat menggunakan tampon.

Selaput Dara Adalah

Selaput dara robek karena jari apakah berbahaya? Selaput dara adalah jaringan yang ada di sekitar lubang vagina dan memiliki lubang lagi didalamnya yang kemungkinan cairan menstruasi keluar dari tubuh. Selaput dara dikaitkan dengan keperawanan karena biasanya pecah selama hubungan seksual. Namun waspadai saat selaput dara robek karena jari, karena seorang wanita dapat kehilangan keperawanannya. Ada berbagai kondisi dimana selaput dara bisa pecah dan robek tanpa seksual. Selaput dara robek karena jari, apakah bisa?

Selain Selaput Dara Robek Karena Jari, Penyebab Lainnya Adalah


Selaput dara robek karena jari apakah berbahaya? Jaringan selaput dara sedikit melar dan ketika jari Anda atau jari pasangan Anda masuk, maka selaput dara dapat meregang atau hancur. Ketika selaput dara robek atau pecah, maka dapat menyebabkan rasa sakit dan perdarahan. Dengan memasukkan benda apapun ke dalam vagina seperti jari dapat menyebabkan hal lain terjadi.

Ketika seorang wanita terlibat dalam olahraga seperti senam, menunggang kuda juga bisa mematahkan selaput dara. Ini juga bisa pecah selama latihan yang intens dimana rasa sakit kemungkinan dirasakan. Jika adanya bercak setelah melakukan aktifitas fisik yang berat dan bukan menstruasi, itu bisa jadi karena selaput dara pecah. Selaput darah pecah biasanya tidak ada rasa sakit atau perdarahan dalam hubungan berikutnya. Meskipun menyakitkan untuk yang pertama kalinya, rasa sakit itu tidak menyiksa. Jika semakin memburuk maka usahakan hentikan aktifitas seksualnya.

Baca Juga : Apa Itu Operasi Selaput Dara Wanita

Gejala Dan Jenis Selaput Dara Robek Pada Umumnya

Gejalanya bisa terjadi perdarahan pada umumnya terjadi ketika selaput dara rusak. Dan ini adalah kejadian yang normal dan kemungkian membuat tidak nyaman atau adanya rasa sakit. Adapun jenis selaput dara yang lainnya pada umumnya, yaitu :
 
• Selaput dara yang menutupi jalan masuknya ke vagina.
• Selaput dara yang terletak di dalam vagina sehingga jika meletakkan jari terlalu jauh selaput daranya akan pecah.
• Ketika melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya, selaput daranya akan pecah.
• Ketika melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya, selaput daranya berdarah.
• Setelah pertama kali melakukan hubungan intim selaput daranya menghilang.
• Jika memasukkan sesuatu ke dalam vagina itu akan merusak selaput dara.
• Jika selaput dara pecah dengan memasukkan sesuatu maka tidak lagi perawan.
• Jika selaput dara tidak pecah maka tidak bisa hamil.
• Dengan mengendarai kuda atau sepeda dapat merusak selaput dara.
• Perdarahan dari hubungan intim yang pertama kalinya membuktikan seorang perawan atau tidak dari berdarah saat berhubungan seksual untuk yang pertama kalinya.

Mendiagnosis Selaput Dara Robek Pada Wanita

Tidak perlu melakukan pap smear hingga 3 tahun setelah aktif secara seksual atau saat berusia 21 tahun, dokter menyarankan pap smear sebelum kontrol kelahiran jika sudah aktif secara seksual. Dokter akan merekomendasikan pemeriksaan dengan spekulum kecil, maka selaput darah tidak akan robek, ini dilakukan untuk mengurangi kecemasan dan ketidaknyamanan.

Pengobatan Untuk Selaput Dara Robek Yang Umum


Selaput dara robek karena jari apakah berbahaya? Jika perdarahan berwarna merah gelap dan bukan merah cerah, kemungkinan darah ini berasal dari serviks (leher rahim). kondisi ini tidak normal dan harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Beberapa lama perdarahan berlangsung serta jumlahnya lumayan maka harus melakukan pengobatan dengan dokter.

Perdarahan tidak berlangsung lebih dari 1 hari atau 2 hari dari seiring waktu. Jika perdarahan berlebihan terjadi dan berkepanjangan serta disertai dengan rasa sakit yang parah, maka segera lakukan pengobatan dengan dokter kemungkinan adanya masalah internal lainnya. Sebagai salah satu solusi dari perdarahan selaput dara yang pecah, maka hindari semua aktifitas seksual dan penetrasi jenis apapun hingga perdarahannya berhenti.

Jika perdarahan telah terjadi dari selaput darah yang rusak dengan penetrasi jari, kemungkinan adanya robekan pada kulit di dalam vagina dari kuku. Dan itu dapat menyebabkan infeksi. Lakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia sesegera mungkin. Dengan menghubungi nomor kami di 081336361555 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Pasangan Memiliki Selaput Dara Yang Belum Robek


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.